Logo BeritaSatu

Vaksin Booster Baru Capai 36 Persen, Stok Vaksin Covid-19 Sisa 6 Juta Dosis

Selasa, 8 November 2022 | 19:52 WIB
Oleh : Chairul Fikri / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, hingga saat ini capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis ketiga (booster) di Indonesia baru mencapai 36 persen. Sementara, stok vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia mencapai 6 juta dosis. Hal itu yang membuat Kemenkes kini mendorong percepatan vaksinasi booster di masyarakat untuk menghindari vaksin tersebut kedaluwarsa (expired).

"Sejauh ini dari total sasaran vaksinasi yakni yang berusia diatas 18 tahun baru sekitar 36 persen masyarakat yang telah ter vaksinasi vaksin ketiga (booster) dan ini cukup rendah," ungkap Menkes saat menggelar Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Advertisement

Ditambahkannya, saat ini Kemenkes memiliki 6 juta stok dosis vaksin covid-19 yang 5 juta vaksinnya merupakan jenis Pfizer donasi dari Covax atau Covid-19 Vaccines Global Access yang sejak minggu ketiga bulan Oktober 2022 lalu sudah didistribusikan ke daerah untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 untuk dosis ke 3.

"Karena di pertengahan tahun ini ada banyak stok vaksin yang expired, maka kami mengerem donasi vaksin dari Covax. Hal ini sengaja karena kita mau atur apalagi vaksin dalam negeri Oktober kemarin sudah mulai produksi jadi dalam waktu dekat bisa kita gunakan," tambahnya.

Budi menyatakan banyak daerah yang ternyata masih belum mampu mengakselerasi penggunaan vaksin sehingga vaksin yang diserahkan ke daerah menjadi sia-sia karena masuk masa kadaluarsa. Hal tersebut kemudian membuat Kemenkes akan mencoba menata ulang lagi penyaluran vaksin khususnya vaksin yang diproduksi dalam negeri yang diproduksi PT Bio Farma kepada daerah agar bisa terpakai.

"Untuk vaksin produksi dalam negeri kita akan mulai sebarkan November 2022 ini. Dan bersyukur laju vaksinasi bulan November 2022 ini agak naik, dari 34 ribu vaksin perhari karena adanya Covid Varian baru naik menjadi 64 ribu vaksin perhari. Dan kedepan ini akan kita terus dorong agar bisa mengkat seperti saat awal-awal kita memberikan vaksin dengan bisa mencapai 2 juta dosis vaksin, yang pastinya akan berpengaruh pada peningkatan persentase orang yang sudah divaksin tiga kali," tandasnya.

"Dan dengan stok vaksin yang kita miliki saat ini kita prediksi akan bisa bertahan 90 - 100 hari kedepan atau 3 bulan kedepan," ujarnya.

Kemenkes menyatakan telah membagi rata stok vaksin yang dimiliki sebesar 3,5 juta stok vaksin kepada daerah dan menyisakan 2,5 juta stok vaksin yang akan dibagikan kepada daerah yang laju vaksinasinya cepat.

"Karena berdasarkan pengalaman, bila langsung dibagikan rata ke daerah, lalu ada daerah yang laju vaksinasinya lambat stok vaksin sisanya banyak dan ada daerah yang laju vaksinasinya cepat stoknya kurang maka nariknya susah, makanya stok 2,5 juta vaksin kita sediakan di pusat jadi kalau ada daerah yang cepat maka dia yang kita tambah, jadi vaksinnya tidak mubazir," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Dorong Pelaksanaan Ibadah Haji 2023 Dipersingkat Jadi 35 Hari

DPR mendorong pemerintah agar mempersingkat durasi pelaksanaan ibadah haji 2023 menjadi 35 hari.

NASIONAL | 9 Februari 2023

FKPT Jateng Ajak Masyarakat Hindari Politik Identitas

Ketua FKPT Jateng Syamsul Ma’arif mengajak masyarakat menghindari penggunaan politik identitas.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

"Kalau hanya mengandalkan 70:30 saja subsidi bagi jemaah haji kita, tidak perlu ada BPKH. Dibubarkan saja!" kata Marwan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Polisi Temukan Puluhan Video Dewasa Milik Pelaku Pencabulan Belasan Anak di Jambi

Polisi menemukan foto dan video dewasa dari telepon genggam milik perempuan muda pelaku pencabulan belasan anak di Jambi.

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Menkes Sebut Biaya Vaksin Berbayar Rp 100.000 Masuk Akal

Menkes Budi Gunadi mengatakan, harga vaksin berbayar bagi masyarakat kurang mampu akan ditanggung negara melalui mekanisme Penerima Bantuan Iuran (PBI).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Sosialisasi KUHP, Ahli Hukum Berikan Edukasi di Manokwari

Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki), kembali melakukan sosialisasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Cari Pilot Susi Air, Aparat Gabungan Telusuri Hutan di Nduga Papua

Aparat gabungan TNI/Polri melakukan penelusuran hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan guna melacak keberadaan pilot Susi Air.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Indonesia Emas 2045, BUMN Diharapkan Jadi Pemeran Utama

BUMN diharapkan bisa menjadi pemeran utama dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Usut Kasus Lahan yang Libatkan Bripka Madih, Polda Metro Gandeng BPN

Polda Metro Jaya menggandeng Badan Pertanahan Nasional atau BPN untuk mengusut kasus lahan yang melibatkan Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ruam Kulit pada Anak Tanda Gejala Diabetes Melitus

Ruam Kulit pada Anak Tanda Gejala Diabetes Melitus

LIFESTYLE | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE