Atlet Terbaik Asian Games Didiagnosa Leukemia

Atlet Terbaik Asian Games Didiagnosa Leukemia
Perenang Jepang Rikako Ikee. ( Foto: AFP )
Heru Andriyanto / HA Selasa, 12 Februari 2019 | 17:05 WIB

Tokyo - Ratu renang Jepang Rikako Ikee, yang terpilih sebagai atlet putri terbaik Asian Games ke-18 di Jakarta tahun lalu, telah didiagnosa mengidap leukemia, menurut pernyataan atlet itu sendiri, Selasa (12/2).

"Setelah merasa kurang sehat, saya bergegas pulang dari Australia dan menurut hasil tes saya didiagnosa mengidap leukemia. Saya sendiri masih tidak percaya, saya dalam kondisi bingung," tulis Ikee di akun Twitter.

Namanya meroket pada ajang Asian Games tahun lalu di mana dia merebut enam medali emas dan seluruhnya merupakan rekor Asian Games. Dia atlet putri pertama yang melakukan itu sehingga meraih gelar most valuable player.

Prestasinya itu membuat dia menjadi salah satu ikon yang dipromosikan menjelang Olimpiade 2020 yang akan digelar di tanah kelahirannya.

Ikee, yang baru berusia 18 tahun, ditargetkan untuk meraih emas di sejumlah nomor, khususnya 100m gaya kupu-kupu.

Dia menyampaikan ke para pendukung bahwa akan bertekad melawan penyakitnya sebelum nanti dipaksa meninggalkan pusat pelatihan di Gold Coast, Australia.

"Jika dirawat dengan benar, ini jenis penyakit yang bisa disembuhkan," kata Ikee, yang menyatakan akan mundur dari kejuaraan di Jepang April nanti.

"Saya akan mendedikasikan diri untuk perawatan dan berusaha menjadi Rikako Ikee yang jauh lebih tangguh lagi."

Pelatih Ikee, Jiro Miki, mengatakan dia belum pernah melihat anak asuhnya itu begitu kesulitan seperti ketika latihan di Australia.

"Saya belum pernah melihat dia bernafas dengan begitu berat seperti itu," ujarnya.

"Kami membawanya ke rumah sakit setempat untuk memeriksa darah dan jantungnya, tetapi kemudian memutuskan untuk kembali ke Jepang secepat mungkin guna menjalani tes lanjutan. Atas motivasinya untuk melawan penyakitnya itu, saya hanya bisa memberi hormat atas tekadnya."



Sumber: AFP