Logo BeritaSatu

Stok Vaksin Covid-19 Kembali Tersedia, Akankah Ada Booster Kedua?

Senin, 7 November 2022 | 15:27 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan stok vaksin Covid-19 mulai kembali tersedia di berbagai rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan lain.

Sebelumnya, Plt Direktur Pengelolaan Imunisasi Ditjen P2P Kemenkes, Prima Yosephine, menyatakan, pemerintah sudah mengirimkan 5 juta vaksin Pfizer hibah dari Covax ke 25 provinsi di Indonesia.

Advertisement

"Saat ini kami informasikan bahwa vaksin Covid-19 kita sudah tersedia kembali. Kami punya stok yang cukup di pusat juga, di samping yang sudah ada di daerah," kata Prima dalam konferensi pers "Pemerataan Vaksinasi Kunci Menuju Endemi" secara virtual pada Senin, (7/11/2022).

dr Prima mengungkapkan vaksin yang tersedia di fasilitas layanan kesehatan saat ini bukan terbatas pada vaksin booster, melainkan vaksin dosis primer.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat segera datang ke pusat vaksinasi terdekat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, saat subvarian baru Omicron terus bermutasi.

"Untuk yang mau yang melengkapi vaksin dosis kedua, ataupun booster, ada. Jadi silakan datang ke tempat-tempat pelayanan vaksinasi terdekat, semua bisa dan sudah tersedia," jelas dr Prima.

Saat ini, lanjut dia, sebanyak 2,5 juta dari total 5 juta vaksin booster yang tersedia sudah disalurkan ke kabupaten/kota. Sedangkan 2,5 juta sisanya menjadi buffer stok pusat.

Pihaknya pun tengah mempercepat penggunaan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri, seperti Indovac dan Inavac. Adapun keduanya sudah mendapat izin edar atau izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kita sendiri sudah bisa produksi vaksin Covid-19, sudah ada vaksin Covid-19 produksi dalam negeri. Nah, ini bisa dimaksimalkan untuk vaksinasi Covid-19 baik primer maupun booster. Saat ini masih proses, bulan depan atau akhir bulan ini (mulai disuntikkan)," jelas Prima.

Sebelumnya, stok vaksin Covid-19 sempat kosong beberapa waktu lalu, ketika subvarian Omicron terus bermutasi. Terbaru, kasus subvarian Omicron XBB sudah terdeteksi di Indonesia yang sebelumnya menyebar di Singapura.

Terkait dengan vaksin booster kedua untuk masyarakat umum, dr Prima juga menjelaskan, tidak tertutup kemungkinan pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat atau booster kedua pada masyarakat non-nakes. Pasalnya, pemberian vaksin untuk masyarakat Indonesia senantiasa mengikuti kondisi epidemiologis.

"Tentu kemungkinan, bisa-bisa saja ada vaksinasi Covid-19 booster kedua. Kami dari pemerintah seperti yang sudah dituangkan dalam pedomannya, keputusan menterinya, bahwa perubahan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 memang sangat dinamis," urai dia.

"Kita menyesuaikan dengan situasi, keadaan epidemiologinya, dan nanti harus ada kajian dari komite ahli imunisasi yang menjadi dasar. Sampai saat ini kebijakan kita, kita baru memberikan booster kedua itu kepada sumber daya manusia kesehatan kita. Jadi, orang-orang yang terlibat dalam penanganan langsung dan pelayanan Covid-19," pungkas dr Prima.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Reshuffle, Pramono Anung Tahu Tetapi Enggan Bocorkan

Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Jakarta, Senin (30/1/2023), mengaku telah mengetahui soal isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo.

NEWS | 30 Januari 2023

Kasus Perampokan Rumah Dinas, Eks Walkot Blitar Ajukan Praperadilan

Samanhudi Anwar mengajukan praperadllan terkait penetapan dirinya sebagai tersangka dugaan kasus perampokan rumah Santoso oleh Polda Jawa Timur.

NEWS | 30 Januari 2023

Perppu Ciptaker Solusi Agar Tidak Terjadi Penyalahgunaan Kekuasaan

Perppu Ciptaker dinilai merupakan solusi lain UU Ciptaker yang dinyatakan Mahkamah Konstitusi tahun 2020 inkonstitusional bersyarat.

NEWS | 31 Januari 2023

Istilah ART Diminta Tak Lagi Digunakan, Pekerja Rumah Tangga Lebih Tepat

Dibanding ART, istilah pekerja rumah tangga (PRT) dipandang lebih tepat, sehingga PRT juga bisa mendapatkan hak-hak normatif seperti pekerja lainnya.

NEWS | 31 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA Dituntut 1 Tahun Penjara

Setu Bin Kasbari, tukang becak yang membobol rekening BCA milik Muin Zachry dituntut 1 tahun penjara oleh JPU di PN Surabaya.

NEWS | 30 Januari 2023

Jaksa: Situasi yang Dihadapi Bharada E Timbulkan Dilema Yuridis

Jaksa Sugeng Hariadi mengatakan, situasi yang dihadapi terdakwa Bharada E dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J, menimbulkan dilema yuridis.

NEWS | 30 Januari 2023

Waduh, 4.093 Hektare Sawah di Pidie Terendam Banjir

Lahan sawah seluas 4.093,15 hektare di Kabupaten Pidie, Aceh terendam banjir sehingga para petani mengalami gagal tanam.

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Tangkap Pelaku Kekerasan Seksual terhadap Mantan Kekasih di Kalideres

Polisi berhasil menangkap seorang pria yang melakukan kekerasan seksual terhadap mantan kekasihnya di Kalideres, Jakarta Barat.

NEWS | 30 Januari 2023

Upaya Penculikan Bocah SD di Pati Berhasil Digagalkan

Upaya dugaan penculikan bocah SD di Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah berhasil digagalkan.

NEWS | 30 Januari 2023

PDIP Tegaskan Tidak Mendikte Presiden Jokowi Soal Reshuffle Kabinet

Said Abdullah menegaskan PDIP tidak mendikte Presiden Jokowi dalam rencana reshuffle kabinet yang kabarnya dilakukan pada Rabu pon, 1 Februari 2023. 

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Barbie Kumalasari Dukung Penyelenggaraan Siaran Digital

Barbie Kumalasari Dukung Penyelenggaraan Siaran Digital

LIFESTYLE | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE