Logo BeritaSatu

Vaksin Booster Baru Capai 36 Persen, Stok Vaksin Covid-19 Sisa 6 Juta Dosis

Selasa, 8 November 2022 | 19:52 WIB
Oleh : Chairul Fikri / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, hingga saat ini capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis ketiga (booster) di Indonesia baru mencapai 36 persen. Sementara, stok vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia mencapai 6 juta dosis. Hal itu yang membuat Kemenkes kini mendorong percepatan vaksinasi booster di masyarakat untuk menghindari vaksin tersebut kedaluwarsa (expired).

"Sejauh ini dari total sasaran vaksinasi yakni yang berusia diatas 18 tahun baru sekitar 36 persen masyarakat yang telah ter vaksinasi vaksin ketiga (booster) dan ini cukup rendah," ungkap Menkes saat menggelar Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Advertisement

Ditambahkannya, saat ini Kemenkes memiliki 6 juta stok dosis vaksin covid-19 yang 5 juta vaksinnya merupakan jenis Pfizer donasi dari Covax atau Covid-19 Vaccines Global Access yang sejak minggu ketiga bulan Oktober 2022 lalu sudah didistribusikan ke daerah untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 untuk dosis ke 3.

"Karena di pertengahan tahun ini ada banyak stok vaksin yang expired, maka kami mengerem donasi vaksin dari Covax. Hal ini sengaja karena kita mau atur apalagi vaksin dalam negeri Oktober kemarin sudah mulai produksi jadi dalam waktu dekat bisa kita gunakan," tambahnya.

Budi menyatakan banyak daerah yang ternyata masih belum mampu mengakselerasi penggunaan vaksin sehingga vaksin yang diserahkan ke daerah menjadi sia-sia karena masuk masa kadaluarsa. Hal tersebut kemudian membuat Kemenkes akan mencoba menata ulang lagi penyaluran vaksin khususnya vaksin yang diproduksi dalam negeri yang diproduksi PT Bio Farma kepada daerah agar bisa terpakai.

"Untuk vaksin produksi dalam negeri kita akan mulai sebarkan November 2022 ini. Dan bersyukur laju vaksinasi bulan November 2022 ini agak naik, dari 34 ribu vaksin perhari karena adanya Covid Varian baru naik menjadi 64 ribu vaksin perhari. Dan kedepan ini akan kita terus dorong agar bisa mengkat seperti saat awal-awal kita memberikan vaksin dengan bisa mencapai 2 juta dosis vaksin, yang pastinya akan berpengaruh pada peningkatan persentase orang yang sudah divaksin tiga kali," tandasnya.

"Dan dengan stok vaksin yang kita miliki saat ini kita prediksi akan bisa bertahan 90 - 100 hari kedepan atau 3 bulan kedepan," ujarnya.

Kemenkes menyatakan telah membagi rata stok vaksin yang dimiliki sebesar 3,5 juta stok vaksin kepada daerah dan menyisakan 2,5 juta stok vaksin yang akan dibagikan kepada daerah yang laju vaksinasinya cepat.

"Karena berdasarkan pengalaman, bila langsung dibagikan rata ke daerah, lalu ada daerah yang laju vaksinasinya lambat stok vaksin sisanya banyak dan ada daerah yang laju vaksinasinya cepat stoknya kurang maka nariknya susah, makanya stok 2,5 juta vaksin kita sediakan di pusat jadi kalau ada daerah yang cepat maka dia yang kita tambah, jadi vaksinnya tidak mubazir," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mahfud: Pernyataan Pejabat Soal OTT KPK Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi

Opini yang dilontarkan oleh sejumlah pejabat pemerintah tentang operasi tangkap tangan atau OTT KPK turut memengaruhi penurunan Indeks Persepsi Korupsi.

NEWS | 7 Februari 2023

Gempa Turki, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan rasa duka yang mendalam atas bencana gempa Turki, Senin (6/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

Kawasan Simpang Lima Rapak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memiliki wajah baru berupa lukisan mural yang unik dan menarik.

NEWS | 7 Februari 2023

Live Instagram Saat Pesta Miras, 31 Anggota Geng Motor di Gowa Diciduk Polisi

Puluhan anggota geng motor di Gowa, Sulawesi Selatan diciduk Polrestabes Makassar saat sedang pesta miras setelah salah satu dari mereka live di Instagram.

NEWS | 6 Februari 2023

Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

Bocah yang ditemukan telantar di pinggir rel di Dewi Sartika Depok mengaku dipukuli ibu kandungnya dengan tongkat bisbol. 

NEWS | 6 Februari 2023

Mantan Winger Chelsea Christian Atsu Dilaporkan Terperangkap di Reruntuhan Gempa Turki

Christian Atsu, mantan pemain sayap Chelsea dan Newcastle yang kini berusia 31 tahun, menjadi salah satu korban yang terperangkap di reruntuhan gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

Besok, Kemenag Gelar Ujian Nasional bagi 6.727 Santri

Kemenag akan menggelar Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional atau yang disebut dengan Imtihan Wathani bagi santri, Rabu (7/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Gunting Jari Bayi 7 Bulan, Perawat di Palembang Jadi Tersangka

Polrestabes Palembang menetapkan perawat RS Muhammadiyah sebagai tersangka. Perawat itu gunting jari bayi berusia 7 bulan hingga putus. 

NEWS | 6 Februari 2023

Taruna Poltekpel Surabaya Tewas Dianiaya Senior

Muhammad Rio Ferdinan Anwar (19), seorang taruna Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Surabaya tewas diduga dianiaya oleh sejumlah seniornya. 

NEWS | 6 Februari 2023

Mitos Jus Jambu Bisa Sembuhkan DBD, Ini Pendapat Ahli

Mengonsumsi jus jambu, sari kurma dan air daun pepaya ternyata bukan upaya untuk menyembuhkan demam berdarah.

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gempa Turki, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Gempa Turki, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE