Logo BeritaSatu

Menhan AS Yakin Ukraina Bakal Rebut Kembali Kherson dari Rusia

Jumat, 4 November 2022 | 10:45 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Washington, Beritasatu.com – Menhan AS Lloyd Austin meyakini, pasukan Ukraina dapat merebut kembali kota strategis Kherson di selatan dari pasukan Rusia. Menurutnya, ini akan menjadi kekalahan besar bagi Rusia dalam invasinya ke negara tetangganya tersebut.

Pernyataan Austin bertepatan dengan seorang pejabat Rusia di wilayah Kherson yang mengatakan bahwa Moskwa kemungkinan akan menarik pasukannya dari tepi barat Sungai Dnipro, menandakan kemunduran yang signifikan, jika dikonfirmasi.

Advertisement

Ukraina mengatakan, masih berperang di daerah itu dan waspada terhadap pasukan pendudukan Rusia yang memasang jebakan.

Lloyd Austin tidak menjawab pertanyaan tentang apakah pasukan Rusia bersiap untuk pergi. Namun, dalam komentarnya yang mungkin paling optimistis tentang serangan balik Ukraina, menyatakan keyakinannya pada kemampuan mereka untuk mengalahkan pasukan Rusia.

"Mengenai masalah apakah Ukraina dapat mengambil wilayah yang tersisa di sisi barat sungai Dnipro dan di Kherson, saya yakin mereka memiliki kemampuan untuk melakukan itu," kata Austin pada konferensi pers di Pentagon.

"Yang paling penting, Ukraina percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk melakukan itu. Kami telah melihat mereka terlibat dalam upaya yang sangat metodis namun efektif untuk merebut kembali wilayah kedaulatan mereka."

Ibu kota wilayah dan pelabuhan Sungai Kherson adalah satu-satunya kota besar yang direbut Rusia secara utuh sejak invasi dimulai pada 24 Februari.

Daerah yang ingin direbut kembali oleh Ukraina di tepi barat sungai juga mencakup satu sisi bendungan besar di seberang Dnipro yang mengontrol pasokan air untuk mengairi Krimea, semenanjung yang diduduki Rusia sejak 2014.

Rusia telah berjuang selama berbulan-bulan untuk mempertahankan kantong tanah yang dimilikinya di tepi barat di muara sungai Dnipro yang membelah Ukraina. Moskwa telah mengirim puluhan ribu tentara untuk memperkuat daerah itu, salah satu prioritas medan perang terbesarnya.

Ukraina telah menargetkan penyeberangan sungai utama selama berbulan-bulan, sehingga menyulitkan Rusia untuk memasok kekuatan besarnya di tepi barat. Pasukan Ukraina telah maju di sepanjang sungai sejak menerobos garis depan Rusia pada awal Oktober, meskipun kemajuan mereka melambat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lima Hari Hanyut, Bocah Perempuan di Malang Akhirnya Ditemukan

Warga Dusun Ngrancah di Malang, Jawa Timur digegerkan dengan penemuan sesosok jasad bocah perempuan dalam kondisi mengapung di aliran Sungai Brantas

NEWS | 30 Januari 2023

Unik, Pesta Ulang Tahun Anjing Digelar ala Kekaisaran Tiongkok

Di Kota Surabaya terdapat enam ekor anjing ras mini pom-pom yang merayakan ulang tahunnya secara besar-besaran layaknya manusia.

NEWS | 30 Januari 2023

Top 5 News: Jalan Ambles di Grobogan hingga Juventus Jelang Lawan Monza

Kabar tentang jalur Semarang-Grobogan yang ambles sepanjang 25 meter menjadi berita terpopuler atau top news Beritasatu.com, Minggu (29/1/2023).

NEWS | 30 Januari 2023

Menpan RB Klarifikasi Anggaran Kemiskinan Rp 500 Triliun Habis untuk Rapat

Menpan RB menegaskan dirinya tidak pernah menyebutkan anggaran pengetatan kemiskinan Rp 500 triliun tersedot untuk rapat dan studi banding kemiskinan.

NEWS | 30 Januari 2023

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor Digelar hingga 2 Februari 2023

Bazar Pesta Rakyat, salah satu kegiatan dari rangkaian acara Cap Go Meh (CGM)-Bogor Street Fest (BSF) 2023 digelar sejak 26 Januari hingga 2 Februari 2023.

NEWS | 30 Januari 2023

2 Pelajar di Sukabumi Jadi Korban Pembacokan

Dua pelajar di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi korban pembacokan di dua lokasi berbeda, yakni Kecamatan Cicurug dan Palabuhanratu.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Perayaan Imlek, Ini Kata DPP PITI

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PITI Denny Sanusi menyatakan, Imlek bukan suatu perayaan agama tertentu.

NEWS | 30 Januari 2023

Permabudhi: Imlek Momentum Perayaan Sukacita Kebangsaan

Ketua Umum Permabudhi Philip Kuntjoro Widjaja mengatakan, Tahun Baru Imlek merupakan momentum perayaan sukacita kebangsaan.

NEWS | 30 Januari 2023

Besok, PM Malaysia Anwar Ibrahim Gelar Kunjungan Resmi ke Singapura

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan menggelar kunjungan resmi ke Singapura pada Senin (30/1/2023) besok.

NEWS | 29 Januari 2023

Soal Isu Reshuffle Kabinet, PKB: Belum Pasti Terjadi

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebutkan bahwa reshuffle kabinet yang dikabarkan dilakukan pada Rabu Pon 1 Februari 2023, belum pasti terjadi.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Merdeka Battery Materials Ditargetkan IPO Kuartal I-2023

Merdeka Battery Materials Ditargetkan IPO Kuartal I-2023

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE