Logo BeritaSatu

Menkes Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19 Terjadi 45 Hari Lagi

Rabu, 9 November 2022 | 00:25 WIB
Oleh : Chairul Fikri / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memprediksi akan ada lonjakan kasus Covid-19 dalam 45 hari mendatang. Lonjakan kasus muncul dari tiga varian virus Covid-19 yang muncul dari subvarian Omicron XBB, BA.2.75, dan BQ.1.

Hal itu diungkapkan Menkes Budi Gunadi saat Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI di Gedung DPR RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Advertisement

"Dari data kami, dari ketiga subvarian Covid-19 yang ada yakni Omicron XBB, BA 2,75 dan BQ.1 yang paling cepat dan mendominasi adalah subvarian XBB dalam tiga minggu belakangan, dan ini yang terjadi penyebab lonjakan kasus di Singapura belakangan ini. Ini berdasarkan data hasil genom sekuensing kita," ungkap menkes.

Diterangkan Menkes, pergeseran virus yang selama ini terjadi di Indonesia selama ini yang disebabkan subvarian BA. 5 dan BA. 4 mulai bergeser ke subvarian XBB dalam dua minggu belakangan di Indonesia.

"Dalam dua minggu yang terjadi di Indonesia, kita lihat sudah mulai terjadi pergeseran, yang tadinya dominasi variannya adalah BA.4 dan BA.5, dalam dua minggu terakhir memang sudah terjadi pergeseran dominasi dari subvarian yang ada di Indonesia (ke varian BA.2.75, BQ.1, dan subvarian XBB). Dan kita prediksi dalam 1,5 bulan kedepan akan ada lonjakan kasusnya di Indonesia," tambahnya.

Budi Gunadi mengingatkan bahwa prediksi puncak kasus Covid-19 untuk subvarian XBB bisa terjadi di pertengahan bulan Desember akhir hingga Januari 2022 mendatang.

"Untuk ingatan kita bersama, BA.1 dan BA.2 itu terjadi di awal tahun ini, sekitar Januari - Februari, sedangkan (puncak kasus) BA.4 dan BA.5 terjadi di bulan Juli - Agustus tahun ini di Indonesia. Jadi memang siklusnya 6 bulanan sekali dan XBB ini varian baru mirip dengan BA.4 dan BA.5, tapi (karakteristik) di bawah BA.1 dan BA.2, ini yang harus kita waspadai bersama," tegasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril dalam keterangan pers, pada Jumat (4/11/2022) pekan lalu menyatakan bahwa kasus Covid-19 untuk subvarian XBB dan XBB.1 yang terjadi di Indonesia sudah mencapai 12 kasus.

Dimana berdasarkan data Kemenkes 12 orang yang terkonfirmasi terserang Covid-19 subvarian XBB dan XBB.1 itu 2 kasus berasal dari perjalanan luar negeri dan 10 kasus berasal dari kasus transmisi lokal.

Dan dari 12 kasus tersebut, tidak dikategorikan dalam kategori bergejala berat dan hanya bergejala ringan, sehingga ke-12 orang yang terkonfirmasi tersebut hanya dianjurkan menjalani isolasi mandiri (isoman).

"Namun demikian meski kegawatan atau keparahan tidak berat, tapi kita harus tetap waspada dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan agar fasilitas kesehatan seperti rumah sakit tidak banyak merawat pasien yang berpotensi memperparah kasus meninggal dunia akibat terkonfirmasi Covid-19," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Erick Thohir Minta Singkawang Bangun 5 Destinasi Wisata

Erick Thohir memotivasi pemerintah daerah dan tokoh masyarakat setempat Singkawang guna membangun destinasi lainnya agar menjadi pusat wisata.

NEWS | 5 Februari 2023

Aktivitas Gunung Bromo Meningkat

Aktivitas Gunung Bromo, Jawa Timur, meningkat. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut.

NEWS | 4 Februari 2023

Warga Terdampak Abu Gunung Kerinci Diimbau Gunakan Masker

Warga di sejumlah desa di Kecamatan Gunung Tujuh yang terdampak semburan abu vulkanik Gunung Kerinci diminta untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

NEWS | 5 Februari 2023

Tempat Pembuangan Akhir Burangkeng Bekasi Kelebihan Kapasitas

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, sudah kelebihan kapasitas.

NEWS | 4 Februari 2023

Direnovasi, Taman Margasatwa Ragunan Bakal Berkelas Internasional

Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Wahyudi Bambang mengatakan, Kebun Binatang Ragunan akan direnovasi dengan standar internasional.

NEWS | 4 Februari 2023

Makassar Mulai Terapkan KTP Digital Secara Bertahap

Penerbitan kartu tanda penduduk atau KTP digital diberlakukan secara bertahap di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Kanker Anak di Indonesia, Leukemia Masih Dominan

Saat ini, leukemia masih menjadi jenis kanker yang paling banyak menyerang anak-anak di Indonesia.

NEWS | 4 Februari 2023

Cuaca Buruk, Nelayan Hilang di Perairan Laut Karawang

Seorang nelayan, Zakaria dikabarkan hilang saat mencari ikan di perairan pantai utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Saat melaut, tengah terjadi cuaca buruk.

NEWS | 4 Februari 2023

Ini Berbagai Tantangan Pengobatan Kanker Anak

Pengobatan kanker anak di Indonesia saat ini masih menghadapi sejumlah tantangan, utamanya dari sisi jumlah tenaga kesehatan dan juga fasilitas kesehatan.

NEWS | 4 Februari 2023

Jembatan di Kupang Putus Dihantam Banjir Bandang, Aktivitas Warga Lumpuh

Jembatan Kapsali di Desa Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) putus dihantam banjir bandang.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Babak I, Penalti Fernandes Bawa Manchester United Memimpin

Babak I, Penalti Fernandes Bawa Manchester United Memimpin

BOLA | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE