Logo BeritaSatu

Zelensky di KTT G-20: Sekarang Saatnya Menekan Rusia untuk Perdamaian

Selasa, 15 November 2022 | 15:29 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Kherson, Beritasatu.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pidato virtual di KTT G-20 Bali, Selasa (15/11/2022) mendesak para pemimpin dunia untuk mendukung rencana mengakhiri perang di negaranya, dengan mengatakan sekarang adalah waktu untuk mendorong perdamaian setelah kekalahan Rusia di kota Kherson.

Pada saat yang sama, dia mengatakan Ukraina tidak akan mengizinkan pasukan Rusia untuk berkumpul kembali setelah penarikan mereka dari Kherson, dan mengatakan akan ada lebih banyak pertempuran sampai Ukraina merebut kembali kendali atas semua wilayah yang didudukinya.

Advertisement

Zelensky membuat pernyataannya dalam pidatonya di KTT Kelompok 20 (G-20) di Indonesia, di mana invasi Rusia ke Ukraina menjadi fokus utama diskusi di antara para pemimpin ekonomi utama dunia.

Sehari sebelumnya dia berjabat tangan dengan tentara dan melambaikan kepada warga sipil selama kunjungan ke Kherson, di mana dia mengatakan Ukraina telah mengumpulkan bukti setidaknya 400 kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan Rusia termasuk pembunuhan dan penculikan.

"Saya yakin sekaranglah saatnya perang destruktif Rusia harus dan dapat dihentikan," katanya melalui tautan video ke KTT di Pulau Bali, menurut salinan pidatonya yang diulas Reuters.

Dia menyerukan Rusia untuk menarik semua pasukannya dari Ukraina dan menegaskan kembali integritas teritorial Ukraina, dan mengatakan Kyiv tidak akan mengkompromikan kedaulatan, wilayah, atau kemerdekaannya. Dia juga menyerukan agar semua tahanan Ukraina dibebaskan.

"Silakan pilih jalan Anda untuk kepemimpinan, dan bersama-sama kita pasti akan menerapkan formula perdamaian," katanya.

Zelensky juga menyambut baik komentar Tiongkok yang mengkritik ancaman untuk menggunakan senjata nuklir, setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Xi Jinping bertemu pada hari Senin.

Kedua pemimpin "menggarisbawahi penentangan mereka terhadap penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir di Ukraina," kata Gedung Putih dalam pembacaan pertemuan di Indonesia pada malam KTT G-20.

"Senjata nuklir tidak boleh digunakan dan perang nuklir tidak boleh dilakukan ...," kata Xi kepada Biden menurut Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi yang hadir dalam pertemuan tersebut



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sebulan Diguyur Hujan, Jalan Industri Narogong Bogor Rusak Parah

Sebulan diguyur hujan terus-menerus, jalan utama ke kawasan industri Narogong, Kabupaten Bogor, rusak parah.

NEWS | 4 Februari 2023

Ketua SPS: Media Cetak Mesti Ubah Model Pemberitaan

Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) Januar P Ruswita menyatakan media cetak mesti mengubah model pemberitaan yang disajikan kepada para pembaca.

NEWS | 4 Februari 2023

Dugaan Pemerasan, Oknum Penyidik Akan Dipertemukan dengan Bripka Madih

Polda akan mempertemukan oknum penyidik kepolisian dengan anggota Provos Polsek Jatinegara, Bripka Madih terkait dugaan pemerasan.

NEWS | 4 Februari 2023

Ridwan Kamil Akui 30 Persen Petani Milenial Jawa Barat Gagal

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengakui 30 persen petani milenial gagal. Namun, RK optimistis program ini mampu meregenerasi profesi petani.

NEWS | 4 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas, Kasubag DPRD Jambi Dinonaktifkan

Kasubag Rumah Tangga dan Aset DPRD Jambi yang merupakan ibu anak SMA yang mengendarai mobil dinas DPRD Jambi dan kecelakaan akan dinonaktifkan. 

NEWS | 4 Februari 2023

Kesibukan Klenteng Tay Kak Sie Semarang Jelang Perayaan Cap Go Meh

Klenteng Tay Kak Sie yang berada di kawasan Pecinan Semarang, Jawa Tengah melakukan persiapan jelang perayaan Cap Go Meh.

NEWS | 4 Februari 2023

Klenteng Sanggar Agung Surabaya Dipadati Umat Hendak Tabur Bunga di Laut

Klenteng Sanggar Agung Surabaya yang berlokasi tepat di depan pantai Kenjeran tampak di padati para umat yang melaksanakan sembahyang dan tabur bunga.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan Distribusi Pupuk Subsidi

Ketersediaan pupuk subsidi di Kabupaten Lumajang belakangan ini cukup terbatas, yang diduga akibat terjadinya penyelewengan distribusi.

NEWS | 4 Februari 2023

Konser 30 Tahun Dewa 19 di JIS, Polda Metro Jaya Terapkan Penjagaan Berlapis

Polda Metro Jaya menerapkan penjagaan berlapis dalam pengamanan konser 30 tahun Dewa 19 di JIS atau Jakarta International Stadium, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Gandeng Lembaga Gereja Atasi Stunting

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat menggandeng lembaga gereja dalam upaya pencegahan stunting di wilayah NTT.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE