Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

KPK Sambut Ajakan Mahfud MD untuk Bongkar Mafia Tambang

Senin, 7 November 2022 | 17:33 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS
Nurul Ghufron.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan bakal berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bersama mengusut tuntas praktik mafia pertambangan. Atas inisiatif Mahfud itu, KPK merespons positif.

"KPK tentu akan menyambut baik inisiasi Menkopolhukam untuk menyelesaikan kebocoran penerimaan negara dari sektor tambang atau sektor lainnya dalam hal kebocoran tersebut diduga karena adanya dugaan korupsi," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keterangannya, Senin (7/11/2022).

Ghufron menerangkan, KPK sudah melaksanakan sejumlah kajian mengenai isu pertambangan, terutama pada sektor batu bara. Tidak kalah penting, KPK sudah berupaya melakukan perbaikan sistem lewat sistem informasi pengelolaan batu bara (Simbara).

"Harapannya rantai proses bisnis batu bara lebih pasti, transparan serta pemenuhan kebutuhan dalam negeri didahulukan dengan mematuhi DMO (domestic market obligation)," tutur Ghufron.

Diketahui, Mahfud menyatakan bakal berkoordinasi dengan KPK untuk mengungkap persoalan mafia di sektor pertambangan. Tak hanya tambang, sektor lainnya seperti perikanan, kehutanan, serta pangan juga bakal ditelusuri.

Persoalan mafia tambang mencuat lagi imbas beredarnya video pengakuan Ismail Bolong. Dalam video yang beredar, Ismail Bolong mengeklaim terdapat sejumlah uang yang disetorkan ke Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Hanya saja, Mahfud kemudian menerangkan ada faktor tekanan terhadap Ismail dari Brigjen Hendra Kurniawan. Tekanan tersebut membuat Ismail menyampaikan klaim pengakuan tersebut.

Ismail diketahui telah meralat klaimnya yang menyebutkan setoran uang miliaran rupiah ke Kabareskrim.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI