Logo BeritaSatu

Kemenparekraf Umumkan Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Senin, 31 Oktober 2022 | 12:22 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Kemenparekraf mengumumkan 50 desa wisata terbaik dalam puncak penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 pada Minggu (30/10/2022). Malam penghargaan yang dilangsungkan di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta tersebut sekaligus sebagai penutup rangkaian roadshow ke 50 lokasi desa wisata terbaik di seluruh pelosok nusantara selama lebih dari sepuluh bulan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memberikan penghargaan langsung kepada para pemenang. Pada puncak perhelatan ADWI tahun kedua ini, Kemenparekraf memberikan penghargaan kepada 50 desa wisata terbaik berdasar tiga klasifikasi, tujuh kategori penilaian, pemenang favorit, dan pencetus rekor dunia MURI.

Advertisement

”Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada 3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI 2022 dari 34 provinsi. Saya ingin memberikan apresiasi khusus kepada para pemerintah daerah, kepala daerah yang telah menggali potensi desa wisata ke depannya,” kata Sandiaga Uno.

Sandiaga menyampaikan bahwa ke depan, pihak akan meningkatkan fokus pengembangan promosi produk kreatif sesuai masukan Mendagri. Bahwa promosi bukan hanya sport, tourism, tetapi juga produk ekonomi kreatif untuk shopping. Ini yang ke depan akan ditingkatkan lagi.

"Saya mengapresiasi 50 desa wisata terbaik yang menjadi simbol Indonesia bangkit. Membuka suatu tabir baru dalam pengembangan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Yang inklusif memberikan peluang untuk terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja," ujar Mas Menteri, sapaan akrab Sandiaga.

Sandiaga juga menatap optimistis tahun depan, meskipun ada ancaman potensi resesi. Sandiaga melihat optimisme terpancar.

"Saya yakin dengan kekuatan desa wisata, kita akan mampu atasi, kita akan mampu beri solusi untuk kebangkitan ekonomi kita. Saya ucapkan selamat kepada 50 desa wisata, termasuk desa wisata terfavorit. Dan ini pecah rekor 140.000 likes untuk Desa Wisata Buluh Duri dari Serdang Bedagai atau Sergai, Sumatera Utara. ini luar biasa partisipasi. Kalau dilihat 140.000 ini lebih dari jumlah penduduknya," ungkap Sandiaga.

Menteri mengaku tidak menduga Desa Wisata Buluh Duri yang mengembangkan wisata alam rafting bisa menjuarai Desa Wisata Terfavorit. Untuk menjaga keberlanjutan desa wisata adalah melalui program pendampingan dari mitra-mitra strategis Kemenparekraf.

”Akan dilengkapi dengan pelatihan pendampingan yang berkelanjutan. Termasuk pemasaran, bukan hanya desa wisata, tapi produk-produk ekonomi kreatif. Dengan adanya beberapa industri pembiayaan, akan juga diberikan pembiayaan untuk modal kerja agar mereka usahanya berkembang. Karena begitu UMKM-nya berkembang, maka lapangan kerjanya tercipta, sehingga potensi resesi mungkin yang akan dirasakan global mulai 2023 awal, ini dapat diatasi dengan program desa wisata kita,” ujar Mas Menteri.

Untuk tahun depan, pihaknya akan menambah jumlah nominasi dari 50 menjadi 75 sebagai upaya mencapai target 244 desa wisata.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menteri LHK: Indonesia Komitmen Mitigasi Perubahan Iklim

Menteri LHK, Siti Nurbaya menegaskan, keseriusan pemerintah terkait penanganan isu perubahan iklim, dilakukan melalui inisiasi Indonesia Folu Net Sink 2030.

NEWS | 3 Februari 2023

Amphuri Minta Kenaikan Biaya Haji Sebanding dengan Layanan

Menurut Farid, Amphuri berharap pemerintah menetapkan biaya haji 2023 sebanding dengan layanan yang akan diterima calon jemaah haji.

NEWS | 3 Februari 2023

Polda Jatim Kerahkan 4.907 Personil Amankan Peringatan 1 Abad NU

Menurut rencana, jutaan massa NU dari berbagai daerah akan mulai berdatangan sehari sebelum kegiatan peringatan 1 abad NU.

NEWS | 3 Februari 2023

Ketua Matakin Ingatkan Pentingnya Edukasi untuk Pelihara Indonesia yang Toleran

Ketua Matakin Liem Liliany Lontoh mengingatkan pentingnya edukasi untuk memelihara Indonesia yang toleran.

NEWS | 3 Februari 2023

Ketua MUI Cholil Nafis Usul Ada Kawasan Halal di Jakarta

Ketua MUI bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis menyarankan adanya kawasan halal di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. 

NEWS | 3 Februari 2023

Polisi Norwegia Larang Pembakaran Al-Quran Saat Aksi Protes

Polisi Norwegia pada hari Kamis (2/2/2023) melarang rencana protes anti-Islam termasuk pembakaran Al-Qur'an pada minggu ini untuk alasan keamanan

NEWS | 3 Februari 2023

GKBRAy Paku Alam X Bangga Batik Buatannya Diterima Paus Fransiskus

GKBRAy Adipati Paku Alam X bangga dan terharu setelah mengetahui bahwa Paus Fransiskus sempat memakai batik tulis buatannya.

NEWS | 3 Februari 2023

Plt Ketum PPP Silaturahmi ke Ponpes Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh

Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono bersilaturahmi ke Ponpes atau Dayah Modern Tgk Chiek Oemar Diyan di Aceh, Kamis (2/2/2023).

NEWS | 2 Februari 2023

170 Mahasiswa dari 9 Perguruan Tinggi Raih Beasiswa Teladan

Sebanyak 170 mahasiswa dari sembilan perguruan tinggi meraih beasiswa Teladan 2023 dari Tanoto Foundation. 

NEWS | 3 Februari 2023

Pria Berseragam ASN Aniaya Tukang Martabak di Bandar Lampung

Seorang pria berseragam ASN menganiaya tukang martabak di Bandar Lampung. Pemukulan oleh ASN itu terjadi di Jalan Gajah Mada, Tanjung Karang Timur. 

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
ATF 2023 Dorong Kebangkitan Industri Pariwisata dan Ekraf

ATF 2023 Dorong Kebangkitan Industri Pariwisata dan Ekraf

EKONOMI | 34 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE