Logo BeritaSatu

Regulasi Keamanan Siber Tegaskan Perlindungan Data Pribadi

Jumat, 11 November 2022 | 20:38 WIB
Oleh : Emanuel Kure / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Juru bicara (Jubir) Badan Siber Dan Sandi Negara (BSSN), Ariandi Putra menyampaikan, adanya Undang-undang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP) mempertegas kepada setiap penyelenggara sistem elektronik (PSE) untuk dapat menyelenggarakan sistemnya secara andal dan aman (Pasal 15 UU ITE) guna menghindari adanya pelanggaran dalam pengelolaan data pribadi.

Seperti diketahui, Undang-undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (PDP) telah resmi disahkan pada tanggal 17 Oktober 2022. UU PDP mengatur berbagai ketentuan dari jenis-jenis data pribadi, pemrosesan hingga sanksi tercantum dalam UU PDP.

Advertisement

"Dengan ditetapkannya UU PDP, BSSN siap mendukung dan melaksanakan isi pengaturannya sesuai dengan amanat, tugas dan fungsi, serta kewenangan BSSN," kata Ariandi dalam acara Horangi Executive Roundtable bertemakan "Building A Secure Digital Society" di Alila Hotel SCBD, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Ariandi menjelaskan, aalah satu pasal pada UU PDP yakni Pasal 16 ayat 2e disebutkan pemrosesan data pribadi dilakukan dengan melindungi keamanan data pribadi dari pengaksesan yang tidak sah, pengungkapan yang tidak sah, pengubahan yang tidak sah, penyalahgunaan, perusakan dan/atau penghilangan data pribadi.

"Pasal tersebut, mengamanatkan bahwa dalam pemrosesan data pribadi wajib menerapkan prinsip-prinsip pengamanan data," jelasnya.

Menurut Arindi, UU PDP menjadi salah satu komponen penting dalam transformasi digital Indonesia untuk menjamin keamanan terhadap tata kelola pelindungan data pribadi.

UU PDP terkait langsung dengan UU ITE terutama dalam hal keamanan data pribadi yang wajib dilindungi dari hal-hal yang tidak sah serta pemrosesan data pribadi yang harus memastikan keandalan dan keamanan sistem elektronik.

Menurut pasal 15 UU ITE dan pasal 3 PP 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) menyatakan bahwa Setiap Penyelenggara Sistem Elektronik harus menyelenggarakan Sistem Elektronik secara andal dan aman serta bertanggung jawab terhadap beroperasinya Sistem Elektronik sebagaimana mestinya.

Baca selanjutnya
Ariandi menambahkan, dalam upaya untuk melindungi keberlangsungan sistem elektronik secara aman, ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Mahasiswa UB Malang Keracunan, Kegiatan KKM Tak Dilanjutkan

Ratusan mahasiswa teknik UB Malang yang mengalami keracunan massal dipulangkan dari kegiatan Kemah Kerja Mahasiswa (KKM).

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Garuda Indonesia Tanggapi 2 Kreditur Ajukan Pembatalan Perdamaian

Dua kreditur PT Garuda Indonesia Tbk (GIIA), mengajukan pembatalan perdamaian proses homologasi PKPU ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Pemkot Padang Kejar Produksi Padi Lebih dari 68.000 Ton

Hasil produksi padi di kota Padang pada tahun 2023 ditargetkan bisa melebihi angka 68.000 ton sebagaimana target yang telah ditetapkan oleh Sumbar.

NUSANTARA | 9 Februari 2023

PUPR Targetkan Pembangunan Jalan Tol 509,01 Km di 2023

Kementerian PUPR menargetkan penambahan total jalan tol baru sepanjang 509,01 kilometer (km) pada tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Benahi Nilai Aset Perusahaan, Jiwasraya Lakukan Efisiensi

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) berupaya melakukan efisiensi demi menjaga nilai aset perusahaan, sebelum dialihkan ke PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

EKONOMI | 8 Februari 2023

Terjebak 52 Jam, Bocah 8 Tahun Berhasil Diselamatkan dari Reruntuhan Gempa Turki

Yigit Cakmak yang baru berumur delapan tahun terlihat memeluk ibunya setelah berhasil diselamatkan dari reruntuhan setelah terjebak selama 52 jam.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023

Ombudsman Tegaskan Siap Kawal Pembentukan Bursa Kripto

Yeka menegaskan, Ombudsman akan mengawal pembentukan bursa kripto untuk mencegah maladministrasi yang merugikan masyarakat.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Mobil Tabrak Mahasiswi di Cianjur, Kejari Cek Ulang Audi karena Ada Simpang Siur Informasi

Kejari melakukan cek ulang Audi karena masih terjadi simpang siur informasi terkait mobil yang diamankan dengan yang diduga digunakan saat kejadian.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

OJK Prediksi Piutang Multifinance Tumbuh hingga 15% di 2023

Berdasarkan outlook Otoritas Jasa Keuangan (OJK), piutang pembiayaan multifinance diproyeksi tumbuh hingga 15% pada tahun 2023.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Jawab Arahan Presiden Jokowi, Ini Hasil Rapim TNI-Polri

Presiden Jokowi memberikan arahan kepada TNI-Polri untuk bersinergi menjaga kondusivitas tahun politik hingga tidak terlibat politik praktis.

NASIONAL | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ratusan Mahasiswa UB Malang Keracunan, Kegiatan KKM Tak Dilanjutkan

Ratusan Mahasiswa UB Malang Keracunan, Kegiatan KKM Tak Dilanjutkan

NUSANTARA | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE