Logo BeritaSatu

Puluhan Hektare Perkebunan Tebu di Lampung Terbakar

Sabtu, 5 November 2022 | 19:47 WIB
Oleh : Roy Triono / CAH

Tulang Bawang, Beritasatu.com - Puluhan hektare lahan perkebunan tebu milik PT Sweet Indolampung (PT SIL) yang berada di Kecamatan Gedung Meneng, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung terbakar, Sabtu petang (5/11/2022), sekitar pukul 17.00 WIB.

Luasnya lahan perkebunan tebu yang terbakar dan kondisi angin yang kencang membuat api dengan cepat membesar dan meluas.

Advertisement

Satu unit pemadam kebakaran (Damkar) milik PT SIL yang dikerahkan ke lokasi kebakaran tidak mampir memadamkan api yang dengan cepat membakar puluhan hektare perkebunan tebu

Ada tiga titik api dan sulitnya akses jalan menuju titik api menyebabkan petugas Damkar PT SIL mengalami kesulitan untuk memadamkan api. Api baru dapat dipadamkan dua jam kemudian setelah karyawan dan petugas Damkar PT SIL berjibaku memadamkan api.

Petugas Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Tulang Bawang yang menerima laporan titik dari satelit 8 BMKG Lampung langsung bergerak ke lokasi terbakarnya puluhan hektar lahan perkebunan tebu.

Di lokasi kebakaran, petugas Sat Reskrim langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (Olah Tkp).

Polisi juga meminta keterangan sejumlah saksi untuk kepentingan terkait penyebab kebakaran. Yudi (43) karyawan PT SIL menjelaskan, ada titik api yang membakar lahan tebu. Untuk jumlah luasnya yang terbakar belum diketahui baru akan dilakukan pengecekan berapa petak lahan tebu yang terbakar.

"Ada tiga titik api, belum tahu berapa luas lahan yang terbakar karena baru akan dicek. Belum tahu sengaja dibakar atau tidak karena saya sampai di lokasi," kata Yudi di lokasi terbakarnya lahan tebu.

Menurut Yudi, untuk sistem panen tebu memang ada yang sistem tebang hijau dan ada juga yang dibakar karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk ditebang.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tulang Bawang AKP Wido Dwi Arifia Zaen mengatakan, pihaknya melakukan penyelidikan dan olah TKP setelah mendapatkan informasi adanya titik hotspot api dari Setelit 8 milik BMKG Lampung.

"Masih dalam penyelidikan, kami telah memeriksa sejumlah saksi dan sedang mengumpulkan barang bukti," ungkap AKP Wido Dwi Arifia Zaen usai olah Tkp di lokasi kejadian.

Menurutnya untuk mengetahui penyebab pasti terbakarnya puluhan hektar lahan perkebunan tebu tersebut pihaknya akan mengirim sample tebu yang terbakar untuk dilakukan uji laboratorium forensik di Polda Lampung.

"Kamu akan kirim sample tebu yang terbakar ke laboratorium forensik Polda Lampung untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran lahan tebu," ujar AKP Wido Dwi Arifia Zaen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polemik Biaya Haji, Menteri Agama Penuhi Undangan KPK

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mendatangi Gedung Merah Putih KPK untuk membicakan biaya haji 2023 yang menjadi polemik di masyarakat. 

NEWS | 27 Januari 2023

Kasus Brigadir J, Irfan Widyanto Dituntut 1 Tahun Penjara

Jaksa menuntut Irfan Widyanto dihukum 1 tahun penjara atas perkara obstruction of justice tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Ini Tuntutan 6 Terdakwa Kasus Perintangan Penyidikan Tewasnya Brigadir J

Enam terdakwa kasus perintangan penyidikan tewasnya Brigadir J telah menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

NEWS | 27 Januari 2023

Bawa 3,9 Kg Kokain ke Bali, Gadis Asal Brasil Terancam Hukuman Mati

Seorang gadis asal Brasil Manuela Victoria De Araujo Farias (19) terancam hukuman mati setelah membawa 3,9 kilogram kokain ke Bali.

NEWS | 27 Januari 2023

Sudah Sebulan Desa Mintobasuki Pati Masih Terendam Banjir

Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah selama sebulan terakhir masih terendam banjir.

NEWS | 27 Januari 2023

Buah Manggis dan Rambutan Lombok Tembus Pasar Uni Emirat Arab

Buah manggis dan buah rambutan Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil menembus pasar Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

NEWS | 27 Januari 2023

Mahasiswi Cianjur Tewas Ditabrak, BEM FH Unsur Tuntut Polisi Tangkap Pelaku

BEM FH Unsur menuntut polisi menangkap pelaku tabrak lari yang menewaskan mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraeni. 

NEWS | 27 Januari 2023

BMKG: El Nino Bakal Terjadi di Indonesia, Ini Dampaknya

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa Indonesia berpeluang 50% mengalami El Nino pada periode bulan Juni-Agustus 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

BMKG Prediksi Musim Kemarau Tahun Ini Lebih Kering

BMKG memprediksi musim kemarau di tahun 2023 akan lebih kering jika dibandingkan dengan periode tiga tahun terakhir, yakni 2020-2022.

NEWS | 27 Januari 2023

Mantan Wali Kota Blitar Ikut Rancang Perampokan Rumah Dinas Saat di Penjara

Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar diduga merancang perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso saat di dalam penjara bersama lima tersangka lainnya.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Maju Jadi Caketum PSSI, Erick Thohir Ingin Jadikan Sepak Bola Sarana Persatuan

Maju Jadi Caketum PSSI, Erick Thohir Ingin Jadikan Sepak Bola Sarana Persatuan

BOLA | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE