Logo BeritaSatu

Sekolah Sehat: Mewujudkan Anak Indonesia yang Sehat, Kuat, dan Cerdas Berkarakter

Jumat, 11 November 2022 | 07:30 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Dengan dimulainya kembali pembelajaran tatap muka, satuan pendidikan perlu memperkuat perhatian mereka terhadap kondisi kesehatan anak dan kebersihan lingkungan sekolah, agar anak-anak bisa belajar dengan optimal dengan dukungan gizi cukup untuk badan yang sehat. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program Sekolah Sehat untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas berkarakter.

Target sasaran dari sekolah sehat untuk tahap awal antara lain Sekolah Dasar (SD) seluruh Indonesia, pendidik dan tenaga kependidikan, tim pembina dan pelaksana UKS, orang tua, dan masyarakat. Selanjutnya, program serupa akan dikembangkan untuk jenjang PAUD, SMP, SMA, SMK dan sederajat.

Advertisement

Program Sekolah Sehat meliputi 3 hal, yang pertama yaitu sehat bergizi. Untuk mewujudkan sehat bergizi, diperlukan pemahaman gizi seimbang atau isi piringku, kemudian pembiasaan makan dan minum dengan gizi seimbang, menghindari/meminimalisir makanan cepat saji; makanan/ minuman yang berpemanis, berpengawet, kurang serat, tinggi gula, garam, dan lemak, serta pembinaan kantin sehat.

Kedua adalah sehat fisik. Setiap siswa dianjurkan untuk dapat mengikuti Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) seminggu sekali, melakukan gerakan peregangan pada pergantian jam pelajaran, optimalisasi 4 L (Lompat, Lari, Lempar, Loncat) melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional pada jam istirahat, optimalisasi intrakurikuler dan ekstrakurikuler olahraga, serta pembiasaan jalan kaki.

Ketiga adalah sehat imunisasi. Sehat imunisasi bisa dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan pemetaan status imunisasi, pemberian rekomendasi, dan pelaksanaan imunisasi dasar lengkap bagi usia sekolah.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pesannya terkait program sekolah sehat ini.

“Mari kita gerakkan kampanye Sekolah Sehat agar anak-anak Indonesia bisa belajar dengan merdeka dalam keadaan sehat,” tutur Mendikbudristek.

Sekolah sehat merupakan gerakan bersama sekolah (satuan pendidikan), pemerintah dan mitra swasta maupun organisasi nirlaba. Dr Muhammad Hasbi, Direktur Sekolah Dasar Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen lebih lanjut menyampaikan, kontribusi dari para mitra sangat penting dalam upaya perwujudan sekolah sehat.

“Sekolah sehat dapat diraih jika seluruh pihak berkolaborasi. Jadi harapan kami semua pihak berkontribusi, berkolaborasi bersama-sama menindaklanjuti upaya pembaruan program sekolah sehat yang dikembangkan oleh Mendikbudristek,” terangnya.

Sekolah Sehat: Mewujudkan Anak Indonesia yang Sehat, Kuat, dan Cerdas Berkarakter
(Dok. Kemendikbudristek)

Dalam mendukung sehat bergizi, Kemendikbudritek melalui Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen telah melakukan sosialisasi pentingnya gizi bagi kesehatan anak sekolah melalui webinar bekerja sama dengan mitra antara lain Direktorat Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemenkes, UNICEF, WFP dan SEAMEO RECFON.

Sedangkan untuk mendukung sehat imunisasi, telah dilaksanakan sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) oleh Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kemendikbudristek bermitra dengan Kemenkes yang juga menghadirkan pihak sekolah untuk berbagi praktik baik.

Sekolah Sehat: Mewujudkan Anak Indonesia yang Sehat, Kuat, dan Cerdas Berkarakter
(Dok. Kemendikbudristek)

Selain itu, untuk mendukung sekolah sehat Kemendikbudristek bersama mitra PT Uni-Charm Indonesia Tbk juga telah mengadakan kegiatan edukasi pemilahan sampah di SDN Tanjung Barat 09, Jakarta Selatan. Kegiatan ini berfokus pada kontribusi terhadap “pemilahan sampah” demi mewujudkan pengurangan sampah.

Mitra lain yang juga berkontribusi dalam sekolah sehat yaitu PT KAO Indonesia, yang berkomitmen untuk memberikan dukungan terkait promosi edukasi kesehatan dan kebersihan di sekolah. Tahun ini, PT KAO Indonesia telah berkeliling ke 50 sekolah pada lima provinsi di Indonesia untuk mengampanyekan Sekolah Sehat melalui Program Edukasi Anak Kreatif, Aktif, dan Optimis.

Hingga saat ini, ada lebih dari 12.450 sekolah di seluruh Indonesia telah dan akan menerima kontribusi dari beberapa mitra seperti Awina Sinergi Internasional, Danone Indonesia, Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ), KAO Indonesia, Maleo Group, Nestle, Nutrifood, Save the Children Indonesia, Twitter, Uni-Charm, dan Unilever untuk mewujudkan Sekolah Sehat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Sekolah Sehat dan bagaimana untuk berpartisipasi, silakan kunjungi https://uks.kemdikbud.go.id/sekolah-sehat/program-sekolah-sehat.

Simak pesan Mendikbudristek dan Ibu Franka Makarim terkait program Sekolah Sehat pada video ini: https://youtu.be/Cbqg3RnW0ss.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cari Dokumen Rahasia, FBI Geledah Rumah Pantai Milik Joe Biden

Departemen Kehakiman AS menugaskan FBI untuk menggeledah rumah kedua Presiden Joe Biden, sebuah rumah pantai di Rehoboth, Delaware.

NEWS | 2 Februari 2023

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023

PSI Minta Pertumbuhan Sektor Pariwisata Juga Dinikmati UMKM

PSI berharap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tumbuh signifikan selama 2022 turut dinikmati oleh UMKM. 

NEWS | 2 Februari 2023

Bermaksud Serang Sejumlah Sasaran di Singapura, Pelajar Pendukung ISIS Ditahan

Seorang pelajar berusia 18 tahun ditangkap berdasarkan Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri, setelah berencana menyerang sejumlah sasaran di Singapura.

NEWS | 2 Februari 2023

Kerajinan Bambu Jombang Tembus Pasar Tiongkok dan Belanda

Perajin bambu asal Desa Pucangrejo, Kabupaten Jombang, sukses mengolah bambu menjadi kerajinan tangan bernilai tinggi dan menembus pasar ekspor.

NEWS | 2 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Mutasi Puluhan Kapolsek, Ini Daftarnya

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melakukan mutasi jabatan puluhan kapolsek di jajaran Polda Metro Jaya. 

NEWS | 2 Februari 2023

DPR: Cegah Paham yang Berpotensi Munculkan Konflik Sosial

Maman Imanulhaq menilai, pencegahan penyebaran paham yang berpotensi menimbulkan konflik sosial harus dilakukan.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lemhannas Gelar Rapim Tentukan Arah Kebijakan Jelang Pemilu 2024

Lemhannas Gelar Rapim Tentukan Arah Kebijakan Jelang Pemilu 2024

BERSATU KAWAL PEMILU | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE