Logo BeritaSatu

Gelombang Infeksi Covid-19 Subvarian XBB Menurun di Singapura

Selasa, 1 November 2022 | 07:26 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Singapura, Beritasatu.com - Gelombang infeksi Covid-19 yang didorong oleh subvarian XBB telah turun di Singapura, kata Menteri Kesehatan Ong Ye Kung pada Senin (31/10/2022), dn menambahkan bahwa negara itu kemungkinan besar telah berhasil melewatinya.

Ong mencatat, bahwa Singapura berurusan dengan varian XBB tanpa langkah-langkah ketat dan persyaratan masker.

Advertisement

Dia menambahkan bahwa gugus tugas multi-kementerian siap untuk menerapkan kembali persyaratan masker dalam ruangan dan langkah-langkah yang berbeda dengan vaksinasi yang ditargetkan jika situasinya memburuk.

“Untungnya, jumlah infeksi memuncak dan kemudian menurun jauh lebih awal dari yang kami modelkan dan perkirakan, dan saya pikir kami dapat menghentikan rencana darurat ini, setidaknya untuk saat ini,” kata Ong.

Hingga Minggu siang, tercatat 3.240 kasus baru Covid-19. Rasio infeksi minggu-ke-minggu adalah 0,66, angka di bawah 1 menunjukkan bahwa jumlah kasus Covid-19 mingguan baru turun.

Namun Ong menekankan bahwa Singapura harus siap untuk mengembalikan beberapa langkah manajemen yang aman jika negara tersebut menghadapi gelombang infeksi yang didorong oleh varian Covid-19 lainnya.

Menteri Kesehatan juga mengatakan bahwa situasi Covid-19 di Singapura telah stabil, tetapi negara itu berada dalam fase baru pandemi dan memperingatkan agar tidak berpuas diri.

Dengan evolusi virus, sekarang ada beberapa sub-varian yang beredar di setiap masyarakat, kata Ong.

“Di Singapura, kami memiliki BA.1, BA.2, BA.4, BA.5, BA.2.175, BA.2.10, kami memiliki beberapa kasus BQ.1. Dan dalam situasi seperti itu, ketika begitu banyak subvarian yang beredar, selalu ada kemungkinan dua dari mereka bertemu, menikah, bergabung dan menjadi sesuatu yang baru, yang kami sebut subvarian rekombinan seperti XBB (varian)," tambahnya. .

Dia memperingatkan bahwa varian rekombinan baru selalu dapat mengambil karakteristik varian induk yang dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Kedua, ia menekankan bahwa kehidupan di Singapura telah kembali ke “normal pra-Covid” dan negara itu telah memantapkan kembali dirinya sebagai pusat internasional dan ekonomi terbuka.

Namun dia menambahkan, aspek ini akan membuat Singapura rentan terhadap varian Covid-19.

“Warga Singapura sudah mulai sering bepergian, dan kami menyelenggarakan banyak konferensi dan acara yang menciptakan peluang dan pekerjaan bagi orang-orang kami. Ini juga membuat kami rentan karena setiap kali ada subvarian baru (yang) sangat menular, kami bisa menjadi salah satu kota pertama di dunia yang mengalaminya,” kata Ong.

Dia menambahkan bahwa negara harus memiliki rencana darurat.

Salah satu tanggapan kuncinya adalah strategi vaksin Singapura. Baru-baru ini meluncurkan vaksin Covid-19 bivalen Moderna kepada mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Ong mencatat bahwa pada bulan lalu, dua dari 100 orang yang terinfeksi berusia 70 tahun ke atas dan tidak sepenuhnya divaksinasi meninggal atau dirawat di ICU.

Sekitar 53.000 orang telah menggunakan vaksin bivalen sejauh ini, katanya dalam sebuah pembaruan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rasmus Paludan Ancam Lakukan Pembakaran Al-Quran Setiap Jumat

Rasmus Paludan, seorang aktivis anti-Islam Swedia-Denmark telah mengeluarkan ancaman untuk terus melakukan pembakaran Al-Quran di setiap Jumat.

NEWS | 28 Januari 2023

Bengkel Gratis Laris Diserbu Para Korban Banjir di Pati

Bengkel gratis yang didirikan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Pati diserbu warga yang sepeda motornya rusak akibat bencana banjir.

NEWS | 28 Januari 2023

Rasmus Paludan Bakar Lagi 2 Al-Quran, Turki Panggil Dubes Denmark

Turki memanggil duta besar Denmark setelah seorang aktivis anti-Islam Rasmus Paludan membakar Al-Quran dua salinan yang merupakan kitab suci Umat Islam.

NEWS | 28 Januari 2023

BMKG: Ada Potensi Hujan Lebat di Jateng Selama 3 ke Depan

BMKG menyebutkan terdapat potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Jawa Tengah mulai Minggu (29/1/2023) hingga Selasa (30/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Tabrakan di Udara, 2 Jet Militer India Jatuh Saat Latihan

Dua jet militer India jatuh pada hari Sabtu (28/1/2023), menewaskan seorang pilot, dalam tabrakan di udara saat melakukan latihan di selatan ibu kota New Delhi.

NEWS | 28 Januari 2023

Mahasiswa UI Tewas Ditetapkan Tersangka, Pakar: Keliru!

Polisi dipandang telah keliru terkait mahasiswa UI Mohammad Hasya Athallah Saputra yang ditetapkan tersangka.

NEWS | 28 Januari 2023

Polda Jabar Berkukuh Mobil Audi Tabrak Mahasiswi Cianjur

Polda Jawa Barat berkukuh dengan memastikan bahwa penabrak mahasiswi Cianjur hingga tewas di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, merupakan mobil mewah Audi.

NEWS | 28 Januari 2023

Tekan Angka Kemiskinan, Jateng Galakkan Program Bapak Asuh

Pemprov Jawa Tengah menggalakkan program Bapak Asuh guna menekan angka kemiskinan di provinsi tersebut.

NEWS | 28 Januari 2023

Polisi Dalami Motif Perampokan Rumah Dinas Wali Kota Blitar

Polisi masih mendalami motif dan perencanaan perampokan rumah dinas wali kota Belitar yang sudah dilakukan oleh para tersangka.

NEWS | 28 Januari 2023

Pengamat Nilai Janggal, Kasus Mahasiswa UI Dianggap Cukup Alat Bukti

Pengamat kepolisian Bambang Rukminto menilai janggal penghentian kasus Mahasiswa UI Mohammad Hasya Athallah Saputera karena tidak cukup alat bukti.

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Usulan Biaya Haji Rp 69 Juta, Komnas: Ini Upaya Perlindungan

Usulan Biaya Haji Rp 69 Juta, Komnas: Ini Upaya Perlindungan

NEWS | 29 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE