Logo BeritaSatu

Presiden Jokowi Bertolak ke Kamboja untuk Hadiri KTT ASEAN

Rabu, 9 November 2022 | 18:18 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / LES

Denpasar, Beritasatu.com - Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Phnom Penh, Kamboja untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT terkait lainnya, pada 10-13 November 2022.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Rabu (9/11/2022).

Advertisement

Tampak melepas keberangkatan Presiden Jokowi, di antaranya Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT ASEAN ke-40 dan ke-41, serta KTT terkait lainnya hingga tanggal 13 November 2022. Jumlah pertemuan yang harus saya hadiri cukup banyak, yaitu lebih dari 20 pertemuan," ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Kepala Negara menyatakan bahwa salah satu fokus Indonesia dalam KTT ASEAN tersebut adalah mengenai keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun depan. Menurut Presiden, pada keketuaan ASEAN tahun 2023, Indonesia akan mengusung tema "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth".

"Intinya Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan atau matters dan Indonesia juga menginginkan Asia Tenggara tetap menjadi epicentrum of growth. Ini bukan tugas yang mudah, tantangan dunia masih akan sangat besar di tahun 2023. Selain itu, ASEAN juga hadapi tantangan internal, yaitu situasi di Myanmar," jelas Presiden.

Usai menjalani rangkaian pertemuan KTT di Phnom Penh, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan kembali ke Tanah Air pada 13 November 2022, malam hari. Selanjutnya, Presiden akan mengikuti rangkaian KTT G-20 di Bali.

"Saya akan tiba di Bali, insyaallah, tanggal 13 November malam dan langsung melakukan kegiatan terkait G-20," kata Presiden Jokowi.

Turut dalam rombongan, Menteri Sekretaris Negara, Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sujatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah mendahului ke Phnom Penh untuk menyiapkan kedatangan Presiden Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Libur Akhir Pekan, 21.000 Pengunjung Padati Ragunan

Sebanyak lebih dari 21.000 pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan untuk menghabiskan libur akhir pekan, Sabtu (4/2/2023). 

NEWS | 4 Februari 2023

Pemkab Bekasi Didesak untuk Segera Atasi Darurat Sampah

DPRD Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mendesak pemerintah segera mengatasi persoalan sampah di kawasan tersebut.

NEWS | 5 Februari 2023

Mengejutkan, Kanker Pada Anak Ternyata Bisa Dipicu Hal Ini!

Tidak sekedar diwariskan secara genetik, timbulnya kanker juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang over nutrisi.

NEWS | 4 Februari 2023

Kritik Kades 9 Tahun, Warga Bengkulu Selatan Dipaksa Minta Maaf

Warga di Bengkulu Selatan dipaksa Papdesi meminta maaf lantaran mengkritik para kades yang menuntut masa jabatan 9 tahun. 

NEWS | 4 Februari 2023

Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Bakal Dikonfrontasi dengan Eks Penyidik TG

Polda Metro Jaya bakal mempertemukan dan mengkonfrontasi Bripka Madih dengan oknum penyidik berinisial TG terkait kasus dugaan polisi peras polisi. 

NEWS | 4 Februari 2023

Sebulan Diguyur Hujan, Jalan Industri Narogong Bogor Rusak Parah

Sebulan diguyur hujan terus-menerus, jalan utama ke kawasan industri Narogong, Kabupaten Bogor, rusak parah.

NEWS | 4 Februari 2023

Ketua SPS: Media Cetak Mesti Ubah Model Pemberitaan

Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) Januar P Ruswita menyatakan media cetak mesti mengubah model pemberitaan yang disajikan kepada para pembaca.

NEWS | 4 Februari 2023

Dugaan Pemerasan, Oknum Penyidik Akan Dipertemukan dengan Bripka Madih

Polda akan mempertemukan oknum penyidik kepolisian dengan anggota Provos Polsek Jatinegara, Bripka Madih terkait dugaan pemerasan.

NEWS | 4 Februari 2023

Ridwan Kamil Akui 30 Persen Petani Milenial Jawa Barat Gagal

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengakui 30 persen petani milenial gagal. Namun, RK optimistis program ini mampu meregenerasi profesi petani.

NEWS | 4 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas, Kasubag DPRD Jambi Dinonaktifkan

Kasubag Rumah Tangga dan Aset DPRD Jambi yang merupakan ibu anak SMA yang mengendarai mobil dinas DPRD Jambi dan kecelakaan akan dinonaktifkan. 

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Libur Akhir Pekan, 21.000 Pengunjung Padati Ragunan

Libur Akhir Pekan, 21.000 Pengunjung Padati Ragunan

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE