Logo BeritaSatu
Permentan 10/2022,

Data Penyaluran Pupuk Subsidi Diharapkan Lebih Akurat

Rabu, 9 November 2022 | 07:09 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta seluruh jajaran kerjanya untuk mendata penyaluran pupuk subsidi secara akurat dan tepat sasaran pada penerima yang sudah terdaftar di sistem e-RDKK maupun sistem informasi manajemen penyuluh pertanian atau Simluhtan.

Apalagi, kata dia, saat ini telah terbit Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan HET Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian. Karena itu, perlu kehati-hatian dalam memasukan data para penerima agar tetap terdata secara merata.

Advertisement

"Pemerintah berharap kebijakan yang diambil ini mendapatkan dukungan dari seluruh pihak sehingga tugas pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan terus mendapat kepercayaan masyarakat," kata Mentan saat menghadiri rapat koordinasi perubahan kebijakan pupuk subsidi di Kawasan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/11/2022).

Perlu diketahui, perubahan kebijakan pemerintah dalam Permentan No 10/2022, menjelaskan jenis pupuk yang semula Urea, SP36, ZA, NPK, Orgaik berubah menjadi Urea dan NPK saja. Kedua perubahan peruntukan usaha tani dengan lahan paling luas 2 hektar untuk 9 (sembilan) komoditas pangan pokok dan strategis, seperti: padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kopi dan kakao.

"Kebijakan Pupuk subsidi sebagai hasil pembahasan dengan seluruh pihak terkait termasuk Panja pupuk bersubsidi melalui Permentan No 10/2022. Langkah dan kebijakan ini diambil agar produk hasil pertanian kita terutama yang memiliki kontribusi terhadap inflasi bisa terus terjaga," katanya.

Mentan mengatakan, pemerintah terus berupaya melakukan berbagai langkah agar produksi, produktivitas dan kinerja pertanian terus meningkat. Di antaranya melalui optimalisasi sumberdaya dan mendorong penggunaan teknologi tepat guna untuk menyokong tujuan tersebut.

"Langkah ini penting karena pupuk subsidi berdampak secara teknis terhadap capaian produksi pertanian, juga berdampak sosial politis yang begitu luas, karena menjangkau 17 juta petani di 34 propinsi, 484 kabupaten dan 6063 kecamatan," katanya.

Di tempat yang sama, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, Ali Jamil mengingatkan bahwa kebijakan perubahan ini sudah sesuai dengan rekomendasi Tim Panja Pupuk Komisi IV DPR dengan terbitnya Permentan 10/2022.

"Dari hasil pertemuan ini, diharapkan dapat menjadi perhatian bersama dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan subsidi pupuk ke depan," jelasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IDAI Sebut Kasus Diabetes Anak Naik Drastis Sejak 2010

Berdasarkan kategori jenis kelamin, anak perempuan memiliki risiko terkena diabetes melitus yang lebih tinggi ketimbang anak laki-laki

NEWS | 1 Februari 2023

Indeks Literasi Digital 2022 Naik, Tertinggi Yogyakarta dan Kalbar

Status literasi digital di Indonesia pada tahun 2022 mengalami kenaikan menjadi 3,54 dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 3,49.

NEWS | 1 Februari 2023

Pasien Omicron Kraken di Tangsel Sudah Vaksinasi Booster

Temuan kasus konfirmasi Subvarian Omicron XBB.1.5 atau Kraken di Tangsel dialami seorang warga yang sudah menenerima vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster.

NEWS | 1 Februari 2023

SILO Tingkatkan Layanan Spesialisasi Transplantasi Ginjal

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi kesehatan, seperti transplantasi ginjal.

NEWS | 1 Februari 2023

Sepekan Terakhir, Aktivitas Gunung Anak Krakatau Masih Terus Meningkat

Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) yang berada di Selat Sunda masih menunjukan peningkatan sejak satu pekan terakhir.

NEWS | 1 Februari 2023

Surya Paloh Ungkap Suasana Pertemuan dengan Jokowi

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh diketahui bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Kamis (26/1/2023) sore lalu.

NEWS | 1 Februari 2023

Hoax, Rekaman Percobaan Penculikan Anak Beredar di WhatsApp

Beredar sebuah pesan audio berantai tentang percobaan penculikan anak di SDN Kepatihan 01, Jember. Polisi pastikan rekaman itu hoax.

NEWS | 1 Februari 2023

Ini Saran Dokter Agar Anak Tidak Terinfeksi Diabetes Melitus

Kasus penyakit diabetes melitus tercatat menyerang anak sejak tahun 2010 dan meningkat hingga 70 persen.

NEWS | 1 Februari 2023

Ramai Isu Reshuffle Kabinet Rabu Pon, Surya Paloh Angkat Bicara

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akhirnya angkat bicara soal perombakan atau reshuffle kabinet yang ramai dibicarakan belakangan ini.

NEWS | 1 Februari 2023

KPK Usut Dugaan Lukas Enembe Ikut Campur Pemenang Proyek

KPK mengusut dugaan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe ikut campur dalam menentukan pemenang proyek di daerahnya.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Surya Paloh Tegaskan Nasdem Dukung Jokowi Sampai Tuntas

Surya Paloh Tegaskan Nasdem Dukung Jokowi Sampai Tuntas

BERSATU KAWAL PEMILU | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE