Logo BeritaSatu

Luhut Prediksi Puncak Gelombang Covid-19 Omicron XBB pada Desember 2022

Jumat, 4 November 2022 | 17:15 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Pandjaitan mengatakan, gelombang Covid-19 Omicron XBB akan mencapai puncaknya pada Desember 2022 hingga Januari 2023 mendatang.

“Berdasarkan berbagai data yang telah kami amati dan berangkat dari trajectory kasus Covid-19 yang lalu, puncak gelombang berbagai varian baru ini diperkirakan akan terjadi pada satu hingga dua bulan ke depan,” kata Luhut melalui akun Instagram-nya @luhut.pandjaitan yang diunggah Jumat (4/11/2022).

Advertisement

Luhut secara khusus mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan seiring meningkatnya kasus Covid-19 seiring munculnya varian baru mutasi dari Omicron, seperti subvarian XBB yang kini telah memasuki Indonesia dan juga subvarian XBC. Pekan lalu, kasus positif Covid-19 di Jawa-Bali mencapai 5.000 kasus per hari.

“Nampaknya tidak ada kata lelah bagi kami untuk kembali duduk bersama, berdiskusi, dan menuntaskan kasus Covid-19 sampai level yang paling rendah. Ucapan tersebut tentunya bukanlah tanpa alasan mengingat adanya indikasi kenaikan kasus Covid-19 yang kembali meningkat hingga menyentuh angka 5.000 kasus dalam satu minggu terakhir,” kata Luhut.

Ia mengatakan, berkaca pada kasus dan pola Covid-19 di negara lain merupakan salah satu cara untuk memprediksi segala kemungkinan yang terjadi ke depan.

Pemerintah, lanjutnya, terus mengamati peningkatan kasus di beberapa negara yang juga menunjukkan peningkatan perawatan di rumah sakit dan tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan pertengahan tahun 2022.

“Namun, varian baru ini diprediksi akan tetap lebih rendah dibandingkan dengan awal tahun lalu yakni puncak varian Omicron,” kata dia.

Luhut mengungkapkan, khusus untuk wilayah Jawa-Bali peningkatan kasus konfirmasi harian terlihat di seluruh wilayah Jawa dan Bali. Selain itu, peningkatan angka kematian utamanya di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga naik cukup signifikan.

Dengan terjadinya peningkatan kasus yang menyentuh angka 5.000 kasus per hari, pemerintah menyiapkan berbagai langkah mitigasi untuk membendung terjadinya keparahan yang lebih dalam yang disebabkan oleh varian baru ini, diantaranya dengan meningkatkan kembali capaian vaksinasi booster dan terus mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, utamanya penggunaan masker di ruang-ruang tertutup.

“Hari ini saya juga menegaskan kembali bahwa Pemerintah akan terus menggunakan PPKM Level sebagai basis pengetatan kegiatan bagi masyarakat yang akan terus dilakukan evaluasinya. Diakhir, rasanya saya tidak akan pernah jenuh untuk mengingatkan seluruh masyarakat agar terus taat dan mematuhi protokol kesehatan demi mencegah hal buruk lainnya yang kelak terjadi,” kata Luhut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kitchen Lab Ekstasi di Johar Baru Pasarkan Produk di Jakarta dan Sekitarnya

Polri berhasil mengungkap kitchen lab ekstasi di permukiman padat penduduk Johar Baru, Jakarta Pusat.

NEWS | 7 Februari 2023

Menginjak 100 Tahun, NU Siap Menuju Kebangkitan Baru

Nahdlatul Ulama (NU) hari ini menggelar resepsi puncak hari lahir ke-100 tahun yang diselenggarakan di Sidoarjo, Jawa Timur.

NEWS | 7 Februari 2023

Kitchen Lab Ekstasi di Johar Baru Beli Bahan Baku secara Online

Bareskrim Polri membongkar adanya kitchen lab yang memproduksi butir ekstasi di Johar Baru. Kitchen lab ini diketahui membeli bahan baku secara online.

NEWS | 7 Februari 2023

Banser Bawa Lagu ‘We Will Rock You’, Jokowi: Sekarang Sudah Senang Queen

Presiden Jokowi kagum dengan penampilan drumband Banser yang membawakan lagu 'We Will Rock You' dari grup band Queen.

NEWS | 7 Februari 2023

1 Abad NU, Jokowi: Nahdliyin Layak Berkontribusi untuk Dunia

Jokowi mengatakan, sebagai organisasi Islam terbesar di dunia yang telah berumur 1 abad, NU (Nahdlatul Ulama) layak berkontribusi kepada dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Kapolda Benarkan Pesawat Susi Air Dibakar oleh KKB Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri membenarkan pesawat Susi Air dibakar Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

NEWS | 7 Februari 2023

Operasi Keselamatan Jaya 2023, Polda Metro Kerahkan 2.939 Personel

Polda Metro Jaya mengerahkan 2.939 personel dalam Operasi Keselamatan Jaya 2023 pada 7-20 Februari 2023.

NEWS | 7 Februari 2023

Kasus Lukas Enembe, KPK Benarkan Geledah Kantor Dinas PU Papua

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar penggeledahan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua hari ini, Selasa (7/2/2023) terkait Lukas Enembe

NEWS | 7 Februari 2023

Naik Signifikan, 2.559 Industri Tertarik Kolaborasi dengan SMK

Minat industri berkolaborasi dengan SMK melalui program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan (SMK PK SPD) Tahun 2023 meningkat 

NEWS | 7 Februari 2023

Bripka Madih Minta Maaf ke Penyidik Polda Metro Jaya

Bripka Madih yang mengaku diperas oknum penyidik minta maaf. Permintaan maaf disampaikan langsung ke penyidik berinisial TG.

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE