Logo BeritaSatu

Medina Zein Akan Diadili atas Kasus Penipuan Senilai Rp 1,3 M

Kamis, 27 Oktober 2022 | 11:30 WIB
Oleh : Fredericus Hardiyanto / FFS

Surabaya, Beritasatu.com - Selebgram Medina Zein akan segera diadili atas kasus dugaan penipuan jual beli tas Hermes palsu senilai Rp 1,3 miliar. Hal ini seiring dengan langkah penyidik Satreskrim Polrestabes Surabaya yang telah merampungkan berkas perkaranya.

Penyidik pun menyerahkan tersangka selebgram Medina Zein dan barang bukti perkara ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjuk Perak Surabaya, Jawa Timur, Rabu (26/10/22).

Advertisement

Setibanya di Kejari Tanjung Perak Surabaya, Medina Zein yang mengenakan baju tahanan dan tangan diborgol dibawa ke ruang penyidikan. Usai diperiksa selama sekitar 2 jam, Medina Zein keluar dari ruang penyidikan menuju mobil untuk dibawa dan ditahan di Rumah Tahanan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, sebelum dibawa ke Jakarta.

Tersangka merupakan tahanan pinjaman dari Rumah Tahanan Pondok Bambu di Jakarta Timur karena masih proses penyelidikan oleh Polda Metro Jaya atas kasus yang lain.

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Tanjung Perak I Putu Arya Wibisana mengatakan Kejari Tanjung Perak menerima penyerahan tahap II Medina dan barang bukti perkara dugaan penipuan jual beli tas mewah merek Hermes yang diketahui palsu.

“Pada hari ini telah dilaksanakan penyerahan tahap II, tersangka dan barang bukti perkara atas nama Medina Susani alias Medina Zein binti Pujo Listianto dari penyidik Polrestabes Surabaya. Dapat kami sampaikan mengenai kasus posisinya, yaitu pada saat ini penyerahan tahap II perkara mengenai perlindungan konsumen atau penipuan,” ujarnya.

Perkara ini berawal dari laporan seorang pengusaha asal Surabaya bernama Uci Flowdea yang merasa tertipu atas tas merek Hermes yang dijual oleh tersangka Medina Zein senilai Rp 1,3 miliar. Namun, tas tersebut ternyata palsu.

“Tersangka Medina Susani atau Medina Zein binti Pujo Listianto sekitar bulan Juli, tepatnya pada tanggal 28 Juli 2021, menawarkan tas merek Hermes kepada korban yaitu Uci Flowdea di rumahnya yang beralamat di Graha Family Surabaya melalui aplikasi Whatsapp. Menawarkan sejumlah tas. Kemudian dari tawaran tersebut, saksi korban ini tertarik untuk membeli. Namun pada saat perjalanan waktu, saksi korban ini melakukan pengecekan terhadap tas Hermes tersebut dengan menghadirkan pihak dari Hermes internasional. Tas tersebut dinyatakan palsu atau merupakan produk palsu,” terangnya.

Usai menjalani pemeriksaan di ruang Pidana Umum Kejari Tanjung Perak, tersangka Medina Zein mengaku pasrah atas perkara hukum yang menjeratnya.

“Iya jalani aja bismillah. Biar cepat selesai saja semuanya,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya, tersangka Medina Zein dijerat dengan Pasal 62 ayat (1) juncto Pasal 9 ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen atau pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cuaca Jakarta Hari Ini, Hujan Diperkirakan Akan Guyur Sejumlah Wilayah

Cuaca Jakarta  pada siang hari, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan akan hujan dengan intensitas ringan.

NEWS | 2 Februari 2023

Kemenparekraf Dukung Upaya Kemenkes Percepat Vaksinasi Booster Kedua

Kemenparekraf menggandeng Kemenkes menggelar kegiatan Sentra Vaksinasi Booster Kedua di kantor Kemenparekraf, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, 1-3 Februari.

NEWS | 2 Februari 2023

Cari Dokumen Rahasia, FBI Geledah Rumah Pantai Milik Joe Biden

Departemen Kehakiman AS menugaskan FBI untuk menggeledah rumah kedua Presiden Joe Biden, sebuah rumah pantai di Rehoboth, Delaware.

NEWS | 2 Februari 2023

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023

PSI Minta Pertumbuhan Sektor Pariwisata Juga Dinikmati UMKM

PSI berharap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tumbuh signifikan selama 2022 turut dinikmati oleh UMKM. 

NEWS | 2 Februari 2023

Bermaksud Serang Sejumlah Sasaran di Singapura, Pelajar Pendukung ISIS Ditahan

Seorang pelajar berusia 18 tahun ditangkap berdasarkan Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri, setelah berencana menyerang sejumlah sasaran di Singapura.

NEWS | 2 Februari 2023

Kerajinan Bambu Jombang Tembus Pasar Tiongkok dan Belanda

Perajin bambu asal Desa Pucangrejo, Kabupaten Jombang, sukses mengolah bambu menjadi kerajinan tangan bernilai tinggi dan menembus pasar ekspor.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Top 5 News, Aksi Wowon Serial Killer Tipu TKW hinggaMahfud MD Yakin Hakim Kasus Ferdy Sambo Adil

Top 5 News, Aksi Wowon Serial Killer Tipu TKW hinggaMahfud MD Yakin Hakim Kasus Ferdy Sambo Adil

NEWS | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE