Logo BeritaSatu

Demokrat Butuh 1 Kemenangan Lagi untuk Kontrol Senat AS

Sabtu, 12 November 2022 | 11:47 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Phoenix, Beritasatu.com – Partai Demokrat tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk mengusai Senat di pemilihan paruh waktu AS yang berlangsung awal pekan ini. Hal ini terjadi setelah petahana dari Demokrat Mark Kelly menang dengan mengalahkan calon Partai Republik Blake Masters pada hari Jumat (11/11/2022) untuk meraih kursi Senat AS di ngara bagian Arizona.

Kemenangan Kelly, mantan astronaut yang istrinya, Gabby Giffords, selamat dari upaya pembunuhan ketika dia menjadi anggota parlemen AS, berarti Demokrat telah berjuang untuk unggul 49-48 dalam perebutan Senat.

Advertisement

"Saya merasa rendah hati dengan kepercayaan yang diberikan negara kepada saya untuk melanjutkan pekerjaan ini," kata Kelly di Twitter.

Kendali Senat, dan kelancaran jalannya kepemimpinan Presiden Joe Biden selama dua tahun ke depan, sekarang akan bergantung pada kontes di Nevada dan Georgia.

Hasil dari pemilihan paruh waktu sejauh ini, telah mengejutkan Republik yang sebelumnya merasa yakin akan menguasai senat dengan kemenangan besar.

Demokrat membutuhkan satu kursi lagi untuk kontrol senat, karena Wakil Presiden Kamala Harris.

Di Nevada, petahana Senator Demokrat Catherine Cortez Masto telah mendekati sekitar 800 suara dari jaksa agung negara bagian dari Republik, Adam Laxalt. Sedangkan hasil Georgia masih beberapa minggu lagi, karena pertarungan antara Senator Raphael Warnock dari Partai Demokrat menghadapi Herschel Walker dari Partai Republik berlanjut ke putaran kedua 6 Desember mendatang.

Dalam pemilihan gubernur Nevada, Joe Lombardo dari Partai Republik mengalahkan Steve Sisolak dari Demokrat.

Analis politik mengantisipasi aliran dana kampanye ke Georgia saat Partai Republik dan Demokrat bersiap untuk pertempuran terakhir pemilihan paruh waktu 2022.

Dalam pertarungan untuk menguasai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Partai Republik semakin dekat untuk menjadi mayoritas dan mengakhiri empat tahun pemerintahan Demokrat. Itu akan memberi Partai Republik hak veto atas agenda legislatif Demokrat Biden dan memungkinkan mereka meluncurkan penyelidikan yang berpotensi merusak pemerintahannya.

Partai Republik telah mengamankan setidaknya 211 dari 218 kursi DPR yang mereka butuhkan untuk mayoritas, sementara Demokrat telah memenangkan 199. Masih banyak pertarungan di mana pemenang belum ditentukan berada di Arizona, California dan negara bagian Washington.

Pemimpin Partai Republik, Kevin McCarthy, telah mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai ketua DPR AS jika Partai Republik mengambil alih, sebuah hasil yang ia gambarkan sebagai tak terelakkan.

Tidak jelas apakah penantang McCarthy akan muncul, tetapi beberapa anggota DPR Republik yang paling konservatif telah menyatakan keraguan bahwa dia memiliki cukup suara untuk menjadi pembicara, pejabat paling kuat di DPR.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Novel Baswedan Yakin Harun Masiku Tak Akan Ditangkap, KPK: Jangan Berprasangka

KPK meminta publik, termasuk Novel Baswedan tidak berprasangka negatif soal perkembangan pengejaran terhadap Harun Masiku dan buronan lainnya. 

NASIONAL | 9 Februari 2023

Pakar Sebut Hal Ini Jadi Pemicu Kasus Gangguan Ginjal Anak

Kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) pada anak kembali muncul karena belum tuntas penyelidikan dan evaluasi pada kasus GGAPA.

NASIONAL | 9 Februari 2023

TNI Belum Dapat Pastikan Keberadaan Pilot Susi Air

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sampaikan saat ini pasukan TNI masih terus mencari keberadaan pilot Susi Air Kapten Philips Marthen.

NASIONAL | 9 Februari 2023

KPK Benarkan Napi Kasus Korupsi Tanah Munjul Anja Runtuwene Meninggal

KPK membenarkan Wakil Direktur PT Adonara Propertindo Anja Runtuwene meninggal dunia. Anja merupakan terpidana kasus korupsi tanah Munjul. 

NASIONAL | 9 Februari 2023

Hasil PLN Mobile Proliga: Gagal di Kandang, Petrokimia Menang di Malang

Gresik Petrokimia menang di Malang dalam lanjutan kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023, Kamis (9/2/2023). Sebelumnya, saat di kandang mereka kalah.

SPORT | 9 Februari 2023

Polisi Tahan Perawat yang Gunting Jari Bayi di Palembang

Perawat RS Muhammadiyah Palembang yang menggunting jari bayi berusia 7 bulan ditahan polisi untuk 20 hari ke depan. 

NUSANTARA | 9 Februari 2023

Ini Pentingnya Edukasi Anak Pada Area Privasi Sejak Kecil

Orang tua bisa mulai melakukan edukasi anak tentang area tubuh privasi sejak berusia di bawah lima tahun saat mereka sudah mengenal anggota tubuhnya.

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Jelang Konser Westlife, Antrean Penonton yang Ingin Berfoto Membeludak

Jelang dimulainya konser Westlife, antrean pengunjung yang ingin berfoto di depan stand boyband tersebut membeludak, Kamis (9/2/2023)

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Waspada, Ini Ciri-ciri Anak Alami Kekerasan Seksual

Orang tua wajib dan waspada dan bisa mengenali tanda atau ciri-ciri anak yang mengalami kekerasan seksual.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Datangi Polda Metro Jaya, Bripka Madih Didampingi 10 Pengacara

Bripka Madih, anggota Provos Polsek Jatinegara mendatangi Polda Metro Jaya, Kamis (9/2/2023), dengan didampingi 10 pengacara.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Novel Baswedan Yakin Harun Masiku Tak Akan Ditangkap, KPK: Jangan Berprasangka

Novel Baswedan Yakin Harun Masiku Tak Akan Ditangkap, KPK: Jangan Berprasangka

NASIONAL | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE