Festival Gili Trawangan Bantu Pemulihan Pariwisata Lombok

Festival Gili Trawangan Bantu Pemulihan Pariwisata Lombok
Perlombaan Triathlon sebagai acara puncak dari Festival Gili Trawangan. ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Sabtu, 19 Oktober 2019 | 23:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Musibah meletusnya Gunung Tambora dan gempa besar yang mengguncang Pulau Lombok tahun 2018 lalu membuat sektor pariwisata pulau yang menjadi bagian dari provinsi Nusa Tenggara Barat terpuruk. Untuk kembali mempromosikan potensi pariwisata, Pemerintah daerah Kabupaten Lombok Barat yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Kementerian Pariwisata menggelar event pariwisata bertajuk Festival Gili Trawangan.

Festival ini juga dimeriahkan dengan perlombaan Triathlon sebagai acara puncak dari Festival yang digelar sejak 19-23 Oktober 2019 ini. 

H Andy Hadianto SH selaku Ketua KONI NTB mengatakan kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk kembali mempromosikan pariwisata Lombok yang hancur akibat musibah Gempa tahun lalu.

"Kenapa kita ambil Triathlon, karena lokasi Gili Trawangan yang tidak terlalu besar ini cocok untuk menggelar sport tourism. Dengan tajuk Gili Strong Triathlon ini kami ingin menjaring wisatawan khususnya bagi para olahragawan untuk mengikuti kegiatan ini yang mungkin tahun depan akan bertaraf internasional," ungkap Andy.

Senada, Lalu Suratman selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Utara menjelaskan selain menggelar Gili Strong Triathlon yang diadakan hari ini, pihaknya juga akan menggelar beberapa acara menarik lainnya. Sebut saja fun run (19/10), semetian (20/10), fire dance competition (21/10), mixer competition (22/10), ceremony of rebo bontang (23/10).

"Kegiatan ini dilgelar semata-mata untuk kembali meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Lombok dan Lombok Utara yang beberapa saat lalu lumpuh karena adanya musibah gempa dan gunung meletus. Jadi event ini jadi ajang promosi kita bahwa Lombok aman dan siap kembali menerima wisatawan karena kami sudah bangkit," tandas Suratman.



Sumber: BeritaSatu.com