Logo BeritaSatu

Rangkaian G-20, Presiden Jokowi Akan Luncurkan Pandemic Fund

Minggu, 13 November 2022 | 10:18 WIB
Oleh : Mohamad Said / WBP

Bali, Beritasatu.com - Pandemic Fund (Dana Pandemi) rencananya akan diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bali pada Minggu (13/11/2022) sebagai bagian agenda Presidensi G-20 Indonesia. Inisiatif kesehatan ini merupakan bagian dari topik infrastruktur kesehatan global bersama Italia dan India sebagai Troika G-20.

“Acara peluncuran Pandemic Fund merupakan salah satu yang akan dilakukan Presiden Jokowi, pada saat mengambil alih Presidensi G-20 dari Italia, salah satu fokus Indonesia adalah mengatasi persoalan pandemi, bagaimana dunia dapat membentuk mekanisme pendanaan yang dapat diandalkan untuk merespons pandemi lebih baik,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers Pertemuan Gabungan Kedua Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan (2nd JFHMM), di Bali Sabtu (12/11/2022).

Advertisement

Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan Negara Anggota G20 Indonesia telah merampungkan Joint Finance and Health Ministers Meeting (JFHMM) di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali, Sabtu (12/11/2022). JFHMM merupakan rangkaian pertemuan di bawah Presidensi G20 Indonesia yang telah dimulai sejak Juni tahun ini.

Pertemuan kedua ini menghasilkan kesepakatan dalam Joint Finance and Health Task Force (JFHTF) mengenai pembentukan Financial Intermediary Fund (FIF) atau Pandemic Fund untuk kesiapsiagaan, pencegahan, dan penanggulangan pandemi di masa mendatang.

Pandemic Fund merupakan patungan dana kesehatan global sebagaimana yang telah direkomendasikan sebelumnya. International Monetary Fund (IMF) dan beberapa Lembaga Keuangan Dunia telah mengidentifikasi bahwa dunia memerlukan US$ 10 miliar untuk kesiapsiagaan dan respons terhadap pandemi setiap tahunnya.

Sejauh ini, Pandemic Fund telah berhasil menghimpun dana US$ 1,4 miliar. Jumlah itu diperkirakan segera bertambah, melebihi US$ 4 miliar. Dana itu berasal dari 20 kontributor, yaitu anggota G20, negara non-G20, dan sejumlah lembaga filantropis dunia.

“Dengan Pandemic Fund, kita fokus bagaimana dapat memperbaiki dan menyempurnakan arsitektur kesehatan nasional, dan melanjutkan peran WHO sebagai pemimpin teknis dan pemimpin panel advisory teknis dan juga bank dunia sebagai wali untuk dana perwalian pandemi ini,“ jelas Sri Mulyani.

Sri Mulyani menyebut bahwa terdapat negara lain yang sudah menyatakan komitmen untuk turut menyuntikkan dana pandemi, yakni Australia, Perancis, dan Arab Saudi. Nilainya akan diumumkan saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tips Agar Rekening Bank Aman dan Terhindar dari Kebobolan

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dalam laman instagram resmi membagikan tips agar rekening bank tetap aman dan terhindar dari pembobolan.

NEWS | 28 Januari 2023

Hari Ini, Sebagian Kota Besar di Indonesia Berawan

Cuaca hari ini, BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia berawan. Cuaca berawan dengan suhu berkisar 19 sampai 31 derajat Celcius.

NEWS | 28 Januari 2023

Ular Piton Sepanjang 5,5 Meter dan Berbobot 130 Kg Masuk Pekarangan Warga

Warga Kota Solok dihebohkan dengan penemuan ular piton raksasa sepanjang 5,5 meter dengan bobot sekitar 130 kilogram masuk pekarangan warga.

NEWS | 28 Januari 2023

Cukup Lewat Molina, WNA Bisa Langsung Ajukan Visa Kunjungan dan Perpanjangan

WNA kini sudah dapat mengajukan permohonan Visa Kunjungan Wisata dan Visa Kunjungan Pra-Investasi di website molina.imigrasi.go.id mulai Kamis, 26 Januari 2023

NEWS | 28 Januari 2023

Buaya Muara di Wisata Akar Seribu Jepara Kembali Lepas

Seekor buaya muara di objek wisata Akar Seribu, Kabupaten Jepara kembali lepas pada Jumat sore kemarin.

NEWS | 28 Januari 2023

Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung, sejak Jumat siang hingga Jumat malam sudah empat kali mengalami erupsi.

NEWS | 28 Januari 2023

Firli Minta Dukungan Publik dalam Memburu Harun Masiku Cs

Ketua KPK Firli Bahuri meminta dukungan publik dalam memburu keberadaan para buronan, termasuk Harun Masiku.

NEWS | 28 Januari 2023

Polda Belum Pastikan Mobil yang Tabrak Mahasiswi hingga Tewas di Cianjur

Polda Jabar belum memastikan mobil yang tabrak lari mahasiswi bernama Selvi Amelia Nuraeni hingga tewas di Cianjur.

NEWS | 28 Januari 2023

Top 5 News: Eks Wali Kota Blitar Terlibat Perampokan hingga BCA Komentari Pembobolan Bank

Mantan Wali Kota terlibat perampokan dan Lukas Enembe menolak kontrol kesehatan di RSPAD merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 Januari 2023

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Minyakita Langka di Pasaran, Harga Minyak Goreng Melonjak

Minyakita Langka di Pasaran, Harga Minyak Goreng Melonjak

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE