Logo BeritaSatu

Luhut: G-20 Siap 100%, Koordinasi Secret Service Berjalan Baik

Minggu, 13 November 2022 | 05:31 WIB
Oleh : Tri Listiyarini / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memastikan, persiapan forum KTT G-20 di Bali sudah siap 100% siap. Koordinasi dengan secret services dari berbagai negara berjalan baik.

Overall, seperti tadi saya sudah laporkan ke Presiden, persiapan kalau saya bilang 100% nanti terlalu tidak pas, 99% sudah siap, sampai besok sudah 100% siap,” ungkap saat konferensi pers Siap Sambut G-20 yang dipantau daring dari Jakarta, Sabtu (12/11/2022).

Advertisement

Untuk pengamanan juga sudah disiapkan dengan sangat baik oleh Kepolisian dan TNI. Saat ini juga mulai diaktifkan face recognition guna menangkap pergerakan masuk ke bandara, pelabuhan, dan tempat-tempat penting lain.

“Memamg privacy kita jadi nggak ada, tetapi ini untuk melihat siap orang ini, handphone, GPS, kemana, jadi pengamanan bukan isu. Koordinasi dengan secret services dari berbagai negara juga berjalan baik, kita tidak bisa mengakomodasi semua karena negara kita juga tidak bisa diatur-atur tetapi apa yang berlaku di internasional itu jadi pegangan,” papar dia.

Menurut Luhut, 17 pemimpin negara dipastikan hadir dalam pertemuan KTT G-20 di Bali. Terdapat tiga pemimpin negara yang tidak hadir, yakni Presiden Rusia Putin karena adanya isu domestik, Presiden Brasil karena ada transisi usai pemilihan umum, dan Presiden Meksiko. Sejauh ini, 17 pemimpin negara berkomitmen untuk hadir di KTT G-20, termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Luhut juga menjelaskan, akan dilakukan sejumlah pertemuan bilateral. Namun untuk saat ini belum akan disampaikan ke publik dan pertemuan itu akan menunjukkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampu memberikan contoh.

“Beliau dari Kamboja menelepon dan menanyakan persiapan sampe detail, termasuk bagaimana nanti Presiden Indonesia bersama Presiden Xi Jinping menyaksikan KA Cepat Jakarta-Bandung yang sudah melakukan dynamic test 3 hari dan berhasil dengan baik,” jelas dia.

Terkait kekhawatiran tidak adanya komunike dari KTT G020, Luhut menuturkan, hingga saat ini belum ada G-20 di tengah dunia yang situasinya sekompleks saat ini. Apabila akhirnya memang tidak ada komunike pemimpin G-20, Indonesia tidak mempermasalahkannya.

“Kalau akhirnya tidak ada leadership communique ya sudah tidak apa-apa, tapi banyak hal yang saya kita ada 361 titik yang bisa dihasilkan dengan nilai billion dollar kalau dihitung dari sisi ekonomi baik dari bidang maupun dekarbonisasi. Jadi, banyak hal yang bisa kita capai, misalnya membangun kerja sama restorasi mangrove. Leadership communique sangat penting tetapi lebih penting lagi yang konkret yang bisa kita lihat hasilnya dari pertemuan negara-negara anggota G20 ini dan paling tidak selama pertemuan bisa membuat suasana lebih baik,” kata Luhut



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemprov DKI Bangun Jalan Layang untuk Tambah Akses ke JIS

Pemprov DKI Jakarta sedang membangun jalan layang non-tol (JLNT) untuk menambah akses ke JIS atau Jakarta International Stadium.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Ada 100 Gempa Susulan Terjadi di Turki, Kerusakan Bisa Bertambah

Ada 100 gempa susulan berkekuatan 4,0 atau lebih telah terjadi sejak gempa dahsyat  melanda Turki selatan pada Senin pagi waktu setempat, menurut USGS.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kapolri Benarkan Pilot Susi Air Kapten Philips Disandera KKB Papua

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membenarkan pilot pesawat perintis Susi Air PK-BVY disandera Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

NEWS | 7 Februari 2023

Bantuan dari Dunia Internasional Berdatangan untuk Turki dan Suriah

Hanya sehari setelah gempa dahsyat M 7,8 mengguncang Turki dan Suriah, pada Senin, dunia internasional merespons dengan mengirimkan bantuan ke sana.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kisah Pilu Juli, Ayah Korban Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut

Sambil menahan tangis dengan wajah nanar, Juli menceritakan kepergian sang anak Rizky, yang sempat dilarikan ke (RSUP) Persahabatan Jakarta Timur, pada Juli 2022.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Kapolri: Pilot dan Penumpang Susi Air yang Diamankan KBB Papua Sedang Dicari

Kapolri  membenarkan bahwa pilot pesawat perintis Susi Air PK-BVY Kapten Philips M berkebangsaan Selandia Baru disandra KKB Papua.

NEWS | 7 Februari 2023

Gempa Turki, 104 WNI Tak Punya Tempat Tinggal Layak dan Segera Dievakusi ke Ankara

Sebanyak 104 warga negara Indonesia (WNI) sudah tidak memiliki tempat tinggal yang layak akibat gempa Turki.

NEWS | 7 Februari 2023

Pertahanan Sipil Suriah: Korban Tewas Gempa Meningkat di Wilayah yang Dikuasai Pemberontak

Pertahanan Sipil Suriah mengatakan, jumlah korban tewas akibat gempa dahsyat M 7,8 di Turki diyakini jumlahnya akan meningkat secara signifikan.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Dubes RI: Gempa Turki, Ibu dan 2 Anak dari Indonesia Hilang Kontak

Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal mengungkapkan, seorang ibu dengan dua anak asal Indonesia hilang kontak setelah gempa Turki.

NEWS | 7 Februari 2023

Kelompok Bantuan Israel Carter Pesawat Bantu Korban Gempa Turki

Dua kelompok bantuan Israel dilaporkan, telah mencarter pesawat untuk penerbangan ke Gaziantep untuk membawa personel dan peralatan bagi para korban gempa di Turki.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Legenda Timnas: Naturalisasi Bukti Buruknya Pembinaan Sepak Bola Usia Muda

Legenda Timnas: Naturalisasi Bukti Buruknya Pembinaan Sepak Bola Usia Muda

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE