Antisipasi Penyebaran Virus Korona Butuh Sinergi Kelembagaan

Antisipasi Penyebaran Virus Korona Butuh Sinergi Kelembagaan
Dalam rangka mencegah penyebaran dan penularan virus korona, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan terhadap penumpang, khususnya yang tiba melalui penerbangan internasional, Kamis 23 Januari 2020. ( Foto: Suara Pembaruan / Fuska Sani )
Yeremia Sukoyo / FER Jumat, 24 Januari 2020 | 19:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penyebaran virus Korona yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok, disebut-sebut telah menyebar ke sejumlah negara.

Presiden Perintahkan Menkes Awasi Virus Korona

Akibat menjalarnya virus tersebut, Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lainnya, bahkan telah mengeluarkan peringatan bagi warganya yang berpergian ke Tiongkok. Demikian juga Korea Selatan (Korsel) yang dikabarkan menutup akses kedatangan turis asing ke negerinya.

Di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemkes) telah mengantisipasi penyebaran virus Korona dengan menyiapkan peralatan untuk mendeteksi suhu tubuh dan penyediaan alat pelindung diri di berbagai pintu masuk di bandara.

Sementara, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan, kedutaan besar Indonesia di Tiongkok juga sudah berkoordinasi dan menyatakan belum ada warga Indonesia yang terjangkit penyakit dimaksud.

Pemerintah Antisipasi Penyebaran Virus Korona

Anggota Komisi I DPR, Willy Aditya, menilai, saat ini perlu ada langkah sinergis dari pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus Korona ke Indonesia. Dirinya mengingatkan, perwakilan pemerintah di Tiongkok harus mengantisipasi kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi warga Indonesia yang sedang berada di Tiongkok, khususnya Wuhan.

"Kita punya banyak mahasiswa masih sekolah di Wuhan sekitar 400 orang, belum lagi pebisnis dan lainnya. Konsentrasi kita bukan hanya soal penyebaran virus Korona tapi juga perlindungan terhadap warga di sana. Isolasi wilayah Wuhan oleh pemerintah lokal, harus terus dipantau oleh Kemlu," kata Willy Aditya, di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Menkes Minta Masyarakat Tak Khawatir Isu Korona

Khusus terkait antisipasi penyebaran virus Korona, Willy mendukung Kemkes sebagai leading sector dalam upaya pencegahan. Berkenaan dengan hal tersebut Willy menegaskan Kemlu perlu berkoordinasi sesuai dengan Tupoksi kelembagaan.

"Seperti di negara lainnya, Kemkes berperan besar dalam mengantisipasi virus ini. Kemkes perlu terus memantau status Travel Advice atau Saran Perjalanan bagi warga Indonesia yang akan ke Tiongkok khususnya Wuhan, dan di setiap pintu masuk Indonesia yang bersentuhan dengan daerah dicurigai terdapat virus Korona," ujar Willy.

Willy berharap, pemerintah juga membangun kerja sama dengan negara-negara lain agar selalu siap dalam menghadapi ancaman sejenis. "Termasuk, dalam bidang pertahanan mengantisipasi terkait ancaman biologis yang menyebar," pungkasnya.



Sumber: Suara Pembaruan