Logo BeritaSatu

Gelombang Infeksi Covid-19 Subvarian XBB Menurun di Singapura

Selasa, 1 November 2022 | 07:26 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Singapura, Beritasatu.com - Gelombang infeksi Covid-19 yang didorong oleh subvarian XBB telah turun di Singapura, kata Menteri Kesehatan Ong Ye Kung pada Senin (31/10/2022), dn menambahkan bahwa negara itu kemungkinan besar telah berhasil melewatinya.

Ong mencatat, bahwa Singapura berurusan dengan varian XBB tanpa langkah-langkah ketat dan persyaratan masker.

Advertisement

Dia menambahkan bahwa gugus tugas multi-kementerian siap untuk menerapkan kembali persyaratan masker dalam ruangan dan langkah-langkah yang berbeda dengan vaksinasi yang ditargetkan jika situasinya memburuk.

“Untungnya, jumlah infeksi memuncak dan kemudian menurun jauh lebih awal dari yang kami modelkan dan perkirakan, dan saya pikir kami dapat menghentikan rencana darurat ini, setidaknya untuk saat ini,” kata Ong.

Hingga Minggu siang, tercatat 3.240 kasus baru Covid-19. Rasio infeksi minggu-ke-minggu adalah 0,66, angka di bawah 1 menunjukkan bahwa jumlah kasus Covid-19 mingguan baru turun.

Namun Ong menekankan bahwa Singapura harus siap untuk mengembalikan beberapa langkah manajemen yang aman jika negara tersebut menghadapi gelombang infeksi yang didorong oleh varian Covid-19 lainnya.

Menteri Kesehatan juga mengatakan bahwa situasi Covid-19 di Singapura telah stabil, tetapi negara itu berada dalam fase baru pandemi dan memperingatkan agar tidak berpuas diri.

Dengan evolusi virus, sekarang ada beberapa sub-varian yang beredar di setiap masyarakat, kata Ong.

“Di Singapura, kami memiliki BA.1, BA.2, BA.4, BA.5, BA.2.175, BA.2.10, kami memiliki beberapa kasus BQ.1. Dan dalam situasi seperti itu, ketika begitu banyak subvarian yang beredar, selalu ada kemungkinan dua dari mereka bertemu, menikah, bergabung dan menjadi sesuatu yang baru, yang kami sebut subvarian rekombinan seperti XBB (varian)," tambahnya. .

Dia memperingatkan bahwa varian rekombinan baru selalu dapat mengambil karakteristik varian induk yang dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Kedua, ia menekankan bahwa kehidupan di Singapura telah kembali ke “normal pra-Covid” dan negara itu telah memantapkan kembali dirinya sebagai pusat internasional dan ekonomi terbuka.

Namun dia menambahkan, aspek ini akan membuat Singapura rentan terhadap varian Covid-19.

“Warga Singapura sudah mulai sering bepergian, dan kami menyelenggarakan banyak konferensi dan acara yang menciptakan peluang dan pekerjaan bagi orang-orang kami. Ini juga membuat kami rentan karena setiap kali ada subvarian baru (yang) sangat menular, kami bisa menjadi salah satu kota pertama di dunia yang mengalaminya,” kata Ong.

Dia menambahkan bahwa negara harus memiliki rencana darurat.

Salah satu tanggapan kuncinya adalah strategi vaksin Singapura. Baru-baru ini meluncurkan vaksin Covid-19 bivalen Moderna kepada mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Ong mencatat bahwa pada bulan lalu, dua dari 100 orang yang terinfeksi berusia 70 tahun ke atas dan tidak sepenuhnya divaksinasi meninggal atau dirawat di ICU.

Sekitar 53.000 orang telah menggunakan vaksin bivalen sejauh ini, katanya dalam sebuah pembaruan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan Distribusi Pupuk Subsidi

Ketersediaan pupuk subsidi di Kabupaten Lumajang belakangan ini cukup terbatas, yang diduga akibat terjadinya penyelewengan distribusi.

NEWS | 4 Februari 2023

Konser 30 Tahun Dewa 19 di JIS, Polda Metro Jaya Terapkan Penjagaan Berlapis

Polda Metro Jaya menerapkan penjagaan berlapis dalam pengamanan konser 30 tahun Dewa 19 di JIS atau Jakarta International Stadium, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Gandeng Lembaga Gereja Atasi Stunting

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat menggandeng lembaga gereja dalam upaya pencegahan stunting di wilayah NTT.

NEWS | 4 Februari 2023

Dewan Pers Tak Masalah Pemilik Media Terjun ke Politik

Dewan Pers tidak masalah pemilik media massa terjun ke dunia politik karena hak tiap orang, termasuk pemilik media. 

NEWS | 4 Februari 2023

Kemenkominfo Soroti Nenek Mandi Lumpur Malah Diundang ke TV

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyoroti soal pembuat konten nenek mandi lumpur yang justru diundang TV.

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Polisi Peras Polisi, Polda Metro Sebut Bripka Madih 2 Kali Dilaporkan ke Propam

Polda Metro Jaya menyebut Bripka Madih yang mengaku diperas polisi terkait penyerobotan lahan sudah dua kali dilaporkan ke Propam atas dugaan KDRT. 

NEWS | 4 Februari 2023

Jokowi Bakal Kirim Jenderal Jadi Utusan Khusus ke Myanmar, Kemlu Enggan Beri Bocoran

Kementerian Luar Negeri RI menyebut pihaknya belum dapat memastikan nama jenderal tinggi yang akan diutus untuk berdialog dengan Junta Myanmar.

NEWS | 4 Februari 2023

Dikenal Sejak PD II, Ini Keuntungan Penggunaan Balon Mata-mata

Pejabat Amerika Serikat mengatakan pada Kamis (2/2/2023) bahwa balon mata-mata Tiongkok telah terbang di atas AS selama beberapa hari.

NEWS | 4 Februari 2023

Ayah Bejat Pelaku Pencabulan Anak Kandung Dibekuk Polisi

Sungguh keji dan biadab prilaku seorang ayah di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung ini, mengaku khilaf dan tidak kuat menahan hawa nafsu, Ia tega mencabuli putri kandungnya sendiri yang masih berusia 6 tahun.

NEWS | 4 Februari 2023

Orang Tak Dikenal Bakar Rumah, Mobil, dan Motor di Kendari

Satu unit rumah dan 2 kendaraan mobil serta motor diduga dibakar orang tak dikenal (OTK) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra)

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan Distribusi Pupuk Subsidi

Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan Distribusi Pupuk Subsidi

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE