Sukses Balas Dendam atas Wong, Ini Kata Jonatan Christie

Sukses Balas Dendam atas Wong, Ini Kata Jonatan Christie
Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie. ( Foto: Antara/Wahyu Putro A )
/ JAS Kamis, 15 Maret 2018 | 01:31 WIB

Jakarta - Pemain tunggal putra Jonatan Christie sukses melakukan pembalasan atas lawannya dan melaju ke putaran dua turnamen bulu tangkis All England 2018 yang dihelat di Arena Birmingham, Birmingham, Inggris, Rabu (14/3).

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Rabu malam, Jonatan melakukan pembalasan tersebut, pada pemain Hong Kong, Vincent Wong Wing Ki , dalam pertarungan putaran pertama berdurasi 33 menit yang berkesudahan 21-7, 21-13.

Kemenangan Jonatan ini, membalas kekalahannya atas Wong di Prancis Terbuka 2017 dengan skor 21-14, 13-21, 16-21, sekaligus menyeimbangkan rekor pertandingan kedua pemain menjadi 1-1.

Dalam pertarungan di Birmingham, sebelum mampu menang telak di gim pertama, Jonatan sempat tertinggal 5-9 di gim kedua.

Dengan delapan angka berturut-turut tanpa balas yang diraih Jonatan, akhirnya membuatnya mampu mengembalikan rasa percaya diri. Jonatan balik memimpin 13-9, walau sekuat tenaga Wong mengejar, wakil Hong Kong itu tak kuasa menahan Jonatan untuk memenangkan laga ini.

Jonatan mengatakan lawannya kali ini main dalam kondisi cedera pergelangan kaki kanan.

"Tapi kondisi lawan ini tidak bisa jadi alasan buat saya, mau lawan lagi fit atau nggak fit, saya harus tetap full, malah bagus, jadi saya bisa maksimalkan. Tapi dia kan pemain bagus, dan tadi penampilan dia oke, tapi defense-nya tidak serapat biasanya," kata Jonatan.

Terkait masalah teknis turnamen, Jonatan mengaku tak menyangka shuttlecock yang digunakan dalam turnamen itu tidak terlalu berat dibandingkan yang dipakai di Jerman Terbuka 2018 pekan lalu. Ini membuat Jonatan nyaman dengan permainan menyerang yang menjadi andalannya.

Namun meski memperoleh kemenangan, dirinya masih merasakan gugup di All England 2018, pasalnya tahun ini dia baru mulai bermain lagi di turnamen yang sama usai tahun lalu melewatkannya.

"All England kan pertandingan bergengsi, dari dulu, tapi sekarang kastanya seperti dinaikkan lagi sama BWF, jadi lebih spesial. Tapi saya coba lebih enjoy saja, berusaha tak terlalu memikirkannya. Saya coba rileks saja, ganti pikirannya sama yang lain. Misalnya main game, jalan sambil cari makan, setidaknya jangan terlalu dipikirin banget, nantinya malah jadi tegang," ujar dia.

Di putaran kedua, Jonatan akan berhadapan dengan pemenang pertarungan antara Son Wan Ho (Korea Selatan) atau Sai Praneeth (India).

Son yang kini duduk di peringkat empat dunia, di atas kertas lebih mungkin menjadi lawan Jonatan di putaran dua dibanding Praneeth yang ada di peringkat 14 dunia.

Jika menghadapi Son, peluang Jonatan seimbang dengan lawannya tersebut. Namun kemenangan pada pertemuan terakhir di semifinal Kejuaraan Beregu Asia 2018, akan memberikan dorongan semangat tersendiri bagi Jonatan.

"Kalau ketemu Son, harus matengin lagi stroke-nya, jangan terlalu beban sama hasil di Kejuaraan Asia yang kemarin menang, sekarang harus menang lagi. Saya juga sudah tahu bolanya lambat, jadi tahu mau main apa," kata Jonatan menambahkan.

Hingga berita ini ditulis, untuk sementara baru tiga wakil Indonesia yang lolos ke fase kedua. Selain Jonatan, pasangan ganda putri Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris dan pasangan ganda campuran Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja juga telah berhasil lolos.



Sumber: ANTARA
CLOSE