Jokowi Sebut Pariwisata Danau Toba Berpotensi Berkembang Pesat

Jokowi Sebut Pariwisata Danau Toba Berpotensi Berkembang Pesat
Salah satu kawasan di Danau Toba, Sumatera Utara. ( Foto: Vendable. )
Arnold H Sianturi / WBP Minggu, 21 Agustus 2016 | 09:29 WIB

Parapat- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Danau Toba mempunyai potensi besar untuk berkembang pesat dalam industri pariwisata berskala internasional.

"Danau Toba sudah dikenal masyarakat internasional. Pariwisata ini harus didukung, dan paling banyak menyerap tenaga kerja dibanding sektor lain," ujar Presiden di hadapan tokoh masyarakat di Parapat, Sabtu malam (20/8).

Presiden meminta, tokoh masyarakat, tokoh adat maupun budaya untuk turut memberikan pengarahan kepada masyarakat, sebab perubahan kultur memang harus dilakukan.

"Masyarakat harus mampu melayani wisatawan yang datang ke Danau Toba. Yang dikembangkan adalah ekoturisme, juga di zona otoritas akan dibangun tempat meeting, konferensi dan pameran mencakup 600 hektare (ha)," jelasnya.

Menurutnya, pembangunan pariwisata Danau Toba menjadi perhatian khusus karena selama beberapa tahun terakhir terjadi penurunan citra sebagai kawasan wisata. "Itulah alasan mengapa 10 destinasi lewat Keppres yang kita kerjakan adalan Danau Toba," sebutnya.

Sumber: Suara Pembaruan