Peserta Tour de Singkarak akan Naik "Mak Itam" ke Sawahlunto

Peserta Tour de Singkarak akan Naik
Tour de Singkarak 2011. ( Foto: Antara )
Senin, 21 Mei 2012 | 13:08 WIB
Sebelum naik kereta api ke Sawahlunto, peserta dibawa naik bus dari Padang ke Padangpanjang.

Peserta ajang balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) Juni 2012, akan menikmati perjalanan transfer dari Kota Padangpanjang menuju Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), dengan naik kereta api "Mak Itam".

"Peserta akan naik kereta api dari Kota Padangpanjang menuju Sawahlunto, sebelum event internasional TdS dimulai, Minggu 3 Juni," kata Kabag Humas Setdako Padangpanjang, Ampera Salim, Senin (21/5).

Peserta TdS, kata Ampera pula, sebelum menuju Kota Sawahlunto dengan kereta api, terlebih dahulu ditransfer dari Kota Padang ke Kota Padangpanjang dengan naik bus. "Suatu kebanggaan bagi kita bisa memfasilitasi peserta dengan kereta api, sembari menikmati alam Ranah Minang ini," akunya.

Kota Padangpanjang sendiri, pada kejuaraan internasional kali ini, mendapat kesempatan sebagai lokasi start etape V, dengan rute Padangpanjang menuju Singkarak, Kabupaten Solok. Ampera pun menyampaikan, pelaksaan TdS tahun ini memang mengalami perubahan jika dibandingkan dengan gelaran serupa pada tahun sebelumnya.

Sebagai persiapan, Pemkot Padangpanjang sendiri, kata sang Kabag Humas, telah melakukan koordinasi dengan pihak penyelenggara, berupa acara penyambutan atlet dan ofisial. "Informasinya, akan ada 25 tim mengikuti kegiatan TdS, dari dalam dan luar negeri. Meskipun sebagai lokasi start, tetapi kita tetap akan berupaya agar peserta dan official (bisa) menginap di Padangpanjang," harapnya.

Pemkot Padangpanjang, kata Ampera lagi, akan mengadakan berbagai acara dalam rangka menyambut peserta TdS di sejumlah lokasi di daerah itu. Antara lain seperti menggelar kesenian khas Minang dari Padangpanjang. Selain pagelaran kesenian khas, juga akan dilakukan jamuan makan malam di rumah dinas wali kota, serta sesi keliling kota bagi para peserta dan masyarakat setempat.

"Kita berharap, pelaksanaan TdS kali ini lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk persiapan lainnya, masih ada beberapa koordinasi yang akan kita lakukan," pungkasnya.