Pesparani Katolik di Jambi Tingkatkan Pembinaan Seluruh Umat Beragama

Pesparani Katolik di Jambi Tingkatkan Pembinaan Seluruh Umat Beragama
Tim Paduan Suara Gereja Katolik, Kota Jambi, tampil memukau pada pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Provinsi Jambi di Aula Balai Prajurit Makorem 042/Garuda Putih, Jambi, Sabtu,19 Oktober 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Radesman Saragih )
Radesman Saragih / JEM Minggu, 20 Oktober 2019 | 07:13 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus meningkatkan pembinaan seluruh umat beragama dalam rangka memperkokoh kerukunan umat. Pembinaan umat beragama tersebut antara lain dilakukan melalui pemberian kesempatan kepada seluruh umat beragama melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang berorientasi pada peningkatan kerukunan.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, HM Dianto pada pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Provinsi Jambi di Aula Balai Prajurit Makorem 042/Garuda Putih, Kota Jambi, Sabtu (19/1/2019).

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, Wakapolda Jambi, Brigjen Polisi Charles Nasution, Danrem 042/Garuda Putih, Kolonel TNI (Arh) Elphis Rudy dan jajaran pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jambi.

Menurut HM Dianto, Pesparani Katolik se-Provinsi Jambi tersebut diharapkan memberi rkontribusi terhadap meningkatkan persatuan masyarakat. Untuk itu Pesparani Katolik se-Provinsi Jambi yang baru pertama kali diselenggarakan tersebut jangan dilakukan anya sekedar pesta lomba paduan suara.

“Pesparani tersebut hendaknya digelar sebagai salah satu wadah pembunaan umat Katolik di Jambi agar semakin mampu mengamalkan dan melaksanakan nilai-nilai Kristiani yang terkandung dalam lagu-lagu rohani yang diperlombakan,”katanya.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3K) Provinsi Jambi, Kasianus Telaumbanua pada kesempatan tersebebut mengatakan, Pesparani Katolik I se-Provinsi Jambi tersebut diikuti sekitar 450 orang warga Katolik se-Provinsi Jambi. Mereka tergabung dalam 10 kontingen paduan suara dari delapan kabupaten dan Kota Jambi.

Pemenang Pesparani Katolik se-Provinsi Jambi tersebut akan mewakili Provinsi Jambi pada Pesparani Katolik Nasional 2020 di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pesparani Katolik I se-Provinsi Jambi yang berlangsung hingga Minggu (20/10) tersebut dimenangkan Tim Paduan Suara Katolik Kota Jambi.

Sementara itu perwakilan Uskup Agung, Vikaris Jenderal (Vikjen), Pastor Astono pada kesempatan tersebut mengatakan, Pesparani umat Katolik digelar sebagai salah satu upaya Gereja Katolik di Indonesia mengambil bagian dalam pembangunan umat beragama. Pembangunan umat beragama tersebut pending dalam rangka meningkatkan membangun persatuan di tengah kebhinnekaan bangsa Indonesia.

“Karena itu ukuran kemenangan kita dalam Pesparani ini bukan hanya sekedar meraih peringkat terbaik dalam lomba paduan suara. Tujuan utama melalui Pesparani, yaitu terciptanya kehidupan iman kita yang lebih baik dan meningkatnya kontribusi kita dalam membangun kehidupan bermasyarakat yang rukun,”katanya.



Sumber: Suara Pembaruan