Logo BeritaSatu

Presiden Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada Lima Tokoh

Jumat, 4 November 2022 | 15:08 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada peringatan Hari Pahlawan 10 November akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh yang terlibat dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kelima tokoh itu adalah Dr dr HR Soeharto dari Jawa Tengah, KGPAA Paku Alam VIII (Daerah Istimewa Yogyakarta), dr Raden Rubini Natawisastra (Kalimantan Barat), H Salahuddin bin Talabuddin (Maluku Utara), dan KH Ahmad Sanusi dari Sukabumi, Jawa Barat.

Advertisement

"Hari ini, Bapak Presiden sesudah berdiskusi dengan kami, Dewan Gelar dan Tanda-Tanda Kehormatan, memutuskan tahun ini memberikan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh bangsa, yang telah ikut berjuang mendirikan negara Republik Indonesia melalui perjuangan kemerdekaan dan mengisinya dengan pembangunan sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat," kata Menko Polhukam Mahfud MD di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/11/2022).

Mahfud selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan mengatakan, pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh yang dipilih berdasarkan usulan masyarakat dan telah melalui sejumlah proses seleksi.

Disebutkan, gelar pahlawan nasional diberikan kepada almarhum Dr dr HR Soeharto dari Jawa Tengah yang telah berjuang bersama Presiden Soekarno memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan setelah kemerdekaan, almarhum Soeharto ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air.

"Ikut pembangunan department store syariah dan pembangunan Monumen Nasional serta Masjid Istiqlal dan pembangunan Rumah Sakit Jakarta serta salah seorang pendiri berdirinya IDI (Ikatan Dokter Indonesia)," kata Mahfud.

Kedua, pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum KGPAA Paku Alam VIII yang merupakan Raja Paku Alam dari tahun 1937-1989. Beberapa jasa yang telah diberikan almarhum KGPAA Paku Alam VIII antara lain bersama Sultan Hamengkubuwono IX dari Keraton Yogyakarta mengintegrasikan diri pada awal kemerdekaan Republik Indonesia sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi utuh hingga saat ini.

"Sehari sesudah kemerdekaan beliau menyatakan bergabung ke Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kemudian Yogyakarta menjadi ibu kota yang kedua dari Republik ketika terjadi agresi Belanda pada tahun 1946," jelas Mahfud.

Ketiga, gelar pahlawan nasional diberikan kepada almarhum dr. Raden Rubini Natawisastra, dari Kalimantan Barat. Menurut Mahfud, almarhum dr. Raden Rubini Natawisastra telah menjalankan misi kemanusiaan sebagai dokter keliling pada saat kemerdekaan. Bahkan, almarhum bersama istrinya dijatuhi hukuman mati oleh Jepang karena perjuangannya yang gigih untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Keempat, gelar pahlawan nasional diberikan kepada almarhum H. Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara. Selama 32 tahun, almarhum H. Salahuddin bin Talibuddin dinilai telah berjuang dan ikut membangun Indonesia berdasarkan Pancasila. "Beliau pernah dibuang ke Boven Digul tahun 1942 dan juga dibuang ke Sawahlunto tahun 1918-1923," ucap Mahfud.

Kelima, pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum KH Ahmad Sanusi dari Jawa Barat, yang dikenal sebagai salah satu anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Ia juga tokoh Islam yang memperjuangkan dasar negara yang menghasilkan kompromi lahirnya negara Pancasila.

"Dari semula ada sisi kanan ingin menjadikan negara Islam, sisi kiri menjadikan negara sekuler, kemudian diambil jalan tengah lahirlah ideologi Pancasila sesudah menyetujui pencoretan tujuh kata di Piagam Jakarta," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Mahfud mengimbau kepada daerah-daerah yang merupakan asal dari para tokoh penerima gelar pahlawan nasional untuk mempersiapkan diri hadir pada peringatan Hari Pahlawan 10 November, yang rencananya akan digelar pada Senin, 7 November 2022 mendatang di Istana Negara Jakarta.

"Kami sarankan kepada daerah-daerah tadi yang sudah mempunyai usul-usul dan disetujui oleh pemerintah supaya segera menyiapkan diri untuk hadir dan melakukan penyambutan-penyambutan, baik upacara adat, upacara daerah, atau apapun yang bisa dilakukan untuk menyongsong anugerah ini," kata Mahfud.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pedagang Dipalak Preman, Kapolsek Koto Tangah Mengamuk

Kapolsek Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat mengamuk sambil mencari pelaku pemalakan ratusan pedagang Pasar Pagi.

NEWS | 9 Februari 2023

Kuasa Hukum: Ibu Muda Tersangka Pencabulan Anak di Jambi Diperkosa

Kuasa hukum ibu muda yang menjadi tersangka pencabulan terhadap 17 anak-anak di  Jambi, menyebut klienya justru sebagai korban pemerkosaan.

NUSANTARA | 9 Februari 2023

Ini Syarat Masuk Akpol yang Wajib Dipenuhi Calon Taruna

Meskipun pendaftaran Akpol 2023 belum dibuka, namun secara umum ada beberapa syarat pendaftaran untuk masuk Akpol.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Jokowi Minta Pers Menjalankan Peran sebagai Rumah Penjernih Informasi

Presiden Joko Widodo meminta insan pers untuk terus menjalankan peran sebagai rumah penjernih informasi di tengah merebaknya media digital.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Keluarga Berharap Arif Rachman Dapat Kembali ke Polri

Kuasa hukum Marcella Santoso mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan terdakwa Arif Rachman Arifin dapat kembali berdinas di instansi Polri.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Jelang Vonis Arif Rachman, Kuasa Hukum: Kami Hanya Berharap kepada Tuhan

Sidang pembacaan vonis terdakwa kasus obstruction of justice, Arif Rachman Arifin digelar 23 Februari 2023. Pengacara hanya berharap kepada Tuhan.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Pilot Susi Air Masih Belum Ditemukan Sampai Saat ini

Hingga kini tim gabungan TNI-Polri masih terus melakukan pencarian terhadap pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

NUSANTARA | 9 Februari 2023

HPN 2023, Apa Itu Publisher Rights?

Publisher rights ialah regulasi yang menuntut tanggung jawab platform digital global, untuk memberikan nilai ekonomi atas konten berita yang diproduksi media.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut, Perusahaan Farmasi Diimbau Tarik Obat Secara Sukarela

Budi Gunadi Sadikin meminta  perusahaan farmasi menarik secara sukarela obat-obat sirop yang memiliki kandungan Etilen Glikol/Dietilen Glikol (EG/DEG).

NEWS | 9 Februari 2023

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Papua

Gempa bumi itu berpusat di 2,60 lintang selatan,140,66 bujur timur atau 1 km barat daya Jayapura, Provins Papua dengan kedalaman 10 km.

NUSANTARA | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rupiah Hari Ini 9 Februari 2022 Ditutup Melemah ke Rp 15.099

Rupiah Hari Ini 9 Februari 2022 Ditutup Melemah ke Rp 15.099

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE