Logo BeritaSatu

Luhut Prediksi Puncak Gelombang Covid-19 Omicron XBB pada Desember 2022

Jumat, 4 November 2022 | 17:15 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Pandjaitan mengatakan, gelombang Covid-19 Omicron XBB akan mencapai puncaknya pada Desember 2022 hingga Januari 2023 mendatang.

“Berdasarkan berbagai data yang telah kami amati dan berangkat dari trajectory kasus Covid-19 yang lalu, puncak gelombang berbagai varian baru ini diperkirakan akan terjadi pada satu hingga dua bulan ke depan,” kata Luhut melalui akun Instagram-nya @luhut.pandjaitan yang diunggah Jumat (4/11/2022).

Advertisement

Luhut secara khusus mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan seiring meningkatnya kasus Covid-19 seiring munculnya varian baru mutasi dari Omicron, seperti subvarian XBB yang kini telah memasuki Indonesia dan juga subvarian XBC. Pekan lalu, kasus positif Covid-19 di Jawa-Bali mencapai 5.000 kasus per hari.

“Nampaknya tidak ada kata lelah bagi kami untuk kembali duduk bersama, berdiskusi, dan menuntaskan kasus Covid-19 sampai level yang paling rendah. Ucapan tersebut tentunya bukanlah tanpa alasan mengingat adanya indikasi kenaikan kasus Covid-19 yang kembali meningkat hingga menyentuh angka 5.000 kasus dalam satu minggu terakhir,” kata Luhut.

Ia mengatakan, berkaca pada kasus dan pola Covid-19 di negara lain merupakan salah satu cara untuk memprediksi segala kemungkinan yang terjadi ke depan.

Pemerintah, lanjutnya, terus mengamati peningkatan kasus di beberapa negara yang juga menunjukkan peningkatan perawatan di rumah sakit dan tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan pertengahan tahun 2022.

“Namun, varian baru ini diprediksi akan tetap lebih rendah dibandingkan dengan awal tahun lalu yakni puncak varian Omicron,” kata dia.

Luhut mengungkapkan, khusus untuk wilayah Jawa-Bali peningkatan kasus konfirmasi harian terlihat di seluruh wilayah Jawa dan Bali. Selain itu, peningkatan angka kematian utamanya di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga naik cukup signifikan.

Dengan terjadinya peningkatan kasus yang menyentuh angka 5.000 kasus per hari, pemerintah menyiapkan berbagai langkah mitigasi untuk membendung terjadinya keparahan yang lebih dalam yang disebabkan oleh varian baru ini, diantaranya dengan meningkatkan kembali capaian vaksinasi booster dan terus mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, utamanya penggunaan masker di ruang-ruang tertutup.

“Hari ini saya juga menegaskan kembali bahwa Pemerintah akan terus menggunakan PPKM Level sebagai basis pengetatan kegiatan bagi masyarakat yang akan terus dilakukan evaluasinya. Diakhir, rasanya saya tidak akan pernah jenuh untuk mengingatkan seluruh masyarakat agar terus taat dan mematuhi protokol kesehatan demi mencegah hal buruk lainnya yang kelak terjadi,” kata Luhut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Ibu Muda Lecehkan Belasan Anak hingga Kasus Polisi Peras Polisi

Kasus ibu muda yang melakukan pelecehan kepada belasan anak di Jambi dan juga kasus Bripka Madih, anggota Provost Polsek Jatinegara mendapat banyak perhatian.

NEWS | 6 Februari 2023

BMKG Prakirakan Jakarta Senin Siang Cerah Berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu cerah berawan pada Senin (6/2/2023) siang.

NEWS | 6 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas DPRD Jambi Mengaku Panik Dikejar Warga

SA, pelajar yang memakai kendaraan dinas ibunya yang merupakan Kasubag Aset dan Rumah Tangga DPRD Provinsi Jambi mengaku panik dikejar oleh warga.

NEWS | 6 Februari 2023

Ternak Kelinci Tawarkan Potensi Cuan Puluhan Juta Rupiah

Ternak kelinci menjadi usaha sampingan yang menguntungkan bagi Sudaryanto, warga desa Kolam Kanan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

NEWS | 6 Februari 2023

Sandiaga Optimistis Target Transaksi Travex 2023 Tercapai

Sandiaga mengatakan, antusiasme seller dan buyer cukup tinggi, mengingat produk pariwisata dan ekonomi kreatif terbaik hadir dalam pameran Travex 2023.

NEWS | 6 Februari 2023

TSI Perkenalkan Solo Safari di ASEAN Tourism Forum 2023

Taman Safari Indonesia (TSI) turut memperkenalkan proyek terbarunya, Solo Safari di perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, Jogja Expo Center, Yogyakarta.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Wowon, Polisi Cari Bukti ke Mesir

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya berencana mencari bukti baru kasus pembunuhan berantai oleh Wowon dan kawan-kawan ke Mesir.

NEWS | 5 Februari 2023

Taruna Merah Putih Gelar Cap Go Meh untuk Rekatkan Persatuan

Taruna Merah Putih Provinsi DKI Jakarta menggelar Festival Cap Go Meh Nusantara untuk rekatkan persatuan.

NEWS | 6 Februari 2023

Ribuan Pengunjung Padati Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023

Sedikitnya 50.000 warga masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia datang untuk menyaksikan Bogor Street Festival (BSF) Cap Go Meh 2023, Minggu (5/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

1 Abad NU, PKB Bertekad Tingkatkan Kesejahteraan Nahdliyin

DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar acara tasyakuran 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) pada hari ini, Minggu (5/2/2023) malam.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

NEWS | 29 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE