Logo BeritaSatu

Pakar Belum Bisa Pastikan Subvarian XBB Picu Kenaikan Kasus Covid-19

Kamis, 10 November 2022 | 22:59 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / LES

Jakarta, Beritasatu,com - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan, belum bisa dipastikan subvarian XBB menjadi pemicu utama adanya tren kenaikan kasus Covid-19 di Tanah Air.

Diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga Kamis (10/11/2022) mencatat, ada 48 kasus subvarian Omicron XBB di Indonesia. Sementara itu, kasus Covid-19 nasional mengalami kenaikan dua kali lipat dalam 6 minggu.

Advertisement

“Untuk itu, jangan menunggu penyebab pasti penyebab kasusnya, namun kita perlu berfokus pada langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan”, kata Wiku pada konferensi pers daring terkait “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia,”, Kamis.

Wiku menuturkan pemerintah terus melakukan serosurvey whole genome sequencing (WGS) untuk mengidentifikasi kasus-kasus dengan varian baru di Indonesia. Namun, sembari menunggu hasil pemeriksaan keluar, Wiku mengimbau kepada seluruh kepala daerah, khususnya DKI Jakarta menjadi yang tertinggi untuk kasus positif yaitu 11.422 kasus positif mingguan.

Kemudian, Jawa Tengah menjadi yang tertinggi untuk kematian, yaitu 63 kematian mingguan serta Sumatera Selatan menjadi tertinggi untuk BOR mingguan, yaitu 22,83% untuk memantau perkembangan kasus di daerah masing-masing.

Dalam hal ini, untuk memperketat kembali protokol kesehatan (prokes) di tempat umum dan kegiatan ekonomi yang sudah berjalan. Selain itu, masyarakat mengalami gejala Covid-19 ataupun yang berkontak erat dengan pasien positif Covid-19 untuk segera melakukan testing.

Wiku menerangkan bahwa varian XBB merupakan subvarian Omicron yang merupakan gabungan dari BA10.1 dan BA.2.75. Berdasarkan data global per 10 November 2022, subvarian Omicron XBB sudah tersebar di 37 negara di dunia.

Singapura, India, dan Australia menjadi negara dengan subvarian Omicron XBB yang tertinggi. Adapun gejala yang ditimbulkan subvrain Omicron XBB mirip dengan gejala Covid-19 pada umumnya.

“Mulai dari demam, batuk, kelelahan, nyeri otot, dan anosmia hingga diare,” ucapnya.

Untuk itu, Wiku mengingatkan semua pihak munculnya varian baru Covid-19 adalah sifat alamiah sebuah virus, yakni akan terus bermutasi untuk bertahan hidup. Untuk itu, kunci utama meminimalisir penularan, yakni memproteksi diri dengan vaksin booster dan disiplin protokol kesehatan.

“Dengan kembali normalnya kegiatan sosial ekonomi seperti pernikahan, kegiatan sosial, festival musik maupun pusat perbelanjaan, agar masyarakat memperhatikan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cari Dokumen Rahasia, FBI Geledah Rumah Pantai Milik Joe Biden

Departemen Kehakiman AS menugaskan FBI untuk menggeledah rumah kedua Presiden Joe Biden, sebuah rumah pantai di Rehoboth, Delaware.

NEWS | 2 Februari 2023

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023

PSI Minta Pertumbuhan Sektor Pariwisata Juga Dinikmati UMKM

PSI berharap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tumbuh signifikan selama 2022 turut dinikmati oleh UMKM. 

NEWS | 2 Februari 2023

Bermaksud Serang Sejumlah Sasaran di Singapura, Pelajar Pendukung ISIS Ditahan

Seorang pelajar berusia 18 tahun ditangkap berdasarkan Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri, setelah berencana menyerang sejumlah sasaran di Singapura.

NEWS | 2 Februari 2023

Kerajinan Bambu Jombang Tembus Pasar Tiongkok dan Belanda

Perajin bambu asal Desa Pucangrejo, Kabupaten Jombang, sukses mengolah bambu menjadi kerajinan tangan bernilai tinggi dan menembus pasar ekspor.

NEWS | 2 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Mutasi Puluhan Kapolsek, Ini Daftarnya

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melakukan mutasi jabatan puluhan kapolsek di jajaran Polda Metro Jaya. 

NEWS | 2 Februari 2023

DPR: Cegah Paham yang Berpotensi Munculkan Konflik Sosial

Maman Imanulhaq menilai, pencegahan penyebaran paham yang berpotensi menimbulkan konflik sosial harus dilakukan.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Formula 1, Mick Schumacher Jadi Pembalap Pengganti untuk Tim McLaren dan Mercedes

Formula 1, Mick Schumacher Jadi Pembalap Pengganti untuk Tim McLaren dan Mercedes

SPORT | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE