Logo BeritaSatu

Kasus Covid-19 Naik, CFD Jakarta Tetap Ramai Peminat

Minggu, 13 November 2022 | 14:07 WIB
Oleh : Vinnilya Huanggrio / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta khususnya di kawasan Bundaran HI masih terus berlangsung, meski kasus positif Covid-19 di Indonesia mengalami lonjakan 3 kali lipat selama sepekan terakhir. Sebagian dari masyarakat yang didominasi oleh kalangan anak muda dan orang tua beserta anaknya tetap antusias untuk berolahraga pada CFD.

Pantauan di lokasi tepatnya dari pukul 08:00 WIB, tampak banyak warga berolahraga dengan berjalan kaki, ada pula yang menggunakan sepeda.

Advertisement

CFD di kawasan Bundaran HI berlangsung sejak pukul 06:00 WIB hingga pukul 10:00 WIB. Sepanjang waktu itu, tidak ada kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang dapat melintasi wilayah tersebut.

Selain itu, terlihat beberapa petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berjaga-jaga di antara kerumunan. Akan tetapi, tidak ada yang memberikan sosialisasi atau imbauan terkait pengetatan penerapan protokol kesehatan.

Salah satu warga, Debi, mengaku menyempatkan diri untuk berolahraga di hari Minggu ini bersama keluarga.

"Sepedaan aja, sih, cuma sebenarnya saya ada event dari kantor, ada booth yang dibuka deket BNI situ, jadi makanya sekalian olahraga deh", ungkap Debi saat ditemui Beritasatu.com, Minggu, (13/11/2022).

Saat ditanya mengenai bagaimana penerapan protokol kesehatan pada CFD hari ini, warga lainnya mengaku belum melihat ada sosialisasi signifikan dari petugas yang berjaga, bahkan petugasnya sendiri pun ada yang tidak menggunakan masker.

Meski begitu, dirinya tetap berusaha untuk mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker. Hal ini diungkapkan oleh Feri, warga Brebes yang juga mengikuti kegiatan CFD.

"Sejauh ini pengamatan saya fifty-fifty, Mbak ada yang menggunakan masker ada yang tidak menggunakan masker, seperti saya, saya patuh menggunakan masker. Biar gimana pun, saya tau informasi dari media televisi kalau gak salah DKI Jakarta masuk PPKM level 1", kata Feri.

Maka dari itu, beberapa masyarakat berharap pemerintah dapat segera mengambil kebijakan untuk menghadapi lonjakan kasus positif yang ada di Indonesia. Terlebih, kasus positif yang ada di Jakarta merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Salah satunya berasal dari pernyataan seorang Dokter yang kebetulan jurnalis BTV temui di CFD pagi ini.

"Kembali saya ingatkan, apa pun yang jelas ini gejalanya kan flu like syndrome mungkin sekarang tapi begitu kena akan menyebabkan sekitar 10 orang yang terpapar", ujar Yusfa, seorang dokter yang ditemui Beritasatu.com di kawasan CFD Bundaran HI.

"Jadi kalo menurut saya, sudah waktunya memang untuk lebih diperhatikan kembali, memperketat, menekan (protokol kesehatan), jangan sampai kasus semakin tinggi, karena saya denger sekarang Jakarta menjadi juara 1 (kasus positif Covid-19) lagi”, pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan CFD di Jakarta masih diadakan. Padahal saat ini, data pasien Covid-19 di Jakarta setiap minggu terus meningkat tajam. Indonesia mencatat sebanyak 6.179 kasus baru Covid-19 pada Sabtu, (12/11/2022). Sementara untuk kasus aktif saat ini ada sekitar 49.300 kasus.

DKI Jakarta menyumbang jumlah kasus positif terbanyak dengan total 2.511. Disusul oleh Jawa Barat dengan total 1.012 kasus, kemudian Jawa Timur dengan total 732 kasus.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Isu Reshuffle, Surya Paloh Temui Airlangga di DPP Golkar Siang Ini

Di tengah isu reshuffle, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengunjungi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto hari ini, Rabu (1/2/2023).

NEWS | 1 Februari 2023

Isu Reshuffle Hari Ini, Gerindra Sebut Prabowo ke Istana 3 Kali Seminggu

Di tengah isu reshuffle, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga saat menjabat menteri pertahanan kerap ke Istana belakangan ini.

NEWS | 1 Februari 2023

Saat Wowon Serial Killer Peragakan Sosok Aki Banyu Tipu TKW

Tersangka pembunuhan berantai atau serial killer Wowon Erawan mengubah karakternya menjadi sosok fiktif bernama Aki Banyu untuk menipu TKW.

NEWS | 1 Februari 2023

Kasus Kanjuruhan, Jaksa Putar CCTV Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Tribun Penonton

Bukti rekaman cctv ini dengan tujuan ingin membuktikan sesuai dakwaan yang telah disusunnya bahwa memang ada tembakan ke arah tribun penonton.

NEWS | 1 Februari 2023

Eksklusif! Presiden Jokowi Sebut Pertimbangan Politis dalam Reshuffle

Tidak seperti biasanya, Presiden Jokowi menyebut ada pertimbangan politis dalam reshuffle selain performa kementerian.

NEWS | 1 Februari 2023

Top 5 News: Menteri Nasdem Tak Hadir Ratas hingga Serial Killer Wowon Terungkap

Dua menteri dari Nasdem tidak menghadiri ratas dan terbongkarnya pembunuhan berantai Wowon Cs merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 1 Februari 2023

Kabar Reshuffle, Ada Agenda Internal Jokowi Hari ini

Kabar perombakan atau reshuffle kabinet pada hari ini Rabu pon (1/2/2023) makin berhembus kencang.

NEWS | 1 Februari 2023

Putusan MK soal Pernikahan Beda Agama, Menko PMK: Agar Terang Benderang

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy berharap putusan MK soal pernikahan beda agama jadi yang terbaik.

NEWS | 1 Februari 2023

Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

Cak Imin menghadiri Ijtima' Ulama Nusantara bersama Ulama se NTB yang dirangkai dengan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama di Lombok Tengah.

NEWS | 1 Februari 2023

Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

Polisi yang meninggal di Polres Metro Kepulauan Seribu di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, dibawa ke rumah duka di Sunter Agung.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rupiah Hari Ini 1 Februari 2023 Melemah di Awal Sesi

Rupiah Hari Ini 1 Februari 2023 Melemah di Awal Sesi

EKONOMI | 28 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE