Logo BeritaSatu

Keketuaan Indonesia di ASEAN Hadapi Tantangan Multidimensi

Senin, 14 November 2022 | 11:52 WIB
Oleh : LES

Phnom Penh, Beritasatu.com - Menlu Retno Marsudi mengatakan, keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 akan menghadapi kondisi dunia yang belum kondusif dan masih mengalami tantangan multidimensi.

"Presiden Joko Widodo menerima tongkat keketuaan ASEAN dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Keketuaan ini akan mulai berlaku 1 Januari sampai 31 Desember 2023," ujar Menlu Retno Marsudi saat menyampaikan keterangan pers di Phnom Penh, Kamboja, Minggu (13/11/2022).

Advertisement

Ia mengatakan keketuaan Indonesia dijalankan saat situasi dunia masih dalam kondisi tidak mudah.

Dari sisi geopolitik maupun ekonomi, lanjut dia, situasi global masih belum kondusif dan dunia masih mengalami tantangan multidimensi.

"Tantangan dari sisi geopolitik, rivalitas akan tetap tajam. Kita berharap rivalitas ini tetap dapat dikelola sehingga tidak muncul konflik terbuka atau perang baru. Pengelolaan yang sama juga penting dilakukan di kawasan Indo Pasifik dan juga Asia Tenggara," kata Menlu Retno.

Dari sisi ekonomi global, menurut dia, jika negara dunia tidak segera memperkuat kerja sama terutama dalam mengatasi krisis pangan, energi, dan semakin sempitnya ruang fiskal negara berkembang serta masalah pupuk maka situasi ekonomi dunia tahun depan akan semakin suram.

"Kita patut bersyukur di tengah pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan terus menurun, pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia," kata dia.

Ia mengatakan kawasan Asia Tenggara memang pernah terdampak krisis keuangan yang cukup dalam, namun setelah itu memiliki kinerja ekonomi yang cukup kuat.

Menlu Retno menambahkan pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN hampir selalu di atas rata-rata pertumbuhan dunia.

"Misalnya, pada 2012 ASEAN mencapai pertumbuhan 6,2 persen dan dunia 2,7 persen. Pada 2015 ASEAN 4,8 persen, dunia 3,1 persen. Pada 2018 ASEAN 5,2 persen sementara dunia 3,3 persen. Dan pada 2019 ASEAN 4,6 persen, dunia 2,6 persen," paparnya.

Menlu Retno juga menyebutkan proyeksi pertumbuhan ekonomi kawasan ASEAN pada 2022 sebesar 5,1 persen, yakni diprediksi lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi dunia yang sebesar 3,2 persen.

"Kalau kita lihat kinerja ekonomi masing-masing negara ASEAN untuk tahun ini juga cukup baik, misalnya Indonesia. Untuk kuartal ketiga, Indonesia membukukan pertumbuhan ekonomi 5,72 persen, naik dari 5,4 persen pada kuartal kedua," kata dia.

Baca selanjutnya
Menurut Retno, tren positif itulah yang ingin dijaga oleh Indonesia yang ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bareskrim Telusuri Dua Kasus Baru Gagal Ginjal Akut Anak di Jakarta

Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri akan menelusuri dua kasus baru gagal ginjal akut anak.

NEWS | 6 Februari 2023

Ini Awal Kasus Ferdy Sambo Terungkap ke Publik

Polri menyatakan Brigadir J tewas dalam insiden tembak-menembak dengan sesama polisi pada 8 Juli 2022. Belakangan diketahui Ferdy Sambo yang merencanakannya.

NEWS | 6 Februari 2023

Top 5 News: Ibu Muda Lecehkan Belasan Anak hingga Kasus Polisi Peras Polisi

Kasus ibu muda yang melakukan pelecehan kepada belasan anak di Jambi dan juga kasus Bripka Madih, anggota Provost Polsek Jatinegara mendapat banyak perhatian.

NEWS | 6 Februari 2023

BMKG Prakirakan Jakarta Senin Siang Cerah Berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu cerah berawan pada Senin (6/2/2023) siang.

NEWS | 6 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas DPRD Jambi Mengaku Panik Dikejar Warga

SA, pelajar yang memakai kendaraan dinas ibunya yang merupakan Kasubag Aset dan Rumah Tangga DPRD Provinsi Jambi mengaku panik dikejar oleh warga.

NEWS | 6 Februari 2023

Ternak Kelinci Tawarkan Potensi Cuan Puluhan Juta Rupiah

Ternak kelinci menjadi usaha sampingan yang menguntungkan bagi Sudaryanto, warga desa Kolam Kanan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

NEWS | 6 Februari 2023

Sandiaga Optimistis Target Transaksi Travex 2023 Tercapai

Sandiaga mengatakan, antusiasme seller dan buyer cukup tinggi, mengingat produk pariwisata dan ekonomi kreatif terbaik hadir dalam pameran Travex 2023.

NEWS | 6 Februari 2023

TSI Perkenalkan Solo Safari di ASEAN Tourism Forum 2023

Taman Safari Indonesia (TSI) turut memperkenalkan proyek terbarunya, Solo Safari di perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, Jogja Expo Center, Yogyakarta.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Wowon, Polisi Cari Bukti ke Mesir

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya berencana mencari bukti baru kasus pembunuhan berantai oleh Wowon dan kawan-kawan ke Mesir.

NEWS | 5 Februari 2023

Taruna Merah Putih Gelar Cap Go Meh untuk Rekatkan Persatuan

Taruna Merah Putih Provinsi DKI Jakarta menggelar Festival Cap Go Meh Nusantara untuk rekatkan persatuan.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PSG Mulai Bahas Kontrak Baru Lionel Messi

PSG Mulai Bahas Kontrak Baru Lionel Messi

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE