Logo BeritaSatu

Junta Myanmar Peringatkan ASEAN Soal Tekanan Rencana Perdamaian

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:24 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Yangon, Beritasatu.com - Junta Myanmar telah memperingatkan ASEAN, blok regional yang bekerja untuk meredakan krisis politiknya bahwa menetapkan kerangka waktu untuk rencana perdamaian dapat menyebabkan "implikasi negatif".

Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta pada Februari tahun lalu, dengan lebih dari 2.300 orang tewas dalam tindakan brutal militer terhadap perbedaan pendapat, menurut kelompok pemantau lokal.

Advertisement

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sejauh ini telah memimpin upaya yang sia-sia untuk menghentikan kebuntuan berdarah tersebut.

Para menteri luar negeri blok itu bertemu di Jakarta pada Kamis (27/10/2022) lalu untuk membahas krisis tersebut. Junta tidak diwakili setelah menolak undangan untuk mengirim tokoh non-politik .

Sebuah rencana perdamaian yang disepakati oleh Myanmar dan ASEAN tahun lalu, yang sebagian besar diabaikan oleh Myanmar, adalah sebuah "proses", kata kementerian luar negeri junta dalam sebuah pernyataan Kamis malam.

"Memasukkan tekanan tambahan dengan menetapkan jangka waktu akan menciptakan lebih banyak implikasi negatif daripada yang positif."

Junta Myanmar juga menuduh ASEAN melakukan "diskriminasi" karena tidak mengundang menteri luar negeri yang ditunjuk junta ke pertemuan di Jakarta.

ASEAN telah mengatakan "sangat prihatin" atas meningkatnya pelanggaran hak asasi manusia, termasuk eksekusi empat tahanan pada bulan Juli.

Pemimpin Junta Min Aung Hlaing belum diundang ke pertemuan puncak para pemimpin ASEAN bulan depan, untuk tahun kedua berturut-turut, dan diplomat top Myanmar Wunna Maung Lwin dikeluarkan dari pembicaraan tingkat menteri pada Februari dan Agustus.

Kebijakan ASEAN tentang "keterlibatan konstruktif tidak lagi di atas meja", sebuah surat kabar yang dikendalikan junta mengatakan awal bulan ini.

"ASEAN tampaknya bertindak sebagai anjing piaraan bagi AS."

Junta menyalahkan pejuang anti-kudeta atas kematian hampir 3.900 warga sipil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Gelar Bazar di Gedung DPR, PPP Akan Terus Perjuangkan UMKM

PPP menggelar bazar untuk ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. PPP akan memperjuangkan UMKM.

NEWS | 27 Januari 2023

9 Jenazah Korban Pembunuhan Berantai Wowon Cs Selesai Diautopsi

Sembilan jenazah korban pembunuhan berantai Wowon cs selesai diautopsi di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 Januari 2023

PUPR Sebut 22 Menara Hunian Pekerja di IKN Sudah Terbangun

Secara umum, sebanyak 22 tower atau menara Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah selesai terbangun.

NEWS | 27 Januari 2023

Nikita Mirzani Segera Temui Calon Mertua di London

Artis Nikita Mirzani akan segera terbang ke London, Inggris. Tujuan Nikita Mirzani ke London, adalah menemui calon mertuanya.

NEWS | 27 Januari 2023

Dinilai Jadi Pemicu, Putri Candrawathi Bisa Dijatuhi Hukuman Lebih Berat

Putri Candrawathi dinilai sebagai sosok pemicu dalam kasus pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J sehingga bisa dijatuhi hukuman lebih berat.

NEWS | 26 Januari 2023

Tanah Longsor Timpa Rumah Warga di Jepara Jawa Tengah

Hujan lebat dengan intensitas yang cukup tinggi sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan tanah longsor di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 

NEWS | 27 Januari 2023

Menangis, TKW Korban Penipuan Wowon Cs Cari 2 Sahabat

Hanna, seorang TKW (tenaga kerja wanita) mencari dua sahabatnya yang ditipu oleh tersangka kasus pembunuhan berantai Wowon cs.

NEWS | 26 Januari 2023

Plt Bupati Mimika Tersangka Korupsi Pengadaan Pesawat Rp 43 Miliar

Kejati Papua menetapkan Plt Bupati Mimika, Johannes Rettop sebagai tersangka dalam kasus pengadaan pesawat dan helikopter tahun anggaran 2015.

NEWS | 26 Januari 2023

Terjun ke Politik, Kaesang Pangarep Diajak Gabung PKB

Juru bicara muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ais Shafiyah menyambut baik langkah Kaesang Pangarep yang mengaku tertarik terjun ke dunia politik.

NEWS | 26 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cegah Radikalisme-Bullying di Sekolah, Ini Upaya Ganjar

Cegah Radikalisme-Bullying di Sekolah, Ini Upaya Ganjar

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE