Panglima: Calon Perwira TNI dan Polri Investasi Negara Jangka Panjang

Panglima: Calon Perwira TNI dan Polri Investasi Negara Jangka Panjang
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian memberikan pembekalan kepada 781 orang calon perwira (Capaja) TNI dan Polri Tahun 2019 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat, 12 Juli 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Yeremia Sukoyo )
Yeremia Sukoyo / JAS Jumat, 12 Juli 2019 | 14:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian memberikan pembekalan kepada 781 orang calon perwira (Capaja) TNI dan Polri Tahun 2019 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (12/7/2019).

Dalam pembekalan, Panglima TNI menegaskan, mendidik calon perwira TNI maupun kepolisian merupakan investasi jangka panjang bidang keamanan yang dilakukan negara. Mengingat, untuk mendidik seorang calon perwira membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

"Negara telah menanam investasi jangka panjang sumber daya manusia (SDM) dengan cara mendidik Taruna Akademi TNI dan Kepolisian," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Menurutnya, keberadaan calon perwira merupakan investasi SDM yang sangat luar biasa. Salah satu tujuannya yakni agar TNI dan Polri lebih siap dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin meningkat.

"Tujuannya adalah siap hadapi tantangan masa depan. Berbicara tantangan bisa juga berbentuk ancaman masa kini dan masa depan. Setiap generasi memiliki tantangan yang berbeda," ucap Panglima.

Pembekalan kepada calon perwira TNI dan Polri dilakukan sekaligus untuk persiapan pelaksanaan Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri di Istana Merdeka yang akan dilaksanakan Selasa (16/7) mendatang.

Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2019 merupakan upacara pengucapan sumpah dan pelantikan perwira TNI dan Polri, lulusan dari Akademi Angkatan (Akmil, AAL, AAU) dan Akademi Kepolisian (Akpol). Dalam kesempatan itu Presiden Joko Widodo, selaku panglima tertinggi Joko Widodo akan bertindak selaku inspektur upacara.

Komposisi jumlah calon perwira TNI dan Polri yang akan dilantik Akmil Putra 244, Putri 15 Jumlah 259, Akademi Angkatan Laut (AAL) Putra 103 Putri 14 Jumlah 117, Akademi Angkatan Udara (AAU) Putra 90, Putri 9 Jumlah 99 dan Akademi Kepolisian (Akpol) Putra 256, Putri 50 Jumlah 306.

Praspa TNI dan Pelantikan Polri juga akan dihadiri Presiden RI, Ibu Negara, Wapres/Ibu, Menkopolhukam, Panglima TNI, Kapolri, Para Kepala Staf Angkatan, Danjen Akademi TNI, Kalemdiklatpol, Gubernur Akademi Angkatan, Atase Pertahanan Negara Sahabat.



Sumber: Suara Pembaruan