Pemerintah Perpanjang Masa Tanggap Darurat Sinabung

 Pemerintah Perpanjang Masa Tanggap Darurat Sinabung
Petugas kesehatan memeriksa warga di pengungsian Tiga Binanga Kab Karo, Sumut, Selasa (26/11). (Foto: ANTARA FOTO / Septianda Perdana)
/ FER Minggu, 8 Desember 2013 | 23:16 WIB

Jakarta - Masa tanggap darurat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara diperpanjang hingga 21 Desember 2013, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

"SK Bupati menetapkan masa tanggap darurat diperpanjang sampai dengan 21 Desember 2013," kata Sutopo dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu (8/12).

Menurut Sutopo, hal tersebut diputuskan karena karena aktivitas gunung berapi yang masih tinggi.

"Gempa low frekuensi lebih dominan yang mengindikasikan kurangnya gas, aktivitas Gunung Sinabung masih berstatus awas dan rekomendasi 5 km tetap berlaku," katanya.

Berdasarkan data terkini yang dimiliki BNPB, jumlah pengungsi mencapai 17.160 jiwa dan 5.604 kepala keluarga yang tersebar di 31 titik pengungsian. Jumlah ini sedikit meningkat dibandingkan sebelumnya sebanyak 17.094 penduduk atau 5.556 kepala keluarga.

"Jumlah pengungsi bertambah sedikit karena pengungsi pindah dari rumah saudara ke lokasi pengungsian," kata Sutopo.

Pengungsi berasal dari tiga desa di Kecamatan Payung, tiga desa dan satu dusun di Kecamatan Simpang Empat, sembilan desa dan satu dusun di Kecamatan Namantran dan lima desa Kecamatan Tiganderket.

Sumber: ANT