Logo BeritaSatu

Tuan Rumah KTT Penting, Uzbekistan Perkuat Posisi di Arena Internasional

Sabtu, 12 November 2022 | 10:27 WIB
Oleh : LES

Samarqand, Beritasatu.com – Ahli ilmu politik Nigora Yigitalieva PhD menyatakan, Uzbekistan terus memperkuat posisinya di arena internasional hari demi hari, berkat kebijakan luar negeri yang terbuka, proaktif, dan pragmatis ditambah “diplomasi ekonomi” yang dinamis.

Kota Samarqand di Uzbekistan kini mencatat sebagai tuan rumah sejumlah agenda penting.

Advertisement

Setelah kota Samarqand menjadi penyelenggara dan tuan rumah KTT Shanghai Cooperation Organization (SCO) pada 15-16 September 2022, negara ini membuktikan bahwa dia tidak hanya diam terpaku di tengah transformasi skala besar dan mengakar yang sedang berlangsung di dunia modern ini, tetapi menjadi salah satu subyek penting dalam hubungan internasional dan memainkan peran aktif, penuh inisiatif dan kepemimpinan di sebuah kawasan yang sangat luas untuk mendapat tempat yang layak di komunitas dunia.

KTT international penting yang melibatkan Organisasi Negara-negara Berbahasa Turki (Organization of Turkic States) di Samarqand pada 11 November 11, 2022 adalah manifestasi gemilang lainnya dari kota ini sebagai “bintang baru” dalam diplomasi internasional.

“KTT ini menonjol bukan hanya karena “berbagai terobosan” yang diambil tetapi juga komposisi pesertanya – tujuh kepala negara dan sejumlah organisasi internasional,dan slogan “Kebangkitan dunia Turkic”. Patut dicatat di sini bahwa kata-kata "kebangkitan" dan "renaissance" menjadi tonggak bagi Uzbekistan Baru,” jelas Nigora.

“...Hari ini, ketika potensi besar rakyat kita sedang berkembang sepenuhnya, muncul kebangkitan baru di Uzbekistan, yang menjadi fondasi bagi masa Renaissance baru. Uzbekistan hari ini berbeda dengan Uzbekistan kemarin. Dan rakyat kita bukan lagi orang yang sama seperti kemarin.”

Pandangan-pandangan seperti ini disampaikan oleh Presiden Shavkat Mirziyoyev beberapa tahun silam, dan hari ini pandangan-pandangan tersebut mulai menjadi realitas di depan mata kita.

Di saat bersamaan, makin seringnya penyebutan frasa "Uzbekistan Baru" di pentas global mengindikasikan sebuah pengakuan bahwa negara ini memang telah memasuki tahapan pembangunan yang sama sekali baru dalam beberapa tahun terakhir, tahap yang penuh transformasi dan prestasi, dengan menjaga kekuatan di masa lalu dan menggunakan energi yang dimiliki sekarang.

Kota Samarqand yang sudah dipoles, antik, dan selalu muda adalah salah satu contoh paling jelas dalam kebangkitan ini.

“Pada suatu masa, Amir Temur yang agung menjadikan Samarqand sebagai pusat negosiasi diplomatik di level tertinggi dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan untuk kepentingan tersebut. Dia membangun gedung-gedung megah dan taman-taman yang elok di sekelilingnya dengan segala penunjang kenyamanan, termasuk akomodasi bagi delegasi-delegasi dari luar negeri. Sejarah menunjukkan penguasa yang luar biasa itu berhasil mengabadikan nama kota ini dan mengubahnya menjadi kawasan politik penting di mana keputusan-keputusan krusial bagi banyak negara dibuat,” jelas Nigora.

Saat ini, berkat upaya kepemimpinan modern di Uzbekistan, Kota Samarqand memulihkan kembali peran khususnya dalam kehidupan internasional, merawat dan mengembangkan warisan politik dan diplomasi dalam format yang baru dan lebih besar. Bukti nyata soal ini adalah KTT SCO berskala besar di kota ini September lalu, dan juga KTT negara-negara berbahasa Turki.

Kota Samarqand yang dinamis dengan penampilan baru dan infrastruktur yang makin berkembang telah dipilih sebagai tuan rumah berbagai ajang internasional yang sama pentingnya dan menjanjikan akan menjadi pusat diplomasi internasional di skala yang lebih besar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap di 2022 Capai 94,3 Persen

Gunardi mengungkapkan, terdapat 13 provinsi yang memiliki cakupan imunisasi dasar di atas angka nasional.

NEWS | 5 Februari 2023

Penjelajah Antariksa NASA Tangkap Gambar Beruang di Permukaan Mars

Para ilmuwan NASA telah menemukan penemuan tak terduga di permukaan planet Mars, sebuah formasi yang membentukan gambar menyerupai wajah beruang.

NEWS | 5 Februari 2023

Anggota DPR Sarankan AKBP (Purn) Eko Minta Maaf ke Keluarga Hasya UI

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyarankan agar AKBP (Purn) Eko Setia Budi meminta maaf ke keluarga mendiang Muhammad Hasya Athallah.

NEWS | 5 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Ungkap Warga Manggarai Risih Dicap Kampung Tawuran

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan warga Manggarai sudah risih wilayahnya dicap sebagai kampung tawuran. 

NEWS | 5 Februari 2023

Seluruh Kecamatan di Jaksel Rawan Tawuran, Ini Daftarnya

Polda Metro Jaya membeberkan 10 kecamatan di Jakarta Selatan rawan tawuran. Terdapat 14 titik di 10 kecamatan itu yang kerap menjadi lokasi tawuran. 

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Suami Kapak Istri di Tangerang, Ayah Bantah Nani Selingkuh

Terkait kasus suami kapak istri di Tangerang, Naning Hermawan, ayah korban Nani Hermawan membantah anaknya selingkuh. 

NEWS | 5 Februari 2023

DPR Desak Polda Metro Jaya Cabut Status Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mendesak Polda Metro Jaya mencabut status tersangka Hasya Athallah Saputra yang tewas ditabrak AKBP (Purn) Eko Setia Budi.

NEWS | 5 Februari 2023

Begini Rekayasa Lalin Saat Resepsi 1 Abad NU di Sidoarjo

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Delta Sidoarjo saat puncak peringatan harlah 1 abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 5 Februari 2023

Resepsi 1 Abad NU, Pemkab Sidoarjo Siapkan 1.278 Toilet

Pemkab Sidoarjo melakukan sejumlah persiapan menjelang resepsi puncak peringatan Harlah 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama di Stadion Delta Sidoarjo. 

NEWS | 5 Februari 2023

Mesin Algoritma Deteksi 8 Sinyal Radio dari Luar Angkasa, Ilmuwan: Bisa Saja Alien

Sebuah mesin algoritma baru yang dioperasikan, telah mendeteksi delapan sinyal radio yang berasal dari lima bintang yang berjarak 30 hingga 90 tahun cahaya.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap di 2022 Capai 94,3 Persen

Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap di 2022 Capai 94,3 Persen

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE