Logo BeritaSatu

Tiongkok Kembangkan Senjata Nuklir Lebih Cepat dari AS

Sabtu, 5 November 2022 | 13:09 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Washington, Beritasatu.com - Komandan Komando Strategis AS, yang mengawasi program senjata nuklir negara itu dalam sebuah acara tertutup menyatakan, Tiongkok telah mengembangkan senjata nuklir jauh lebih cepat daripada AS dan menyebut masalah itu sebagai "masalah jangka pendek,".

Diketahui, pejabat Pentagon telah membunyikan tanda peringatan tentang penumpukan militer Tiongkok dan pengembangan senjata nuklir selama bertahun-tahun, namun komentar Charles Richard melukiskan situasi lebih mengkhawatirkan daripada yang telah dinyatakan pejabat lain secara terbuka.

Advertisement

“Saat saya menilai tingkat pencegahan kami terhadap Tiongkok, kapal perlahan-lahan tenggelam,” kata Laksamana Charles Richard. “Ini tenggelam perlahan, tetapi tenggelam, karena pada dasarnya mereka menempatkan kemampuan di lapangan lebih cepat daripada kita.”

Richard menyebut pengembangan program senjata nuklir Tiongkok sebagai “masalah jangka pendek.”

“Ketika kurva itu terus berjalan, tidak masalah seberapa bagus (rencana operasi) kami atau seberapa baik komandan kami, atau seberapa bagus pasukan kami. Kami tidak akan memiliki cukup dari mereka. Dan itu adalah masalah jangka pendek.”

Richard membuat komentar di Simposium Tahunan Liga Kapal Selam Angkatan Laut pada hari Rabu. Acara itu tertutup untuk umum, tetapi komentar Richard diterbitkan dalam artikel berita Departemen Pertahanan hari Jumat.

Pemerintahan Joe Biden secara konsisten menyebut Tiongkok sebagai pesaing global utama AS dan memperingatkan tentang pengembangan program senjata nuklir dan militer negara itu dalam serangkaian dokumen kebijakan yang menjelaskan strategi pertahanan dan militer AS yang dirilis pada akhir Oktober.

Tiongkok adalah "tantangan" AS karena merupakan "satu-satunya pesaing dengan niat dan kemampuan yang semakin meningkat untuk secara sistematis menantang Amerika Serikat di seluruh bidang, secara militer, ekonomi, teknologi, diplomatik," kata seorang pejabat senior pertahanan tentang strategi tersebut. .

Tiongkok "kemungkinan bermaksud untuk memiliki setidaknya 1.000 hulu ledak yang dapat dikirim pada akhir dekade ini," kata Nuclear Posture Review, salah satu dokumen kebijakan, tentang program senjata nuklir Tiongkok.

Richard memperingatkan pengembangan nuklir Tiongkok pada tahun 2021, menyebut program mereka sebagai "penerobosan strategis."

“Kami menyaksikan terobosan strategis oleh Tiongkok. Pertumbuhan eksplosif dan modernisasi kekuatan nuklir dan konvensionalnya hanya bisa menjadi apa yang saya gambarkan sebagai menakjubkan, dan, sejujurnya, kata menakjubkan itu mungkin tidak cukup, ”kata Richard pada tahun 2021.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mantan Winger Chelsea Christian Atsu Dilaporkan Terperangkap di Reruntuhan Gempa Turki

Christian Atsu, mantan pemain sayap Chelsea dan Newcastle yang kini berusia 31 tahun, menjadi salah satu korban yang terperangkap di reruntuhan gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

Besok, Kemenag Gelar Ujian Nasional bagi 6.727 Santri

Kemenag akan menggelar Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional atau yang disebut dengan Imtihan Wathani bagi santri, Rabu (7/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Gunting Jari Bayi 7 Bulan, Perawat di Palembang Jadi Tersangka

Polrestabes Palembang menetapkan perawat RS Muhammadiyah sebagai tersangka. Perawat itu gunting jari bayi berusia 7 bulan hingga putus. 

NEWS | 6 Februari 2023

Taruna Poltekpel Surabaya Tewas Dianiaya Senior

Muhammad Rio Ferdinan Anwar (19), seorang taruna Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Surabaya tewas diduga dianiaya oleh sejumlah seniornya. 

NEWS | 6 Februari 2023

Mitos Jus Jambu Bisa Sembuhkan DBD, Ini Pendapat Ahli

Mengonsumsi jus jambu, sari kurma dan air daun pepaya ternyata bukan upaya untuk menyembuhkan demam berdarah.

NEWS | 7 Februari 2023

Salju, Cuaca Buruk Hambat Upaya Penyelamatan Korban Gempa Turki

Kondisi salju, hujan, dan beku menghambat operasi pencarian dan penyelamatan korban tewas akibat gempa Turki yang diperkirakan mencapai 1.800 orang.

NEWS | 6 Februari 2023

Waspada, Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter di Sejumlah Perairan!

BMKG menyampaikan bahwa gelombang tinggi hingga 6 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan Indonesia pada 7-8 Februari 2023.

NEWS | 7 Februari 2023

Prabowo Tegaskan Pujian kepada Jokowi Bukan untuk Menjilat

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan pujiannya kepada Presiden Jokowi bukan untuk menjilat. 

NEWS | 6 Februari 2023

Update: Jumlah Korban Gempa Turki Melebihi 1.800 Orang

Lebih dari 1.800 orang telah tewas dan ribuan lainnya terluka setelah gempa dengan magnitudo 7,8 melanda kawasan Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) pagi.

NEWS | 6 Februari 2023

Tanggapi Pernyataan Erick Thohir, KPK Cek Dana Pensiun BUMN

KPK segera melakukan pengecekan terkait pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir yang menyebut 65 persen dana pensiun BUMN terindikasi bermasalah.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mantan Winger Chelsea Christian Atsu Dilaporkan Terperangkap di Reruntuhan Gempa Turki

Mantan Winger Chelsea Christian Atsu Dilaporkan Terperangkap di Reruntuhan Gempa Turki

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE