Rusuh di Jayapura, Presiden Instruksikan Aparat Bertindak Tegas

Rusuh di Jayapura, Presiden Instruksikan Aparat Bertindak Tegas
Presiden Joko Widodo. ( Foto: Antara / Wahyu Putro A )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Jumat, 30 Agustus 2019 | 05:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah akan menindak tegas terhadap siapapun yang melakukan pelanggaran hukum dan pelaku tindakan anarkistis dalam kerusuhan yang terjadi di Jayapura, Papua. Hal ini dikatakan Presiden merespons terjadinya kerusuhan di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019).

Unjuk rasa yang dimulai sejak pagi tersebut, mulai membubarkan diri setelah dipukul mundur oleh aparat gabungan TNI dan Polri dengan menggunakan gas air mata sekitar pukul 18.00 WIT.

"Saya terus mengikuti dan juga sudah mendapat laporan situasi terkini di Papua khususnya di Jayapura. Saya minta masyarakat tenang, tidak melakukan tindakan-tindakan yang anarkis karena kita semua akan rugi apabila ada fasilitas umum dan publik yang kita bangun bersama rusak," ujar Presiden.

"Saya juga telah memerintahkan kepada Menko Polhukam saat rapat di istana bersama Kapolri, Kabin dan Panglima TNI untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis."

Presiden menegaskan kembali kalau pemerintah tetap berkomitmen memajukan Papua baik di bidang fisik dan Sumber Daya Manusia agar semuanya, khususnya masyarakat di Papua bisa lebih sejahtera

"Mari kita semua menjaga tanah Papua menjadi tanah yang damai dan saya mengajak semua tokoh-tokoh adat dan agama dan Pemuda Papua mewujudkan Papua maju dan tetap damai," imbau presiden. 



Sumber: BeritaSatu.com