Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

TNI AU Dapat Hibah Aset Anas Urbaningrum dan Emirsyah Satar dari KPK

Selasa, 8 November 2022 | 12:51 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS
Ketua KPK Firli Bahuri dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Jakarta, Beritasatu.com - TNI Angkatan Udara (AU) mendapatkan hibah dari Komisi Pemberantasan Koruspi (KPK). Hibah berupa aset yang dirampas dalam perkara korupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aset yang dihibahkan sebelumnya merupakan milik eks Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar dengan total nilai Rp 30,9 miliar.

"Serah terima ini adalah bagian dari semangat membangun Indonesia dan semangat membantu tugas-tugas TNI AU,” kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangannya, Selasa (8/11/2022).

Aset yang dihibahkan ke TNI AU yakni dalam bentuk tanah dan bangunan yang terletak di lokasi berbeda-beda. Ada yang berlokasi di Jalan Teluk Semangka Blok C9 Kaveling Nomor 1 Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur. Lalu ada juga di Jalan Pinang Merah II Blok SK Persil Nomor 7-8, Kelurahan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Aset yang dirampas dari Anas dan Emirsyah terkait dengan kasus korupsi serta pencucian uang. Aset-aset mereka dirampas dengan mengacu pada putusan yang berkekuatan hukum tetap.

“Untuk mengoptimalkan barang rampasan KPK, selain melalui lelang dan PSP/hibah, dalam waktu dekat KPK melalui Direktorat Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi (Labuksi) akan mulai melaksanakan Pemanfaatan Barang Rampasan (paras) dengan menyewakan aset rampasan yang nantinya bsia diakses melalui situs: paras.kpk.go.id secara terbuka dan transparan,” ujar Firli.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengapresiasi langkah KPK menghibahkan sejumlah aset hasil rampasan ke pihaknya. Langkah ini dia nilai merupakan wujud telah terjalinnya kerja sama yang baik.

"Forum ini bukti kerja sama Kementerian Pertahanan (Kemenhan) cq TNI AU, KPK, dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sesuai bidang perannya masing-masing," tutur Fadjar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI