Logo BeritaSatu

Indonesia Dorong Pembentukan ASEAN Maritime Outlook

Kamis, 10 November 2022 | 18:38 WIB
Oleh : LES

Phnom Penh, Beritasatu.com - Menlu Retno Marsudi mengatakan, Indonesia mendorong pembentukan ASEAN Maritime Outlook untuk membuka kerja sama yang lebih luas dalam hubungan dengan mitra ASEAN.

"Kerja sama maritim harus menjadi masa depan yang menyatukan kita dengan mitra, bukan malah memisahkan," kata Menlu Retno pada Pertemuan Dewan Politik Keamanan ASEAN (APSC) ke-25 di Phnom Penh, Kamboja, Kamis (10/11/2022).

Advertisement

Ia mengatakan, kepentingan peningkatan kerja sama maritim ASEAN dengan mitra menjadi alasan dari rekomendasi Indonesia untuk pembentukan ASEAN Maritime Outlook (AMO).

"Kita mengetahui potensi besar kontribusi kerja sama maritim untuk kesejahteraan di Indo-Pasifik. Sebagaimana diketahui, isu maritim sering hanya didekati dari perspektif keamanan secara sempit. Sementara potensi kerja sama maritim, terutama di Indo-Pasifik sangatlah besar," ujar Menlu Retno.

Dengan potensi besar itulah, menurut dia, ASEAN memasukkan kerja sama maritim sebagai salah satu prioritas ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

Tahun depan, Indonesia akan memegang keketuaan ASEAN, dan isu kerja sama maritim akan menjadi salah satu prioritas di mana Indonesia akan mendorong kerja sama praktis dan konkret antara ASEAN dan negara-negara mitra wicaranya.

Selain isu maritim, Menlu Retno dalam Pertemuan APSC juga menekankan pentingnya visi yang progresif mengenai hak asasi manusia (HAM). Dia mengajak ASEAN untuk mengutamakan unsur HAM dalam ketiga pilar kerja sama ASEAN.

Untuk itu, Menlu Retno mengusulkan agar Dialog HAM ASEAN untuk dilakukan secara reguler dan terbuka dengan menyertakan semua pemangku kepentingan guna memperkuat mandat perlindungan badan HAM ASEAN atau ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR).

Dalam pertemuan APSC itu, Indonesia juga diwakili oleh Menteri Koordinator Polhukam RI Mohammad Mahfud MD yang membahas isu penyelundupan manusia, Laut China Selatan, serta dinamika di kawasan Asia Tenggara dan di dunia.

Menkopolhukam RI pada kesempatan itu menyampaikan agar penanganan ketiga isu tersebut dapat dilakukan secara komprehensif melalui mekanisme ASEAN.

Pertemuan APSC ke-25 telah mendengarkan laporan Sekretariat ASEAN atas perkembangan implementasi dari cetak biru pilar politik dan keamanan ASEAN.

APSC ke-25 dilaksanakan sebagai bagian dari persiapan pelaksanaan KTT ke-40 dan ke-41 ASEAN untuk melihat implementasi dan potensi sinergi berbagai kerja sama di Pilar Politik-Keamanan ASEAN.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kitchen Lab Ekstasi di Johar Baru Pasarkan Produk di Jakarta dan Sekitarnya

Polri berhasil mengungkap kitchen lab ekstasi di permukiman padat penduduk Johar Baru, Jakarta Pusat.

NEWS | 7 Februari 2023

Menginjak 100 Tahun, NU Siap Menuju Kebangkitan Baru

Nahdlatul Ulama (NU) hari ini menggelar resepsi puncak hari lahir ke-100 tahun yang diselenggarakan di Sidoarjo, Jawa Timur.

NEWS | 7 Februari 2023

Kitchen Lab Ekstasi di Johar Baru Beli Bahan Baku secara Online

Bareskrim Polri membongkar adanya kitchen lab yang memproduksi butir ekstasi di Johar Baru. Kitchen lab ini diketahui membeli bahan baku secara online.

NEWS | 7 Februari 2023

Banser Bawa Lagu ‘We Will Rock You’, Jokowi: Sekarang Sudah Senang Queen

Presiden Jokowi kagum dengan penampilan drumband Banser yang membawakan lagu 'We Will Rock You' dari grup band Queen.

NEWS | 7 Februari 2023

1 Abad NU, Jokowi: Nahdliyin Layak Berkontribusi untuk Dunia

Jokowi mengatakan, sebagai organisasi Islam terbesar di dunia yang telah berumur 1 abad, NU (Nahdlatul Ulama) layak berkontribusi kepada dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Kapolda Benarkan Pesawat Susi Air Dibakar oleh KKB Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri membenarkan pesawat Susi Air dibakar Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

NEWS | 7 Februari 2023

Operasi Keselamatan Jaya 2023, Polda Metro Kerahkan 2.939 Personel

Polda Metro Jaya mengerahkan 2.939 personel dalam Operasi Keselamatan Jaya 2023 pada 7-20 Februari 2023.

NEWS | 7 Februari 2023

Kasus Lukas Enembe, KPK Benarkan Geledah Kantor Dinas PU Papua

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar penggeledahan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua hari ini, Selasa (7/2/2023) terkait Lukas Enembe

NEWS | 7 Februari 2023

Naik Signifikan, 2.559 Industri Tertarik Kolaborasi dengan SMK

Minat industri berkolaborasi dengan SMK melalui program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan (SMK PK SPD) Tahun 2023 meningkat 

NEWS | 7 Februari 2023

Bripka Madih Minta Maaf ke Penyidik Polda Metro Jaya

Bripka Madih yang mengaku diperas oknum penyidik minta maaf. Permintaan maaf disampaikan langsung ke penyidik berinisial TG.

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BEI Suspensi Yugen Bertumbuh Sekuritas karena MKBD

BEI Suspensi Yugen Bertumbuh Sekuritas karena MKBD

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE