Logo BeritaSatu

"Make America Great Again", Trump Umumkan Maju Pilpres AS 2024

Rabu, 16 November 2022 | 10:57 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB

Florida, Beritasatu.com - Mantan Presiden AS Donald Trump mengumumkan Selasa malam (15/11/2022) waktu setempat bahwa ia akan mencalonkan diri lagi sebagai presiden dari Partai Republik pada tahun 2024.

"Untuk membuat Amerika hebat (make America great again) dan jaya lagi, malam ini saya mengumumkan pencalonan saya sebagai presiden Amerika Serikat," kata Trump kepada kerumunan yang berkumpul di Mar-a-Lago, resort tepi lautnya di Florida. Tempat ini juga akan menjadi markas kampanye Trump.

Advertisement

Dikelilingi oleh sekutu, penasihat, dan influencer konservatif, presiden ke-45 AS itu berjanji untuk menjalankan kampanye yang akan "menyatukan orang," dan mengklaim Partai Republik tidak mampu mencalonkan "politisi atau kandidat konvensional" jika ingin merebut kembali Gedung Putih dua tahun dari sekarang.

"Ini bukan kampanye saya, ini akan menjadi kampanye kita bersama," kata Trump.

Pidato Trump terjadi setelah kinerja pemilu paruh waktu Partai Republik yang mengecewakan. Partai Republik gagal mendapatkan mayoritas Senat, gagal dalam upaya mereka untuk mengisi beberapa kursi di seluruh negara bagian, dan belum mendapatkan mayoritas DPR, dengan hanya 215 suara yang mendukung mereka sejauh ini dari 218 yang dibutuhkan.

Dokumen Trump yang menetapkan pencalonannya telah diterima Komite Pemilihan Federal sesaat sebelum dia menyampaikan pengumumannya di Mar-a-Lago.

Menurut analis CNN Politics, Harry Enten, Trump adalah salah presiden yang paling tidak populer. Dia meninggalkan jabatan dengan approval rating terendah dari presiden mana pun pada akhir masa jabatan pertamanya (39%) dan disapproval rating tertinggi (58%) setelah peristiwa kerusuhan 6 Januari 2021, di mana demonstran pendukung Trump menyerbu Capitol Building menolak hasil pemilu AS 2020.

Mayoritas warga Amerika (55%) sekarang percaya bahwa Trump tidak atau hanya sebagian bertanggung jawab atas para perusuh Gedung Capitol, menurut jajak pendapat NBC News Juni lalu. Angka itu naik dari 47% pada Januari 2021.

Hari ini, elektabilitas Trump di AS secara keseluruhan adalah salah satu yang terbaik, dan dia tetap menjadi yang terdepan untuk nominasi Partai Republik 2024.

Peringkat approval rating Trump mencapai 43% dengan disapproval rating 52%. Ada selisih -9% dalam approval-disapproval rating, tidak terlalu tinggi tetapi lebih baik dari rata-ratanya ketika masih menjabat yaitu -12%.

"Dalam angka mentah, Trump unggul melawan Biden dalam jajak pendapat selama beberapa bulan terakhir daripada keseluruhan tahun 2020. Meskipun Trump tidak sepopuler di kalangan Republikan seperti pada Pemilu 2020, dia masih menjadi orang yang harus dikalahkan di GOP (Grand Ol'Party)," kata Enten.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lima Hari Hanyut, Bocah Perempuan di Malang Akhirnya Ditemukan

Warga Dusun Ngrancah di Malang, Jawa Timur digegerkan dengan penemuan sesosok jasad bocah perempuan dalam kondisi mengapung di aliran Sungai Brantas

NEWS | 30 Januari 2023

Unik, Pesta Ulang Tahun Anjing Digelar ala Kekaisaran Tiongkok

Di Kota Surabaya terdapat enam ekor anjing ras mini pom-pom yang merayakan ulang tahunnya secara besar-besaran layaknya manusia.

NEWS | 30 Januari 2023

Top 5 News: Jalan Ambles di Grobogan hingga Juventus Jelang Lawan Monza

Kabar tentang jalur Semarang-Grobogan yang ambles sepanjang 25 meter menjadi berita terpopuler atau top news Beritasatu.com, Minggu (29/1/2023).

NEWS | 30 Januari 2023

Menpan RB Klarifikasi Anggaran Kemiskinan Rp 500 Triliun Habis untuk Rapat

Menpan RB menegaskan dirinya tidak pernah menyebutkan anggaran pengetatan kemiskinan Rp 500 triliun tersedot untuk rapat dan studi banding kemiskinan.

NEWS | 30 Januari 2023

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor Digelar hingga 2 Februari 2023

Bazar Pesta Rakyat, salah satu kegiatan dari rangkaian acara Cap Go Meh (CGM)-Bogor Street Fest (BSF) 2023 digelar sejak 26 Januari hingga 2 Februari 2023.

NEWS | 30 Januari 2023

2 Pelajar di Sukabumi Jadi Korban Pembacokan

Dua pelajar di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi korban pembacokan di dua lokasi berbeda, yakni Kecamatan Cicurug dan Palabuhanratu.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Perayaan Imlek, Ini Kata DPP PITI

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PITI Denny Sanusi menyatakan, Imlek bukan suatu perayaan agama tertentu.

NEWS | 30 Januari 2023

Permabudhi: Imlek Momentum Perayaan Sukacita Kebangsaan

Ketua Umum Permabudhi Philip Kuntjoro Widjaja mengatakan, Tahun Baru Imlek merupakan momentum perayaan sukacita kebangsaan.

NEWS | 30 Januari 2023

Besok, PM Malaysia Anwar Ibrahim Gelar Kunjungan Resmi ke Singapura

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan menggelar kunjungan resmi ke Singapura pada Senin (30/1/2023) besok.

NEWS | 29 Januari 2023

Soal Isu Reshuffle Kabinet, PKB: Belum Pasti Terjadi

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebutkan bahwa reshuffle kabinet yang dikabarkan dilakukan pada Rabu Pon 1 Februari 2023, belum pasti terjadi.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Hari Ini Dibuka Menguat Tipis 0,04 Persen

IHSG Hari Ini Dibuka Menguat Tipis 0,04 Persen

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE