Logo BeritaSatu

Sekolah Sehat: Mewujudkan Anak Indonesia yang Sehat, Kuat, dan Cerdas Berkarakter

Jumat, 11 November 2022 | 07:30 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Dengan dimulainya kembali pembelajaran tatap muka, satuan pendidikan perlu memperkuat perhatian mereka terhadap kondisi kesehatan anak dan kebersihan lingkungan sekolah, agar anak-anak bisa belajar dengan optimal dengan dukungan gizi cukup untuk badan yang sehat. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program Sekolah Sehat untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas berkarakter.

Target sasaran dari sekolah sehat untuk tahap awal antara lain Sekolah Dasar (SD) seluruh Indonesia, pendidik dan tenaga kependidikan, tim pembina dan pelaksana UKS, orang tua, dan masyarakat. Selanjutnya, program serupa akan dikembangkan untuk jenjang PAUD, SMP, SMA, SMK dan sederajat.

Advertisement

Program Sekolah Sehat meliputi 3 hal, yang pertama yaitu sehat bergizi. Untuk mewujudkan sehat bergizi, diperlukan pemahaman gizi seimbang atau isi piringku, kemudian pembiasaan makan dan minum dengan gizi seimbang, menghindari/meminimalisir makanan cepat saji; makanan/ minuman yang berpemanis, berpengawet, kurang serat, tinggi gula, garam, dan lemak, serta pembinaan kantin sehat.

Kedua adalah sehat fisik. Setiap siswa dianjurkan untuk dapat mengikuti Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) seminggu sekali, melakukan gerakan peregangan pada pergantian jam pelajaran, optimalisasi 4 L (Lompat, Lari, Lempar, Loncat) melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional pada jam istirahat, optimalisasi intrakurikuler dan ekstrakurikuler olahraga, serta pembiasaan jalan kaki.

Ketiga adalah sehat imunisasi. Sehat imunisasi bisa dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan pemetaan status imunisasi, pemberian rekomendasi, dan pelaksanaan imunisasi dasar lengkap bagi usia sekolah.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pesannya terkait program sekolah sehat ini.

“Mari kita gerakkan kampanye Sekolah Sehat agar anak-anak Indonesia bisa belajar dengan merdeka dalam keadaan sehat,” tutur Mendikbudristek.

Sekolah sehat merupakan gerakan bersama sekolah (satuan pendidikan), pemerintah dan mitra swasta maupun organisasi nirlaba. Dr Muhammad Hasbi, Direktur Sekolah Dasar Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen lebih lanjut menyampaikan, kontribusi dari para mitra sangat penting dalam upaya perwujudan sekolah sehat.

“Sekolah sehat dapat diraih jika seluruh pihak berkolaborasi. Jadi harapan kami semua pihak berkontribusi, berkolaborasi bersama-sama menindaklanjuti upaya pembaruan program sekolah sehat yang dikembangkan oleh Mendikbudristek,” terangnya.

Sekolah Sehat: Mewujudkan Anak Indonesia yang Sehat, Kuat, dan Cerdas Berkarakter
(Dok. Kemendikbudristek)

Dalam mendukung sehat bergizi, Kemendikbudritek melalui Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen telah melakukan sosialisasi pentingnya gizi bagi kesehatan anak sekolah melalui webinar bekerja sama dengan mitra antara lain Direktorat Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemenkes, UNICEF, WFP dan SEAMEO RECFON.

Sedangkan untuk mendukung sehat imunisasi, telah dilaksanakan sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) oleh Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kemendikbudristek bermitra dengan Kemenkes yang juga menghadirkan pihak sekolah untuk berbagi praktik baik.

Sekolah Sehat: Mewujudkan Anak Indonesia yang Sehat, Kuat, dan Cerdas Berkarakter
(Dok. Kemendikbudristek)

Selain itu, untuk mendukung sekolah sehat Kemendikbudristek bersama mitra PT Uni-Charm Indonesia Tbk juga telah mengadakan kegiatan edukasi pemilahan sampah di SDN Tanjung Barat 09, Jakarta Selatan. Kegiatan ini berfokus pada kontribusi terhadap “pemilahan sampah” demi mewujudkan pengurangan sampah.

Mitra lain yang juga berkontribusi dalam sekolah sehat yaitu PT KAO Indonesia, yang berkomitmen untuk memberikan dukungan terkait promosi edukasi kesehatan dan kebersihan di sekolah. Tahun ini, PT KAO Indonesia telah berkeliling ke 50 sekolah pada lima provinsi di Indonesia untuk mengampanyekan Sekolah Sehat melalui Program Edukasi Anak Kreatif, Aktif, dan Optimis.

Hingga saat ini, ada lebih dari 12.450 sekolah di seluruh Indonesia telah dan akan menerima kontribusi dari beberapa mitra seperti Awina Sinergi Internasional, Danone Indonesia, Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ), KAO Indonesia, Maleo Group, Nestle, Nutrifood, Save the Children Indonesia, Twitter, Uni-Charm, dan Unilever untuk mewujudkan Sekolah Sehat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Sekolah Sehat dan bagaimana untuk berpartisipasi, silakan kunjungi https://uks.kemdikbud.go.id/sekolah-sehat/program-sekolah-sehat.

Simak pesan Mendikbudristek dan Ibu Franka Makarim terkait program Sekolah Sehat pada video ini: https://youtu.be/Cbqg3RnW0ss.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Korban Gempa Turki Lebih dari 3.800 hingga OJK Bakal Pangkas 600 BPR

Korban meninggal akibat gempa Turki lebih dari 3.800 orang menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Selasa (7/2/2023).

NEWS | 8 Februari 2023

BSKDN Bakal Bahas Aspirasi Publik Soal Pemerintahan Desa

BSKDN Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal menggelar lokakarya untuk membahas aspirasi publik soal pemerintahan desa.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Muncul ke Publik Setelah 36 Hari, Kim Jong-un Minta Korut Bersiap Perang

Pemimpin Korut (Korea Utara) Kim Jong-un muncul di hadapan publik setelah tak terlihat di depan umum, yang menimbulkan spekulasi tentang kesehatannya.

NEWS | 8 Februari 2023

Gagal Ginjal Akut Kembali Terdeteksi, IDI: Monitoring Pemakaian Obat Harus Diperketat

Ketua Umum IDI mengatakan, kesadaran atas efek samping obat sirup merupakan hal yang penting untuk di monitor guna mencegah kasus gagal ginjal akut.

NASIONAL | 8 Februari 2023

MRCCC Siloam Minimalisasi Kesenjangan Perawatan Pasien Kanker

MRCCC Siloam Semanggi meminimalisasi kesenjangan perawatan pasien kanker serta menekankan kesetaraan pasien dalam mendapatkan pelayanan medis.

NASIONAL | 7 Februari 2023

510 Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Keracunan Makanan

Tim kesehatan Puskesmas Wagir mendapat laporan banyak mahasiswa yang mengalami diare saat berada di lokasi perkemahan.

NEWS | 7 Februari 2023

Bappenas: RI Butuh 22 Tahun untuk Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyatakan, Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk menyandang status negara berpendapatan tinggi.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Pelabuhan Iskenderun Turki Terbakar Pascagempa, Operasional Dihentikan

Puluhan kontainer kargo terbakar sejak Senin (6/2/2023) petang hingga Selasa (7/2/2023) di kota pelabuhan Iskenderun yang dilanda gempa dahsyat.

NEWS | 8 Februari 2023

Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, Bareskrim Kirim Sampel ke BPOM

Bareskrim Polri mengirimkan sampel ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait dua kasus baru gagal ginjal akut yang ditemukan di DKI Jakarta.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Ibunya Tewas, Bayi Baru Lahir Selamat dari Puing-puing Gempa Dahsyat

Keajaiban setelah bayi baru lahir ditemukan dalam kondisi selamat dari puing-puing akibat gempa dahsyat di sebuah rumah di Suriah utara.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekuk Wrexham, Sheffield United Tantang Spurs di 16 Besar Piala FA

Tekuk Wrexham, Sheffield United Tantang Spurs di 16 Besar Piala FA

BOLA | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE