Logo BeritaSatu

Tampil Virtual di G-20 Bali, Zelensky Soroti Krisis Pangan

Selasa, 15 November 2022 | 13:08 WIB
Oleh : WBP

Nusadua, Beritasatu.com- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan kepada para pemimpin negara yang hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Nusa Dua, Bali, untuk mengambil langkah guna menghadapi krisis pangan dan memastikan keamanan pangan bagi seluruh rakyat dunia.

"Hak atas pangan merupakan hak dasar setiap orang di dunia," kata Zelenskyy dalam pidatonya yang disampaikan secara virtual di rangkaian KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, dia menyerukan kepada semua kepala negara dan organisasi yang turut hadir untuk bergabung dalam inisiatif ekspor biji-bijian Ukraina yang disebut sebagai Grains from Ukraine.

Dia menjelaskan inisiatif tersebut telah dimulai dari Ukraina dan kapal pertama telah berangkat ke Ethiopia dengan membawa 27.000 ton gandum. "Ini adalah jumlah makanan untuk 100.000 orang per tahun. Bisa jadi banyak kapal seperti itu keluar dari Ukraina, dan karena itu banyak orang di negara-negara miskin dapat diselamatkan dari kelaparan," ujarnya.

Zelenskyy mengatakan bahwa setelah pencabutan sebagian blokade Rusia terhadap beberapa pelabuhan Ukraina, negaranya itu telah mengekspor 10 juta ton pangan melalui jalur laut. "Kami bisa menambah ekspor 1 juta ton lagi per bulan," tambahnya.

Oleh karena itu, ia mengusulkan untuk memperluas inisiatif ekspor biji-bijian ke pelabuhan yang lain, khususnya ke pelabuhan Mykolaiv dan 'Olvia' di wilayah Mykolaiv.

Dia menyerukan agar para pemimpin negara-negara yang hadir di KTT G-20 turut bergabung dengan inisiatif tersebut. "Menurut saya inisiatif ekspor biji-bijian kami layak mendapatkan perpanjangan tanpa batas waktu, dan tidak bergantung pada kapan perang berakhir," ujarnya, yang juga menyoroti kerja sama multilateral yang telah dapat berhasil memulihkan keamanan pangan untuk banyak orang seperti yang terjadi dengan partisipasi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Turkey, serta mitra lainnya.

"Tahun ini Ukraina dapat mengekspor 45 juta ton pangan, dan biarlah bagian yang penting diarahkan kepada mereka yang paling menderita," kata Zelenskyy.

Setiap negara, tambahnya, dapat bergabung dengan kontribusi tertentu dan turut berpartisipasi dalam upaya mencapai keamanan pangan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Densus 88 Ringkus Terduga Teroris Jaringan JI di Lampung Utara

Densus 88 Antiteror Polri meringkus terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) dengan inisial AF alias B (33) di Kecamatan Abung Timur, Lampung Utara.

NEWS | 7 Februari 2023

Kemenkes Diminta Tetapkan Gagal Ginjal Akut sebagai KLB

Keluarga korban gagal ginjal akut menilai Kemenkes dan BPOM telah lalai dengan tidak memenuhi pengawasan standar cara pembuatan obat yang baik (CPOB).

NASIONAL | 7 Februari 2023

WHO: 23 Juta Orang Bakal Terdampak Gempa Turki dan Suriah

Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan, gempa dahsyat yang mengguncang Turki dan Suriah akan berdampak pada 23 juta orang.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Pembentukan Bursa Kripto Berlarut, Ombudsman Siap Buktikan Adanya Maladministrasi

Bila terbukti terjadi maladministrasi dalam proses pemberian izin usaha berjangka komoditi, Ombudsman akan menjatuhkan tindakan korektif.

EKONOMI | 7 Februari 2023

KPK Pastikan Lukas Enembe Sehat, Tak Perlu Dirujuk ke Singapura

KPK memastikan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe dalam kondisi sehat dan bisa mengikuti proses hukum.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Buntut Penundaan Bursa Kripto, Ombudsman Panggil Bappebti Besok

Ombudsman akan memanggil Bappebti sebagai tindak lanjut atas laporan penundaan pembentukan bursa kripto yang berlarut-larut.

EKONOMI | 7 Februari 2023

ASEAN Perkuat Stabilitas Kawasan untuk Hadapi Ketidakpastian Global

Perhimpunan Bangsa Bangsa Negara Asia Tenggara (ASEAN) bakal memperkuat stabilitas kawasan di luar guna menghadapai ketidakpastian global.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

ION Bawa Kembali Kliennya Online Setelah Serangan Ransomware

ION, sebuah perusahaan layanan perdagangan keuangan yang terkena serangan ransomware minggu lalu, mulai membawa klien kembali ke platform derivatifnya.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut, IDI Minta Publik Jangan Beli Obat Sembarangan

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta publik agar tidak sembarangan dalam membeli obat terlebih saat ini kasus gagal ginjal akut kembali mencuat.

NEWS | 7 Februari 2023

Ternyata Gempa Dahsyat Turki Sudah Diprediksi Peneliti Ini 3 Hari Sebelumnya

Gempa dahsyat berkekuatan magnitudo (M) 7,8 mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023).

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penggunaan Cloud Computing Bisa Tingkatkan Pendapatan UKM

Penggunaan Cloud Computing Bisa Tingkatkan Pendapatan UKM

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE