Logo BeritaSatu

Luhut: BMKG Harus Berikan Informasi yang Cepat, Tepat, dan Mudah Dipahami

Senin, 7 November 2022 | 16:35 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marves) Luhut Pandjaitan meminta pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) harus memberikan informasi yang cepat, tepat, akurat, dan mudah dipahami.

Hal itu ditegaskan saat memberikan kata sambutan saat acara BMKG merilis pembaruan terkait aplikasi Info BMKG pada Senin (7/11/2022). Pembaruan aplikasi Info BMKG bertujuan untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan kegiatan KTT G-20 di Bali.

Advertisement

"BMKG melakukan lompatan teknologi dengan merilis pembaruan aplikasi Info BMKG. Aplikasi di-launching pada hari ini. Capaian ini merupakan cerminan karya anak bangsa dan insan BMKG dalam usaha menyediakan sistem informasi dan peringatan dini bagi masyarakat," kata Luhut secara virtual.

Menurutnya, peran yang diemban BMKG menjadi penunjang krusial untuk kegiatan maupun perencanaan sektor-sektor yang berpotensi oleh perubahan iklim dan bencana. Layanan yang prima mutlak harus disediakan oleh BMKG.

Lebih lanjut, selain memperbaharui aplikasi infoBMKG, BMKG juga memasang alat pemantau cuaca di lokasi KTT G-20. Dengan adanya alat pemantau tersebut, monitoring cuaca akan lebih akurat serta mengurangi risiko cuaca jika kegiatan dilakukan di luar ruangan.

"Adanya alat ini tentunya akan menunjang pelaksanaan KTT dan monitoring cuaca yang semakin akurat. Upaya tersebut untuk mengurangi dampak risiko cuaca pada kegiatan luar ruangan," kata Luhut.

Selain meresmikan peluncuran fitur terbaru aplikasi infoBMKG, Luhut juga berpesan agar BMKG terus berinovasi untuk mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.

“Sekali lagi selamat buat BMKG, semoga dengan inovasi ini bisa membuat infoBMKG lebih berkiprah lebih nyata mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan,” ucap Luhut.

Pada pembaruan aplikasinya, BMKG memperkenalkan berbagai fitur baru yang ada di Info BMKG. Berikut fitur-fitur yang ditambahkan pada aplikasi Info BMKG:

1. Fitur Crowdsourcing Earthquake, pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk melaporkan dampak dari gempa yang dirasakan

2. Fitur Crowdsourcing Weather, pengguna dapat melaporkan fenomena cuaca yang terjadi di lokasi pengguna

3. Fitur Speech Recognition, pengguna dapat mencari informasi cuaca, gempabumi, dan kualitas udara terkini melalui perintah suara

4. Fitur Radar & Satelit Image, pengguna dapat memantau secara mandiri kondisi cuaca yang sedang terjadi melalui satelit BMKG

5. Fitur Impact Based Forecast, pengguna akan memperoleh informasi wilayah yang berpotensi terdampak cuaca ekstrem.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jaksa Minta Hakim Tolak Keberatan Teddy Minahasa

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim PN Jakbar menolak eksepsi atau keberatan Teddy Minahasa yang menjadi terdakwa penjualan barang bukti narkoba.

NEWS | 7 Februari 2023

PBNU Dorong Pemimpin Agama Wujudkan Perdamaian Dunia

Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mendorong seluruh pemimpin agama mewujudkan perdamaian dunia. 

NEWS | 7 Februari 2023

Polisi Cari Ibu yang Aniaya dan Telantarkan Anaknya di Depok

Polres Metro Depok menyelidiki dan mencari ibu yang diduga menganiaya dan menelantarakan anaknya, Raya Aurel Rahma Visca. 

NEWS | 7 Februari 2023

Update: Gempa Turki Tewaskan 2.300 Orang, Penyelamatan Terus Dilakukan

Otoritas Turki mengkonfirmasi telah terjadi 1.541 korban tewas, dengan 810 korban lainnya dilaporkan di berada di kawasan Suriah, pasca gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

PKB Fasilitasi Aeshnina Azzahra Suarakan Keadilan Lingkungan

Jubir Milenial PKB Mikhael Sinaga mengatakan PKB akan memfasilitasi aktivis lingkungan Aeshnina Azzahra (15 tahun) untuk menyuarakan keadilan lingkungan. 

NEWS | 7 Februari 2023

Ayah Kandung Aniaya 2 Anaknya di Cimahi, 1 Meninggal Dunia

Seorang ayah kandung berinisial A menganiaya dua anaknya di Kota Cimahi. Bahkan, akibat penganiayaan itu, satu anaknya meninggal dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK yang menjangkit hewan ternak di Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir

NEWS | 6 Februari 2023

Mahfud: Pernyataan Pejabat Soal OTT KPK Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi

Opini yang dilontarkan oleh sejumlah pejabat pemerintah tentang operasi tangkap tangan atau OTT KPK turut memengaruhi penurunan Indeks Persepsi Korupsi.

NEWS | 7 Februari 2023

Gempa Turki, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan rasa duka yang mendalam atas bencana gempa Turki, Senin (6/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

Kawasan Simpang Lima Rapak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memiliki wajah baru berupa lukisan mural yang unik dan menarik.

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE