Logo BeritaSatu

Demokrat Butuh 1 Kemenangan Lagi untuk Kontrol Senat AS

Sabtu, 12 November 2022 | 11:47 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Phoenix, Beritasatu.com – Partai Demokrat tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk mengusai Senat di pemilihan paruh waktu AS yang berlangsung awal pekan ini. Hal ini terjadi setelah petahana dari Demokrat Mark Kelly menang dengan mengalahkan calon Partai Republik Blake Masters pada hari Jumat (11/11/2022) untuk meraih kursi Senat AS di ngara bagian Arizona.

Kemenangan Kelly, mantan astronaut yang istrinya, Gabby Giffords, selamat dari upaya pembunuhan ketika dia menjadi anggota parlemen AS, berarti Demokrat telah berjuang untuk unggul 49-48 dalam perebutan Senat.

Advertisement

"Saya merasa rendah hati dengan kepercayaan yang diberikan negara kepada saya untuk melanjutkan pekerjaan ini," kata Kelly di Twitter.

Kendali Senat, dan kelancaran jalannya kepemimpinan Presiden Joe Biden selama dua tahun ke depan, sekarang akan bergantung pada kontes di Nevada dan Georgia.

Hasil dari pemilihan paruh waktu sejauh ini, telah mengejutkan Republik yang sebelumnya merasa yakin akan menguasai senat dengan kemenangan besar.

Demokrat membutuhkan satu kursi lagi untuk kontrol senat, karena Wakil Presiden Kamala Harris.

Di Nevada, petahana Senator Demokrat Catherine Cortez Masto telah mendekati sekitar 800 suara dari jaksa agung negara bagian dari Republik, Adam Laxalt. Sedangkan hasil Georgia masih beberapa minggu lagi, karena pertarungan antara Senator Raphael Warnock dari Partai Demokrat menghadapi Herschel Walker dari Partai Republik berlanjut ke putaran kedua 6 Desember mendatang.

Dalam pemilihan gubernur Nevada, Joe Lombardo dari Partai Republik mengalahkan Steve Sisolak dari Demokrat.

Analis politik mengantisipasi aliran dana kampanye ke Georgia saat Partai Republik dan Demokrat bersiap untuk pertempuran terakhir pemilihan paruh waktu 2022.

Dalam pertarungan untuk menguasai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Partai Republik semakin dekat untuk menjadi mayoritas dan mengakhiri empat tahun pemerintahan Demokrat. Itu akan memberi Partai Republik hak veto atas agenda legislatif Demokrat Biden dan memungkinkan mereka meluncurkan penyelidikan yang berpotensi merusak pemerintahannya.

Partai Republik telah mengamankan setidaknya 211 dari 218 kursi DPR yang mereka butuhkan untuk mayoritas, sementara Demokrat telah memenangkan 199. Masih banyak pertarungan di mana pemenang belum ditentukan berada di Arizona, California dan negara bagian Washington.

Pemimpin Partai Republik, Kevin McCarthy, telah mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai ketua DPR AS jika Partai Republik mengambil alih, sebuah hasil yang ia gambarkan sebagai tak terelakkan.

Tidak jelas apakah penantang McCarthy akan muncul, tetapi beberapa anggota DPR Republik yang paling konservatif telah menyatakan keraguan bahwa dia memiliki cukup suara untuk menjadi pembicara, pejabat paling kuat di DPR.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Dorong Pelaksanaan Ibadah Haji 2023 Dipersingkat Jadi 35 Hari

DPR mendorong pemerintah agar mempersingkat durasi pelaksanaan ibadah haji 2023 menjadi 35 hari.

NASIONAL | 9 Februari 2023

FKPT Jateng Ajak Masyarakat Hindari Politik Identitas

Ketua FKPT Jateng Syamsul Ma’arif mengajak masyarakat menghindari penggunaan politik identitas.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

"Kalau hanya mengandalkan 70:30 saja subsidi bagi jemaah haji kita, tidak perlu ada BPKH. Dibubarkan saja!" kata Marwan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Polisi Temukan Puluhan Video Dewasa Milik Pelaku Pencabulan Belasan Anak di Jambi

Polisi menemukan foto dan video dewasa dari telepon genggam milik perempuan muda pelaku pencabulan belasan anak di Jambi.

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Menkes Sebut Biaya Vaksin Berbayar Rp 100.000 Masuk Akal

Menkes Budi Gunadi mengatakan, harga vaksin berbayar bagi masyarakat kurang mampu akan ditanggung negara melalui mekanisme Penerima Bantuan Iuran (PBI).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Sosialisasi KUHP, Ahli Hukum Berikan Edukasi di Manokwari

Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki), kembali melakukan sosialisasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Cari Pilot Susi Air, Aparat Gabungan Telusuri Hutan di Nduga Papua

Aparat gabungan TNI/Polri melakukan penelusuran hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan guna melacak keberadaan pilot Susi Air.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Indonesia Emas 2045, BUMN Diharapkan Jadi Pemeran Utama

BUMN diharapkan bisa menjadi pemeran utama dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Usut Kasus Lahan yang Libatkan Bripka Madih, Polda Metro Gandeng BPN

Polda Metro Jaya menggandeng Badan Pertanahan Nasional atau BPN untuk mengusut kasus lahan yang melibatkan Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

EKONOMI | 30 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE