Soroptimist International Ingin Berdayakan Perempuan Indonesia

Soroptimist International Ingin Berdayakan Perempuan Indonesia
Anusha Santhirasthipam (tengah) meresmikan kehadiran Soroptimist Indonesia. ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Jumat, 14 Februari 2020 | 22:56 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga nirlaba Soroptimist International (SI) hadir di Indonesia guna membantu wanita Indonesia  memberdayakan lingkungannya untuk kemajuan perekonomian keluarga dan juga negara Indonesia. Ketua Soroptimist International Pasifik Barat Daya (SISWP), Anusha Santhirasthipam mengatakan lembaganya selama ini fokus pada upaya edukasi kesehatan, kesejahteraan anak, isu perubahan lingkungan, pemberdayaan perempuan, juga transformasi sosial-ekonomi di negara-negara dunia ketiga dan negara berkembang di dunia.

"Hal itu yang mendorong kami mendirikan SI di Indonesia. Kami ingin membantu wanita di Indonesia untuk bisa memaksimalkan peranannya dalam pemberdayaan lingkungannya guna peningkatan perekonomiannya. Lembaga ini merupakan lembaga nirlaba yang berfokus pada peningkatan kualitas perempuan sebagai penopang pembangunan sebuah negara," ungkap Anusha saat meresmikan SI Kebayoran Baru di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, belum lama ini.

Senada dengan Anusha, Sylva Hutagalungselaku Presiden SI Kebayoran Baru menyebut masalah pemanasan global pun menjadi sebuah konsern khusus pihaknya khususnya bagi wanita.

"Kita dapat saksikan dampak perubahan iklim seperti perubahan pola hujan, badai yang lebih kuat, gelombang panas, lebih banyak kekeringan dan kebakaran hutan, meningkatnya permukaan laut, perusakan karang dan suhu air laut yang lebih hangat. Penting untuk mengambil tindakan lebih cepat daripada kemudian dalam memulihkan planet ini dan kerangka kerja praktik terbaik keberlanjutan," tuturnya.

"Dengan kehadiran SI ini kita terus bertekad agar bisa mempengaruhi pemerintah dengan mengadvokasi reformasi hukum, pengembangan kebijakan dan ide-ide inovatif untuk memastikan pengarusutamaan gender dan memungkinkan perempuan untuk mencapai potensi tertinggi mereka dalam setiap aspek kehidupan," tambahnya.

Sebagai langkah awal, SI selama ini telah membantu para korban bencana alam di Palu dan Lombok dengan memberikan pembimbingan kepada para wanita untuk berdikari.



Sumber: BeritaSatu.com