Logo BeritaSatu

Lezatnya Bisnis Ikan Asin, Sehari Raup Cuan Rp 50 Juta

Minggu, 30 Oktober 2022 | 09:55 WIB
Oleh : Ibnu Malikh / FER

Pandeglang, Beritasatu.com - Suasana pantai di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten terlihat ramai di pagi hari. Puluhan warga sedang menunggu di tepi pantai untuk mendapatkan ikan hasil tangkapan nelayan.

Wilayah ini, dikenal sebagai pemasok terbesar ikan asin. Pasalnya, hasil tangkapan ikan teri cukup melimpah, dan bisa mencapai 8 ton hingga 10 ton.

Advertisement

Tidak mengherankan, banyak warga setempat yang memilih pekerjaan sebagai pengusaha sobong atau ikan teri asin. Produksi ikan asin yang mereka hasilkan, kerap dikirim ke luar wilayah Banten, seperti Jakarta dan Bogor.

Mayoritas pengusaha pengolahan ikan asin di Kecamatan Sumur masih menggunakan cara tradisional, yaitu menjemur ikan dengan memanfaatkan terik matahari.

Lili Maman, salah satu pengusaha ikan asin mengatakan, proses produksi ikan teri asin ini cukup panjang. Berawal dari penangkapan ikan oleh nelayan pada malam hari, yang selanjutnya direbus di perahu. Setelah pagi menjelang, ikan teri hasil tangkapan disortir kembali oleh pengusaha teri asin.

“Prosesnya panjang sekali, dari mulai penangkapan ikan kan malam, itu prosesnya direbus di perahu. Setelah itu, nanti pagi-pagi jam 7 atau jam 8 diantar ke tempat produksi untuk dijemur. Setelah dijemur 2 jam 3 jam, ikan teri menjadi kering. Setelahnya, ikan tersebut dipilah. Mana yang teri halus, teri medan, dan teri kasar," jelas Lili, Minggu (30/10/2022).

Lili mengakui, usaha yang telah digelutinya sejak 2016 menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Dalam sehari, Lili mengaku mampu meraup cuan atau keuntungan Rp 50 juta. Terlebih, saat ini harga ikan asin teri sekitar Rp 65.000 per kilogram. Sementara, jenis ikan asin teri tembang atau cekong seharga Rp 30.000 per kilogram.

"Nilai tersebut kalau dihitung rata-rata produksi 1 ton ikan asin. Kita rata-rata dengan harga sedang gitu ya. Nilai itu masih pendapatan kotor. Sementara, untuk produksi dalam sehari tergantung milik kita gitu, kadang 2 ton sampai 3 ton dalam sehari," imbuhnya.

Menurut Lili, kegiatan ekonomi yang dilakukan pengusaha pengolahan ikan di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, juga mampu memangkas angka pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebabnya, proses pembuatan ikan asin ini membutuhkan banyak tenaga kerja.

"Salah satu motivasi saya, karena ketika melihat data janda di wilayah ini banyak, kurang lebih ada 136 janda. Terutama tingkat ekonomi menengah bawah. Usaha pengolahan ikan mampu memberdayakan perempuan terutama janda-janda gitu," pungkas Lili.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Profil Sri Mulyani, Perempuan Penjaga Keuangan Negara

Inilah profil Sri Mulyani, perempuan tangguh yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju.

NEWS | 1 Februari 2023

Rangkaian Acara Puncak Peringatan 1 Abad NU Digelar 24 Jam Nonstop

Panitia Pelaksana Puncak Resepsi 1 Abad NU menyiapkan rangkaian acara Peringatan 1 Abad NU yang digelar 24 Jam nonstop.

NEWS | 1 Februari 2023

Kemenlu: Tidak Ada WNI Jadi Korban Bom di Masjid Pakistan

Ledakan di masjid, yang penuh dengan jemaah, itu terjadi di kawasan Police Lines dan menewaskan 100 orang, 97 di antaranya adalah polisi.

NEWS | 1 Februari 2023

Status Literasi Digital Masyarakat Indonesia Meningkat di Tahun 2022

Skor tersebut menunjukkan bahwa Literasi Digital masyarakat Indonesia berada pada kategori “sedang”.

NEWS | 1 Februari 2023

Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

Ditemani Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jokowi menjawab soal reshuffle sambil tertawa lebar.

NEWS | 1 Februari 2023

Cekcok dengan Istri, Seorang Ayah di Temanggung Tega Cabuli Anaknya

Polres Temanggung, Jawa Tengah mengamankan seorang ayah pelaku pencabulan. Korban adalah anak kandung pelaku dan masih di bawah umur.

NEWS | 1 Februari 2023

Sumbar Uji Coba Pembatasan BBM Subsidi dengan QR Code

Provinsi Sumatera Barat mulai menerapkan program pembelian BBM subsidi tepat untuk bahan bakar solar bersubsidi dan Pertalite. P

NEWS | 1 Februari 2023

Permukiman dan Pertanian di Embaloh Hulu Terendam Banjir Hingga 1,5 M

Permukiman penduduk dan lahan pertanian di beberapa bagian wilayah Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, terendam banjir.

NEWS | 1 Februari 2023

Indeks Persepsi Korupsi Menurun, KPK Sebut Butuh Terobosan

Indonesia memperoleh skor indeks persepsi korupsi (IPK) 34 per 100 untuk tahun 2022.

NEWS | 1 Februari 2023

7 TKW Jadi Target Pembunuhan Wowon Selanjutnya

Tersangka pembunuhan berantai atau serial killer Wowon Erawan alias Aki menargetkan 7 TKW sebagai korban berikutnya yang akan dibunuh.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

Jokowi Sindir Sekaligus Apresiasi Kinerja Bank Mandiri

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE