Wakil Ketua KPK Kenang Pertemuan Pertamanya dengan BJ Habibie

Wakil Ketua KPK Kenang Pertemuan Pertamanya dengan BJ Habibie
Presiden Ketiga RI BJ. Habibie menghadiri buka puasa bersama ICMI di 2016. ( Foto: BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah )
Fana Suparman / FER Rabu, 11 September 2019 | 20:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Saut mengenang pertemuan pertamanya dengan BJ Habibie pada 1983. Saat itu, Saut yang menjadi mahasiswa teladan Unpad bertemu dengan Habibie yang menjabat Menristek.

"Saya ketemu pertama kali dengan pak Habibie tahun 1983 saat saya jadi mahasiswa teladan Unpad yang ketemu acara para teladan dengan Menristek di kantornya waktu itu," ungkap Saut.

Saut yang saat itu mahasiswa Jurusan Fisika Unpad mengaku terinspirasi dengan Habibie. Bahkan, saat itu, Saut tertarik membuat analisa numerim dari desain pesawat Nurtanio karya almarhum.

"Beliau menginspirasi saya karena saya belajar fisika yang waktu itu tertarik mau buat analisa numerik dari mendesain pesawat waktu nama nya Nurtanio," ungkap Saut Situmorang.

Saut pun menuturkan pengalaman hidupnya saat Habibie menjabat Presiden. Saat itu, Saut bertugas di KBRI di Singapura yang membuat dinamika hubungan Indonesia dan Singapura. Hubungan kedua negara pada akhirnya bertetangga dengan baik dan bahkan lebih baik dari sebelumnya.

"Selamat jalan Prof. Selamat jalan Presiden," ungkap Saut.



Sumber: Suara Pembaruan