Rossi Pastikan di MotoGP Hingga 2020

Rossi Pastikan di MotoGP Hingga 2020
Valentino Rossi (tengah) bersama Managing Director Yamaha Racing Lin Jarvis (kiri). (Foto: Yamaha MotoGP)
Heru Andriyanto / HA Jumat, 16 Maret 2018 | 02:53 WIB

Losail, Qatar - Valentino Rossi masih akan beredar di MotoGP paling tidak tiga musim lagi setelah dia dan Yamaha Motor Co., Ltd menyetujui perpanjangan kontrak untuk musim 2019 dan 2020 dengan motor Yamaha YZR-M1.

Perpanjangan kontrak ini diraih menjelang musim ke-13 pembalap Italia itu bersama Yamaha, dimulai di Sirkuit Losai, pekan ini.

Kombinasi Rossi dan YZR-M1 telah menghasilkan empat gelar juara dunia dan menjadikannya pembalap paling sukses dalam sejarah Yamaha dengan 56 kemenangan, 43 juara kedua, dan 35 podium ketiga dalam 206 balapan.

Ketika Yamaha menembus 500 kemenangan grand prix di Le Mans, Prancis, musim lalu, tercatat bahwa 11% dari angka itu dihasilkan olehnya, atau 55 kemenangan.

Musim lalu dia finis podium enam kali, dengan satu kemenangan di Belanda.

"Ketika saya menandatangani kontrak terakhir bersama Yamaha pada Maret 2016, saya penasaran apakah ini akan menjadi kontrak terakhir saya sebagai pembalap MotoGP," kata Rossi di situs resmi Yamaha.

"Dalam dua tahun terakhir saya menyimpulkan bahwa saya ingin melanjutkan karena balapan dan juga menjadi pembalap MotoGP -- khususnya di atas motor M1 -- adalah hal yang bisa membuat saya senang."

Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, menegaskan pihaknya tidak punya keraguan untuk memperpanjang kontrak Rossi. Salah satu alasannya, Rossi dinilai masih seorang pembalap tangguh yang berpotensi menang.

"Sangat mudah untuk meraih kesepakatan bersama -- sebagai tim pabrikan kami butuh para pembalap top yang mampu menang dan dengan komitmen penuh untuk melakukan apa yang diperlukan guna meraih tujuan," kata Jarvis.

"Meskipun dia sudah bertahun-tahun di olahraga ini dan sudah berusia 39 tahun, Vale tetap memiliki komitmen sama seperti sebelumnya dan tidak diragukan lagi dia masih seorang pembalap top."



Sumber: BeritaSatu.com