Palembang Triathlon 2019 Lanjutkan Kesuksesan Asian Games

Palembang Triathlon 2019 Lanjutkan Kesuksesan Asian Games
Acara konferensi pers panitia pelaksana Palembang Triathlon 2019, di Jakarta, Jumat (1/2). ( Foto: Beritasatu Photo / Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / FER Jumat, 1 Februari 2019 | 17:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Palembang kembali mendapat kepercayaan menggelar turnamen bertaraf internasional usai Asian Games 2018. Kali ini, Kota Pempek itu menjadi tuan rumah Palembang Triathlon 2019 yang berlangsung 9-11 Februari.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc), Erick Thohir, mengatakan, pihaknya mengapresiasi digelarnya turnamen triathlon internasional di Palembang.

"Fasilitas olahraga yang sudah ada harus dipakai dan dijaga agar tetap terawat dengan baik, apalagi kita mau menuju tuan riumah Olimpiade. Saya rasa ini bagus karena fasilitas yang sudah dibangun harus terus dijalankan. Ini jadi hal yang positif karena ada industri-industri baru yang dikembangkan seperti industri olahraga dan kreatif," tutur Erick di Jakarta, Jumat (1/2).

Sudah terbangunnya infrastruktur dengan baik di ibukota Sumatra Selatan itu membuat CEO PT Rocca Karya Indonesia, Juliany Nurdin selaku penyelenggara tak ragu menggelar triathlon di sana, apalagi standarnya sudah internasional.

"Kami juga ingin membagi pengalaman atlet Asian Games di sana kepada pecinta olahraga di seluruh Indonesia," ujar Juliany pada dialog terbuka bertema "Energi baru bagi Sektor Pariwisata di Indonesia Melalui Dunia Olahraga" di Senayan.

Sebanyak 400 peserta dari sedikitnya 8 negara dipastikan bakal berpartisipasi di dalam kejuaraan olahraga yang memadukan tiga jenis olahraga yaitu renang, lari dan sepeda itu. Untuk disiplin renang, panitia bakal menggunakan Danau Jakabaring.

"Meski tidak memiliki wilayah pantai, Jakabaring Sport City (JSC) memiliki danau yang memenuhi standar internasional. Palembang akan memberikan pengalaman berbeda dengan lokasi lainnya. Ada sejumlah kategori jarak yang dilombakan antara lain sprint distance, olympic distance, yang masing-masing untuk kategori individu dan relay. Kemudian ada kategori tag team relay, di mana masing-masing peserta melakukan renang, lari dan sepeda tapi dengan jarak yang lebih pendek," ujar Juliany.

Selain itu ajang Palembang Triathlon diharapkan mampu membantu menciptakan ekosistem bagi perkembangan sports tourism di Palembang.

"Harapannya Palembang bisa jadi brand nasional untuk sports tourism," tambah Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani.